hal dasar kebingungan

gila ke luar negri, asik nih kayaknya bisa liat ini dan itu  apalgi buku yang w beli memberi inforamasi yang bikin saya semakin ngelier untuk segera ke luar negri karena biayanya itu loh, kayaknya saya masih sanggup untuk pergi dan ketimbang beli gadget mungkin dengan backpacking ke luar negri banyak yang saya dapat pelajari seperti hal yang ingin saya wujudkan yang sangat imajinatif sekali dalam kepala yang menjadi khayalan besar. dari mulai pengen punya temen seantero jagat dari belahan manapun, bisa bahasa inggris karena jaman sekarang gitu loh, tapi saya malah kalah ama penjual kaki lima di thailand bahasnaya, melihat pesona keindahan yang di poto2 orang dan lain sebagainya.

mikir lagi dong, caranya gimana, tentu harus punya paspor, beberapa hari saya sibuk hingga kuliah pun yang ada di kepala backpacking2, pokonya dosen nyelangap ngajarin, w malah search apa-apa mengenai backapacking, bikin paspor pun bingung banget ampe takut ini-itu, segala macem di pertanyain apalgi harga yang sangat di rewelkan, padahal bikin malu saya sendiri selalu ngomongin harga. udah gitu identitas saya yang ngejlimet karena banyak yang error bikin hati gak tenang dehk.

nafsunya ingin membeli tiket, buka web airplane air asia yang banyak dikatakan paling murah cuma liat harganya aja, masukin negara tujuan dan liat haraga, gak tau kelanjutanya karena belum punya paspor, maka gak tau juga cara bayarnya. untung saya bikin juga tabungan BCA saat bikin paspor dan segera mengaktifkan klik BCAnya, karena ada usulan temen atau saya pernah dapet indo dari mana gitu, lupa. kelar paspor yang harganya kurang dari 250rb, membuat saya lega karena sebelumnya saya mesti merevisi karetu keluarga dan ktp bapa saya, makanya agak bingung, dan untungnya surat nikah mereka udah kelar kemarinya karena sempet ilang pas kebakaran rumah di ciamis dulu.

udah gitu semua kelar nih, pengaktifan token pun dimulai, saya bingung nyari kode/pasword untuk key BCA nya mana, sya kita sesuai dengan pasword atm saya, akhirnya ke blokir, aduh malu dong saya, mesti ngomong apa ke bank dan norak banget, gaya-gaya an kematrin ngaktipin kaya gitu, saldo cuma 10 dolar aja, hah tapi dengan kebernaian yang cuma bebrapa persen akhirnya kelar juga penggantianya, dan minggu berikutnya saya beli tiket. saya pilih singapore bulak balik karena dari luar negri ke dalam negri gak bisa pake klik bca, ada yang bisa dari kuala lumpur ke indonesia itu pake CIMB niaga, sama juga aplikasinya klik2an gitu dehk.

saya pun melihat secara detail data diri saya, saya gak mau ada ke erroran lagi, akhirnya kelar semua, email pun saya bikin lagi yang baru khusus menerima email penting, karena di email yang lain, itu jutaan surat dari facebook, dimana saya selalu bercuap dan berkicau kaya orang sinting karena tiap hari saya bisa bikin status berapa biji, dari yang mulai berkelas hingga yang menurunkan derajat diri sendiri.

udah semuanya ada dari pihak penerbanganpun, saya pikir buat apa nunggu untuk self check in. saya pun melakukanya dan mengepron semuanya, travel internary, boarding pass, insurancenya semuanya deh dari air asia. tupanya yang mereka liat pas mau terbang boarding passnya aja, sialan, cuma selembar doang. sayang banget kertas yang udah saya pake buat print.

segitu teh saya udah shelf check in, tapi tetep aja tanya terus ke orang karena takut gimana2? ntar bakal kaya gimana, prosesnya gimana? cara naik pesawatnya gimana? aduh norak dehk/

karena yang saya beli adalah tiket ke spore bulak balik dan niat saya ingin ke beberapa negara di atasanya saya tadinya mau balik llagi, kalo udah nyampe atas, tapi saya serakah, pengen ke negara lain lagi, untung saya kemarin ikutan ke bromo dan ada temen yang mau bantuin, tadinya mau beli tiket ke chian mai di awal tanggal setelah nyampe spore, akhirnya karena banyak alasan saya  pilih danang vietnam ke kuala lumpur, saya tak mau uang saya angus, meski ada dari hocimin langsung ke jakarta saya pikir sayang sekali duit yang udah keluar, apalafgi itu udah temasuk dengan pajak, jadi sayang banget kan.

