Sekilas vietnam

Vietnam itu negara yang indah, udaranya yang dingin ketika saya kesana dan membuat saya melihat banya kesamaanya dengan negara Indonesia, melihat vietnam setelah masuk lewat border laos, banyak lahan pertanian dan sungai yang membentang luas.
pertanian pun digarap secara traditional, saya jarang meliaht traktor atau orang yang lagi nabur gemuk buat tanaman, yang saya lihat hanya kerbau yang lagi membajak sawah dan lahan lainya. sungguh mudahnya mereka mendapatkan air yang sangat melimpah karena sungai banyak mengalir di negara ini.
bangunan rumah pun agak berbeda, gak tau itu adaptasi dari mana, mungkin aja perancis, saya gak tau karena saya jarang baca mengenai negara orang, tapi beda dengan ruamh gaya lao, thai bahkan kita.
begitu masuk perkotaan wuih ini kota sangat sibuk banget, terutama di beberapa kota yang sangat vital bagi negara ini, buset dehk saya jadi bingung mesti gimana, tapi setelah beradaptasi singkat saya bisa cuek mau nyebrang meski motor dan mobil nyelongong depan mata berpuluh-puluh. gak ada kayaknya lampu merah, semuanya semau w, asal gak nabrak meraka hajar terus, sangat sibuk sekali.
pantesan banyak banget dealer motor dan sebagainya, ada juga loh tukang tambal ban, tapi ini lebih sederhana , merka hanya membawa kompa kecil buat ban sepeda dan peralatan sederahan lainya, dan yang lebih canggihny mereka bisa menambal ban luar juga, weleh2. saking banyak motornya ya bayngin aja, parkiran di depan ruko sepanjang jalan itu motor semua, bahkan di bwah jembatan layang itu motor semua, ampe lebuan juga ada, mungkin gak diambil oleh pemilikny, dan tukang parkirpun jadi jawaranya, dan jangan heran kalo kalian sedang jalan di tawarin ojek terus, karena di tiap tikungan itu ada ojek.
tarnsporrtasi di vietnam cukup mahal apalagi kereta, tapi selama perjalanan saya dari danang ke hue saya mewajarkan saja, karena jalan kereta yang dilalu cukup sulit, kita ke pinggir tebing, jurang dan melewatibanyak sungai, maknaya banyak yang mengatakan perjalanan pake kerta di vietnam mending di siang hari karena banyak bisa kita lihat, tapi emang cukup mahal sih, hanya saja bersih sekali untuk beberapa tipe. saya selalu menggunakan sodt seat dan itu kaya kursi mobil tapi nayaman banget, ada tb yang khusus chanelnya juga, namanya trail tv. hebat kan. belum lagi pemandangan dari jurangnya hebat banget, kita bisa melihat lautan dan juga gunung2
kabel listrik, buset dehk kaya kenur layang yang semrawut, saya takut itu akan meledak dan gimana cara orang menemukan inti kabelnya buat masing-masing rumah, widihhh..
internet cafe, coba dehk masuk pasti kalian banyak menemukan para gamer dari yang muda ampe yang tuir, mungkn aja batita banyak yang melakukanya, tapi hebat benget, cara negetik mereka di keyboard sangat cepet sekali, widih, dan kadang buka jejaring sosial seperti fb itu agak sulit di vietnam, bahakn ketika mendapatkan wifi pun gak bisa buka.
kwaci. kaya kacang garing kali ya, banyak sekali orang yang memakanya ketika ngobrol dan berkumpul, kayakanya merak suka sekali berkumpul dan ngobrol sambil makan kwaci, saya pun sempet memeblinya, dan gak ada rasa asiny yang ada cuman rasa kwacynya. hihihhih. makanan cukup beragam tapi yang menarik adalah banyak junkfood yang menawarkan tutut, keong atau kerang untuk dimakan bersama, enak banget kayaknya jadi inget makanan di kampung,
buah-buahan di vietnam itu seger-seger dan gede-gede bikin ngiler banget dehk saya membli pear yang sangat gede dan manis banget, ohhhhhhhh
guesthouse, saya jarang sekali menemukan bahkan saya gak menemukan plang nama ini di board yang ada itu hotel tapi dalam ukuran kecil, gak begitu besar, ada juga hostel jika ingin lebih murah.
wisata, tujuan wisata di vietnam itu banyak banget tapi enaknya di sini gak begitu menyengat bau sesajen dan dupa paling hanya di kuil-kuil saja.
pokonya vietnam dengan keberagamanya menyenagkan hanya saja orang-orangnya agak judes aja. tapi welcome2 aja lah.
saya jadi gak liat lampu merah lagi ketika menybrang ketika di jalan, gara2 bisa nyebrang di vietnam.
haduuuhhhhh
the best lah w suka.
semoga kapan2 bisa kesana lagi, apalagi ada bule yang bilang saya kaya raja ketika di potret di replika kursi raja hue, hahahah saya senang sepanjang hari.

Berikan Balasan

