curcol

berawal dari tekad yang ingin membentuk pribadi hebat, karena takut tidak cukup kompeten di masa depan, akhirnya aku memutuskan untuk melihat dunia luar, dengan sesekali ingin sekali melancong ke luar daerah, untuk mengetahui dan survive saja dengan uang seadanya dan gak boros. melihat usaha orang dan mencari pengalaman.

tapi itu semua seulit aku jalani, waktu yang gak mau aku sia2kan, dan seperti biasa hanya angan dan omong doang, lama kelamaan aku menonton sebuah berita pagi hari di tv one seperti biasanya, saat itu weekend aku melihat 2 orang penjelajah menjadi bintang tamu, yang 1 suka dalam negri(cowok gondrong), yang 1 lagi luar negeri(wanita), aku sih gak fokus melihat acara tersebut karena disuruh pergi ke warung, dan sesampainya dirumah berkhir deh,,

yang kau tangkep dari acara tersebut sebuah kata kunci yaitu BACKPACKER. mereka menggunakan kata itu sebagai hobi merka, ya mungkin dengan cra melancong dengan budget rendah. aku melihat beberapa photo, yang paling aku ingat adalah photo si mba itu, pake motor kaya honda legenda gitu di belakangnya bukit2 katanya sih di vietnam. semakin kesini aku dapat berteman denganya melalui jejaring ini, meski aku gak engeh, awalnya sih aku memasukan naman BACKPACKER di kotek pencarian. semua yang ada kaitanya dengan backpacket aku masukin, add atau like. lalu aku masuk kedalam sebauh grup dan berteman dengan pembuatnya, ternyata aku tau yang jadi bintang tamuanya itu siapa, yang wanita itu ya, aku juga sekali ikut kopdar, malu rasanya. tapi dia begitu membimbing dan menyemangati. sesekali juga aku terlihat konyol dan bodoh banget slalu bertanya yang aneh. akhirnya aku jadi malu.

setelah itu aku memikirkan sesuatu yang aku mau, yaitu pergi ke luar negeri, awalny ini direncankan bersama teman2ku, tapi aku mencancelnya, lalu aku mencari sendirian semuanya, menyiapkan dokumen, alalt pembayaran, dan informasi, meski banyak yang ingni aku tanyakan sebenarnya baik di forum atau di mana saja, tupanya gak ada gunanya itu hanya jadi sebuah obrolan saja, aku masih saja bingung.

aku membeli bebrapa buku dan meminjamnya, terutama buku panduan wisata hemat. aku membeli buku milik aryanto, 10 hari keliling thai dengan 1500000 saja. aku juga pinjam buku temen yang ditulis oleh kaunang, semuanya mengkategorikan jalan2 di asia tenggara murah, apalagi kaunang 10 kota 2jutaan, aku semakin berpikir dan ingin sekali. entah mengapa aku berpatokan dengan itu.

aku memiliki waktu dari tanggal 31 januari hingga 18 februari bersihnya menikmati trip. aku berpikiran berdasarkan buku tersebut, dan yang jadi pertanyaan sekarang juga kecemasan cukup gak ya, selam 20 hari aku hanya bawa 4juta udah dituker kedalam bath, dollar, ringgit. hanya singapore dollar, negara yang jadi tujuanku adalah, sing – malay – thai – lao – vietnam. jumlah total kota yang hendak dikunjungi 14 kota besar di tiap negara. aku bingung, aku mengkategorikan seperti ini.

1500 bath buat thai 200 dollar buat laos dan 2kota vietnam

250 ringgit buat malay.

pusing banget dan takut uang segitu gak cukup. bukanya aku termasuk orang yang boros. aku bahkan bisa bertahan seharian tanpa makan, biasa ya. aku bingung maslah hostel, cara naik pesawat, takut di interogasi karena gak nginep, takut gak kesampean ampe kota terakhir, takut kepalingan, takut dengan harga yang gak sesuai.

jujur aku jarang berkeliling di dalam negeri sendiri pun, aku berani2nya maen pergi aja. tapi aku memiliki pemikiran seperti ini, mungkin aku akan jauh lebih berkembang dengan menikamati hal ini, toh jika benar perjalan ini murah, aku tak perlu bingung dan risau. tapi tetep aja mengganjal, 3 buku trinity w baca tetep aja ya,, kayaknya emang mesti beragkt dan merasakan sensasinya, tapi kan w gak seperti merka yang super tajir.

