tranportasi di bangkok

di kamar hanya menambah kesedihan w aja, lalu w pergi keluar kamar, w liat ada seorang wanita, w dekati dia, dan w bertanya ya gimana sih orang pertama kalo mau tanya, paling “where are you come from?” hahhahaha lalau pembicaraan kita semakin melebar, dan w suka lah w gak perlu banyak nanya dan dia terus berkicau dengan kisahanya, asik juga rupanya, dia dari belgium. w berusaha untuk menyakan “kapan hari terakhirmu” susah banget sih dan ternyata itu hari teakhri dia di thai setelah 2 bulan, waw. dia menunggu ampe jam 8 di depan hostel lalu sekitar magrib dia mau cari makan tapi satu jam kemudian akan kembali, dia bilang” jangan kesepian kalo mau ntar saya kesini lagi”. “you are not alone boy” hahhaha like MJ song, haha we laugh.
w pun masuk tadinya mau ke depan national art galery tapi balik lagi, w nginap di belakang tempat itu, akhirnya w mandi dan setelahnya w mulai melihat planing w lagi, w mau ke mo chit terminal tapi di map w gak bisa nemu akhirnya w mau ketmu lagi ama rita memang w pengen ketmu lagi, w mau liat buku LP dia dan menanyakan, w senagaj pake baju batik dan ngaasih dia 2sachet kapal api dan 1 indomie rasa soto, you should try on your country, waw dia sangat senang, besok mungkin saya akan membuat kopi dari kamu ini ya” mantap, kita ngobrol sedikit, dan w bilang mau cari makan ke 7eleven, dan kita bareng, w bilang w ingin mengantarmu, sekali lagi w gak tau apa itu arti mengantarmu hahahhaha. dan kita berjalan ampe ke khaosan road karena w mau liat dan dia juga mau mengantarkan w padahal maksud w, w ingin mengantarkan dia ampe naik bus/taksi. ya sudahlah pada malam minggu di khaosan road kita berpisah, good bye,
kemabli ke penginapan w duduk sendirian, w ngobrol bareng kakek2 yang belum kawin, gak begitu tua sih tapi kaya tua aja, hahaha. lalu w berjalan sedikit w mampir ke toko buku, di depan toko buku ada mobil w pikir kalo siang itu adalah rongsokan, w pun tanya kepada rita itu tempat apa, dia mengatakan ” kalo malam itu jadi bar” padahal itu rongdokan, tapi saat magrib saat w ngobrol bareng rita itu kaya rongsokan, dan malam berubah, ternyata banyak orang india juga, kebanyakn dari mereka jual baju, dan buka bar, ada bule yang bertingkah nakal ampe melompat2kan cewek thai hahah gila kaya film BBBBBBBBBBB. akhirnya w masuk ke toko buku yang gak begitu gede, itu digunakan untuk toko dan tempat tidur si pemilik, dia mengatakan berpa dia menyewa tempat, dan selam 10 tahun dia tinggal disitu dan nyewa, percaya gak loh? terserah tapi yang mencengangkan adalah harga ruangan untuk di sewakan di kawasan itu, memang paling mahal area kaoshan road. ada perbedaan emang dari kawasa rambutri road ama khaosan ya begitulah, w beli buku darinya sekitar 440bath padahal itu cukup untuk hidup beberapa hari di chiang mai, ya w hanya berdoa,
setelah ngobrol dengan tukang buku disebelah guesthouse w, w tanya kapan kau tutup kios ini, kata dia “jam 12malam” dan w liat udah lebih beberapa menit, dan w sadar akhirany kita ketawa dan w perg tapi dia sangat ramah, mau melayani w yang terus mencari-cari buku mana yang terbaik yang akan w beli, ternyat di tahiland buku lonely planet sangat mudah untuk ditemukan, baik dari secondhand atau yang baru w bisa dapet ampe yang palsu, teliti aja, w pilih yang agak lecek mungkin itu yang bagus dan ori tapi gak tau deh, mungkin itu palsu, banyak banget yang palsu, lebih baik beli aja di jakarta. mungkin membuka toko buku semacam di thailand lebih bagus, atau di bali sama kaya di thai.
w pun tidur lalu besoknya bangun dan subuh, kali ini w dapet yang single room dan sebelumny yang double bed hanya kasur gede yang nisa dipake oleh 2 orang, tapi gak apalah. yang pertama 300bath dan yang kedua 150 bath.