sduah kelar semua tiket, lalau ikutan milis lagi, bikin petanyaan yang orang susah mengerti dan kadang bingung dengan tulisan saya, saya pun kadang bales komentar dngan kebingungan lagi, orang lain komentar tuh bukan mengenai apa yang saya tanyakan, tapi malah mempertanyakan balik, hahahahaha biarin dehk makanya saya agak malu untuk milis lagi, padahal hati mah pengen benget ngepost tapi mau giaman lagi, malu men, sebelum w membuktikanya kayaknya saya cuma dianggap orang yang omong doang, ya kalo ada orang yang nanya dan sma permasalahany paling aya ikut nimbrung, kadang bikin malu diri sendiri juga.

sekarng mengenai kesiapan mental dan internary, memang sudah di buat rute mana yang ingin saya kunjugi, pokonya pengen kesini dan ke sana, karena menarik dan segala macem dehk, hebatnya lagi saya cerita ke banyak orang meski belum pergi juga, kadang ada orang yang sangat keras mencemooh saya, sayapun kadang mencitu dan memblokir tuh orang, bikin malu w  aja loh? hahahaa yang say abuat cuma rute transportasi apa yang akan saya gunakan untuk mencapai tempat2 itu, ya ikutan milis juga ada gunanya banyak banget informasi yang di dapat, ruamya kalo negara yang saya tuju bukan negara yang sedang populer karena wisatanya, saya mungkin akan bego beneran. untuk map tersebar dimana2 dan panduanya cukup lengkap, selain itu internet sangat sekali berguna, karena info yang kita inginkan sangat cepat mmeberi tahu, ketimabng nunggu balesan dari orang lain.

wah banyak banget lah, darimulai ransel yang mau saya peka kaya gimana, apa saja yang mau saya bawa, pusing dehk udah mati gaya aja, biaya semakin membengkak, di lain pihak ngebet banget ke luranegri, dan segalanya lah. tapi setelah saya teliti melalui riset saya yang konyol saya bisa mengepaskan semua kebutuhan saya dengan sangat simple, bahkan ada beberapa benda yang tak perlu saya bwa meski mengurangi 0.1 gram saya akan ringan membawanya, tapi sejauh ini emang ringan juga ransel saya, dan gak setiap saat saya panggul tuh barang bawaan.

segala macam saya tanyain, dari kabin kapal kaya gimana? apa saja yang harus saya bawa? bagaimana nanti? pokonya saya tuh suka bertanya aja dan gak penting, malu-maluin lah, tapi apa mau di kata I love my self/

kegundahan saya tebesar emang saat beli tiket pesawat sihk, banyak banget yang bikin saya kesel, dari mulai gak punya CC, internary yang berantakan semuanya dehk, jadi kaya beban. tadinya dikira teh mudah gitu, tinggal pake atm biasa ehk ada cara lain, emang w banyak mimpi jadi gila ngedadak, tapi itu gak bikin semangat ke luar= negri luntur, bagaimanapun Tuhan mengijinkan jadi saya bisa dehk mewujudkanya.

pengen ngebleduk semua isi jiwa ini karena kegilaan semantara udah gitu kegiatan kampus yang kabar kabur bikin deg-degan, memang schedule yang saya buat sesuai dan pas timingnya, malah setelah saya pulang, saya kira saya akan tertinggal 1 minggu kuliah eh malah molor lagi 1 minggu, jadi kesel saya. dan saya gak ikutan outing class dimana kalo saya gak ikutan katanya banyak yang gak lulus mata kulaih itu, tapi alhamdulilah nilai dapet B, gak bagus nih semester ini, hari ini saya ambil kartu hasil studinya dan ya luamayan lah menurun dikit.

pokonya w bisa jadi gila kali ya karena petulangan kali ini, dan selama petulangan itu aduh pikiran saya udah campur aduk, bukan lagi maslaah administrasi tapi masalah kejiwaan, segala macam yang saya lakukan dan alami memang banyak membantu dalam pemikiran yang lebih dalam lagi, subhanallah Tuhan menunjukan ilmu lagi.

ya begitulah saya tuh aga sedikit ngawur dari maksud inti yang mau disampaikan, sehingga orang lain mesti berpikir dulu membaca dan mengartikanya, tapi maksud saya simple dari pada tulisan saya yang kaya dongen dan rumet, hahahaha btw makasih atas semuanya, saya jadi banyak belajar.

 

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s