mba2 yang jadi bintang tamu itu juga memberi tahuku dan berbagi pengalaman, dia tanpa informasi semudah hari ini, berani pergi, dan itu cewek saat dia usia 19 tahun…

wawwwwww

aku berinisiatip jalan sendiri, karena gak mau bertanggung jawab terhadap anak orang, amkanya aku gak ikut temen2ku yang mau pergi ke bangkok pada tanggal yang sama, aku memilih jalan sendiri, karenan aku pikir aku tak terpengaruh dengan kondisiku sendiri, mau cara gembel atau borju ya mau w aja, dari pada ntar malah gak bisa ngimbangin mereka, secar mereka lebih borju, tapi aku kan niatnya bukan untuk melancong dan menikmati wisata atau liburan.

setalah menimbang dan mengkaji ulang, taraget yang harus aku capai dalam waktu singkat itu adalah sebagai berikut,

D1 singapore, karena aku dateng jam 8 malem mungkin aku akan segera menuju johor bahru saja.

D2 melaka

D3 penang

D4 bangkok

D7ayuthaya

D8 chiang maiD10 chiang raiD12 LUang prabang

D14 vientianaD16 PhonsavanD17 VinhD19 Pagi Da nang

D19 kuala LUmpurD20 singa

aku gak tau perkiraanku benar atau kaga, ini semua berdasarkan filing. mungkinkah aku bisa, aduhh pusing. mungkin beberapa tempat aku lewati seperti melaka dan penang dan langsung menuju hatyai via Kuala lumpur, bingung ahk. semuanya karena kesalahan persepsi saat aku membeli tiket. tapi apa mau dikata, tak mungkn aku merubah semuanya, dan ini harus teralisasikan, aku akan malu sekali jika ini semua gagal, aku banyak omong dan mengembor2kan semuanya.

mungkinkah cukup dengan dananya?
Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Bagikan · Hapus

Rahmawati Rahma dan Ikaarafah Cygdede menyukai ini.
Miya Arifin Suhaya Lo lg di mn skrg ? Dah di sing ?
Rabu pukul 19:50 · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi belum. Kan 30sore brgktny
Rabu pukul 19:52 · Suka
Elok Dyah Messwati
saran: di spore nginap dulu di changi. jangan langsung ke johor bahru karena kamu akan bingung di jalan apalagi gelap. tenang2 aja di airport changi, nikmati fasilitas internet, pijat gratis hehehe.. antri imigrasi jam 5 pagi aja, lembar im…Lihat Selengkapnya
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati alamat hostel di spore cari di http://www.hostelbookers.com saja
Hostels, Youth Hostels & Cheap Hotels at HostelBookers
http://www.hostelbookers.com
Youth hostels and Cheap Hotels in over 3,500 travel destinations! Book a Hostel …Lihat Selengkapnya
23 jam yang lalu · Suka ·
Elok Dyah Messwati Kalo ke airport cengkareng, kamu menuju terminal 3 untuk air asia. jangan bawa cairan lebih dari 100 ml karena nanti harus dibuang.
23 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi iya mba, masih banyak ruang di ranselku, aku bawa yg simple aja, baju, sandal dan sepatu, mba uang segitu cukup gak ya>? makasih mba nyempetin tulisan galau ini…
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati cukup asal kamu benar2 hemat. bawa 2 roti tawar buat ganjel/cadangan..bisa untuk minggu pertama. pagi makan roti, siang bisa makan di warung. utamakan uang untuk transpor dan atraksi gratisan.
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati udah join CS http://www.couchsurfing.org ?? ada baiknya join buat cadangan dan kenyamanan bisa kontak local people. paling tidak ada tim CS kota tersebut yang bisa bantu kamu kalo ada kesulitan.
CouchSurfing – The world’s largest travel community
http://www.couchsurfing.org
“CS takes the edge off of your everyday routine. Each CouchSurfer brings somethi…Lihat Selengkapnya
23 jam yang lalu · Suka ·
AnakRipuh Buanyak Mimpi sedih dan seneng dengernya,, iya mba, aku tanya2 terus malah keder dan malah konyol, ya pasti roti kacang ijo yg mau dibawa, tapi kerupuku gak bisa, hehehe. sip2 deh mba,