pagi hari w mau ke hua lamphong station, gak begitu sulit tapi w mesti mencari patoka spot sebagai penunjuk aras, misalanya democration monument, nah dari situ w bisa mencari jalan kemanapun, atau karena di thai itu banyak sungai yang kadang w mengikuti sungai, atau mencari jalan yang mungkin melwati sungai, ya so far w bisa lah menemukan itu tempat, tanya kebebrapa orang kadang ada yng cuek kadang ada yang asangat membantu w, w berjalan ke arah china town dan sangat pagi sekali bebrepa orang mulai rame di area jalan itu, setelah menukan satu jana besar menuju hua lamphong station w jalan lurus, di kelenteng udah banyak orang, mungkin karena hari itu hari minggu ya banyak orang diasan dan itu mungkin adalah hari dimana orang chines ibadaha, banyak yang jualan, dari mulai makanaN,kue, minuman, buah, sesajen, obat-obatan, dan segalanya deh setumplek, semakin mendekati hua lampong ada beberapa tok yang menjual peti buat kematian, betapa mengerikanya buat w, hahahha, w agak merunduk dan cepat jalanya.
lalau w sampe di hua lampong, bebrpa jalan sedang diperbaiki gak tau mau diaapain, Rita bilang w mungkin gak akan medapatkan tiket kerta untuk ke chiang mai, dan benar saja untuk kesana tidak ada untuk 3rd class ada sih tapi jam 10pm, aduuhhh gak mau dehg w, biasa ya masuk statiun itu bingung jadi jangan menyeraha nikamit kebingunganya okeyy. lalu w memilih yang 2nd class dan bayar 391bath, untuk 3rd class 271bath. murah kan, ya begitulah murahanya naik kerta and you know what? lebih baik naik bus dehg. buset asli kaya indonesia banget, yang beda mungkin gak banyak pedagang, copet dan ga bising suara gesekan rel. asli selama dijalan itu suara besi ampe bikin w gila.
dari hua lamphong w berncan mau ke theciklek pasar, kata orang sih ini bukanya pas weekend. dan sangat jauh dari tapi setelah w dapet tiket ke chiang mai, w putusin naik subway ke sana, setealh beli koin subway sekitar 40bath ke bang sue paling ujung subway ya w ke lokasi subwaynya, menunggu beberpa saat, pas datang tuh subway, w langsung masuk, dan disuruh keluar lagi rupannya kita mesti nunggu dan bebrepa menit kemudian kita masuk, duduklah w, di jalan w hanya diam termenung, w berpikir mahal sekali 40 bath dan jika w pengen balik lagi bayar lagi, aduuhhh, sialan, w pikir ini akan cisa dipake return tapi ternyata one way. mengetahu onewaynya saat di hua lampong balik si koin bukan di scan tapi di masukan kaya masukin uang ke celengaan, untung aja w gak jadi liat techiklek.
asli selam di dalam subway w sedih berat, hati w berkecamuk anatar tepat gak ya tiket yang w beli, tepat gak ya pemikiran w, pas gak ya duit buat disana nanti soalnya w udah beli buku, w balik mungkin aja lewat darat lagi ke spore tapi sayang banget, w takut di utarra akan menyeramkan, w takut ini itu, ahk segala macem dehk, apalgi w sedih membayangkan keluarga w. adooohhh,.. pokonya selama di subway sangat bete abizzz,,, w berpikir mungkin hari terakhir w di bangkok saatnya w menggunakan bebrepa variasi tranportasi, w belum naik boat ya sedah akhirnya w ke arah selatan, dari jalan utama chian town itu, w belok ke kiri ke arah masjid yang ada di map. dan tau gak jalan yang tadinya tidak terlalu ramai, sekarang meladak dan membuat kemacematan sepanjang jalan, buset dehk bukan cuma di indonesia men, waw ampe panjang banget, buset ampe ke deket pemberhentian boat buset dehk.
yah w berpikir mungkin ini sbagai ganti pasar yang terkenal di bangkok itu, ahk kemarin juga w udah jalan-jalan di pasar sayuran di deket patung budha tinggi itu, jadi gak apalah, gak ada duit men, w kemana-keaman aja jalan kaki, dan tentunya sendirian, aduuhhh kesepian banget w.
naik boat dan menuju ke grand palce, bayar 15bath, w bingung gimana cara naiknya, bertanya dan bingung juga, akhirnya ada sebuah kapal, dan semua orang mendekat ya w pikir itu mungkin, tadinya w pengen liat wat arun dari boat tapi buset ampe padet bagnet, huh banyak bule pula, huh semua orang dari mana pun dan berbagai ras bersatu disitu, uuhhh…
karena kata galuh w bisa dapet photo grand palace di lapanganya saj, haha w pun ambil lalu w balik ke kamar dan mandi bersiap untuk berangkat, takut gak bisa solat akhirnya w solat lebih awal, hahahha maafkan aku Tuhan
Suka · · Berhenti Men

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s