udah mba, tapi rada sulit juga mba, mendapatkan host, kemarin aku mesege orang vientien eh malah minta bayar karena punya anak 3, dikasih nama guesthos lagi 50rb kips. tp ga apalah.
mba kawasan Backpacker di LP ada gak ya?
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati obat2an jangan lupa: pusing, minyak angin (botol kecil), obat batuk, koyo cabe, counterpain buat pegel2 kaki, lebih murah beli di sini daripada beli di luar.
23 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi iya besok deh aq siapin, sampho saset boleh ya mba::?
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati di LP itu buanyaaak hostel murah… dulu aku dapat $US 6 (Rp 50ribu) buat berdua udah keren banget kamarnya. beneran keren. jadi hostel murah banyak banget. dari terminal naik tuktuk/bajaj ke arah jalan sisavangvong aja…ntar ada bbrp anak2 kecil yang ngajak kamu lihat2 kamar2 guest house. kalo emang bener murah, ambil aja. CS itu gratis. kalo dia minta bayar, itu member Cs gak bener. cari host CS lainnya.
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati sachet boleh, jangan bawa banyak.
23 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi berarti pokonya kota2 daerah tujuanku banyak yang murah ya mba,,,
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati bangkok di khaosan road masih ada yang 200 bath kok (Rp 60ribu) semalam. memang agak masuk ke gang2.
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati makanan kayak pad thai cuma Bath 30 (Rp 9.000) udah pake telor. hahaha
23 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati di LP memang banyak cafe, tapi kalo jalan terus sampai pasar malam abis, di sebelah kanan banyak gang2 yang jual makanan local banyak didatangi bule harga muraaaah banget makanannya.
23 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi makasih banget mba, bikin aku tenang, doain aku ya mba semoga terwujud. senang bisa tau mba, kenal dengan mba, di ajarin dan ngebimbing anak rewel, riweh, ripuh, ribet ini.. hebat
22 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati
sudah check in online Air Asia? udah diprint boarding pass-nya? ntar di terminal 3 cengkareng tinggal menuju desk untuk lapor ke petugas AA, lalu bayar airport tax cengkareng Rp 150ribu, lalu antri imigrasi untuk dapat stempel keluar. tungg…Lihat Selengkapnya
22 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati dari penang, jarang ada bus langsung ke bangkok. biasanya naik L300 penang-hadyai 3 jam di jalan, baru ganti bus di terminal untuk hadyai-bangkok 12 jam di jalan. kok jadwalmu kota2 cuma numpang lewat doang? gak dinikmati?
22 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi pengen di laosnya mba nikamtinya, aku pengen yang utara2nya, nyesel gak beli tiket langsung chianmai..
22 jam yang lalu · Tidak Suka · 1
AnakRipuh Buanyak Mimpi udah Boarding pas mba, iya tdina kan aku pengen 1 negara aja, kaya thai biar puar tuh, tapi serakah jadi deh kaya gini. duuuhhh,, tapi liat orang2 jauh lebih banyak dan instan, paling cancel salah dua nya mba
22 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati laos itu bagus di vang vieng. dari LP naik bus ke vang vieng, baru lanjut ke vientiene, tapi kamu lalu ke phonsavan…ah balik lagi atuuuu. ulang alik itu, dari vientiene menuju phonsavan itu lewat jalan yang sama. rugi 8 jam di jalan.
22 jam yang lalu · Suka
Elok Dyah Messwati lihat petanya. ada jalur jalan yang sama yang kamu ulang alik 8 jam, total 16 jam kamu di jalan yang sama.
22 jam yang lalu · Suka
AnakRipuh Buanyak Mimpi hehe, itulah aku mba, liat ini seru, liat itu seru, ahkk semuanya seru, ya tergantung sikon aja mba, mungkin di skip, ntar lagi bisa kan ya mba’
22 jam yang lalu · Suka
Tulis komentar…

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s