I have been there

mimpi dan ambisi, ya semua bisa dikatakan seperti itu, bukan mimpi sih, emang negara yang saya tuju gak pernah aada dalam memory saya untuk ingin hinggap di negara tersebut, paling yang saya ingini itu, china, korsel dan belanda. ya tapi banyak buku yang membawa saya untuk hinggap di lima negara tersebut, dan katanya murah juga menjadi negara pertama yang banyak dikunungi oleh traveler indonesia dalam memulai backpackingnya ini, maka saya menyusun banyak internary dan target yang ingin dikunjungi dan dilihat, internary w juga sederhana bahkan gak saya lirik tuh dalam perjalanan, yang saya tau adalah rute kemana saya akan melangah dan cukup populer juga banyak pengunjungnya,

nah untuk memudahkanya saya ikutan milis di mana-mana, baca buku dan internetan mencari informasi, ngebet dong pengen ini itu, mau ke sana- sini, mau liat ini dan itu pokonya bakal menyenagkan dehk, dan gilanya lagi w memilih untuk jalan sendiri, padahal ada temen yang ngajakin di tanggal yang smaa, hanya saja mereka 10 hari dari bangkok ke bawah kalo saya dari bawah ke atas, dan kenapa sendiri, karena jalan ini saya ingin mendapatkan banyak hal baru ketimbang poto2 yang berlatar belakang suatu bangunan indah. saya memilih untuk mencari hal unik yang akan menjadikan saya lebih be rkembang, ketimbang mengikuti program orang lain, dan benar saja, asli bikin ketagihan dan menangis.

1 singpore yang saya kunjungin hanya bugis, little india, dan Sentosa, itu dilakukan hanya dalam setengah hari, saya check imigrasi pada pagi buta dan saya sudah jalan-jalan di singpore, luamyan bagus, dimana saya pagi-pagi mesti metet di MRT bersama manusia dari beragam etnis dan suku, juga melihat mereka berdandan untuk ke kantor, sekolah dan tempat lainya, unik melihat apa yang mereka pakai, dan hebatnya di Singapore ini semuanya sibuk dengan gadgetnya masing-masing, orang-orang memakai hedset, mengetik-ngetik I phoneya yang canggih dan bersikap kaku ketika berhadapan, sebagian juga ada yang baik, ya tapi menurut w negara ini sangat kaya kali ya.

pagi-pagi saya sudah masuk ke sentosa, saat itu lokasipatung singalagi dibersihin dan lagi bebenah dengan buang-bunga yang sedang di tata oleh pekerja, w pun melihat-lihat jepret sana-sini, huh emang lagi musim bunga kali ya!

2. melaka

di negara malaysia ini saya hanya mengunjungi 1 kota saja sebagai lokasi tujuan wisata, saya hanya pergi ke melaka, dan karena saya molor kaya kebo di bus akhirnya kelewat tuh kota, dan saya pergi ke kota yacukup jauh dengan hadayai. akhirny hanya mengunjung melaka saja.

dari melaka bingung mau naik bus apa ke china town, saya bahkan kurang menganaliasa kota ini, akhirnya saya hanya bermodalkan nama plaza saya melihat bangunan gereja merah yang masuk unesko itu, dan hanya sebentar saya disitu lalu saya kembali ke terminal dan berangkatlah ke hadayai

3.  Hadyai

ini adalah kota terdekat ke malaysia karena merupakan perbatasan thailand dengan malaysia, akhrinya setelah w masuk thailand w mengambil van dan langsung menuju ke terminal untuk mengambil bus ke phuket, di hadyai ini banyak juga muslim jadi makanan mungkin sedikit mudah untuk di cari, masuk ke thailand say amelihat seperti Indonesia keadanya, banyak kabel-kabel dan tingkah masyarkat hampir sama, pertama kali saya liat mong berkeliaran di jalan juga di kota ini, mong ini sudah berkeliaran pagi-pagi di depan toko-toko lalu memberikan doa buat yang memnitanya dengan membawa bunga dan sesajen.

4. Phuket

phuket kata orang sih indah, emang indah juga tuh pulau, berada di selatan thailand dan menjadi tujuan turis karena keindahanya, memang kota ini dalam internaryku gak masuk,tapi sebagai ganti penanga yang terlawati makanya saya memasuka phuket ke dalam rencana berikutnya sebelum ke bangkok, karena saya dalam waktu 3 hari udah mencapai thailand, cepet banget kan? di kota ini sya menyewa motor seharian, ke patong dan berbagai tempat lainya, ada bebrpa temple/wat yang buat saya merinding, tada angker juga masuk temapt ini makanya saya suka komat-kamit disetiap langkah saya, nah itu makany saya jadi takut masuk temple mungkin karena di ohuket itu jarang yang mengunjungi dan saya hanya sendirian ketika itu, huh. saya pun mencium makanan yang aneh aneh di hidung saya, bau daging yang aneh atau itu adalah pork. ya ampe ke pelosok-pelosok dengan menggunakan motor, di kota ini juga pengeluarn saya membengkak drastis.

5. Bangkok semalaman saya naik mobil ke bangkok, inilah ibu kota thailand yang sekarng sangat populer di kalangan travleler. ribuan manusia datang setiap harinya seakan kota ini memiliki magnet besar, gak tqau mengapa orang mencintai negara ini, banyak orang yang pulang dan datang terlebih dahulu dari negara ini, saking udah melesatnya thailand, banyak turis yang kembali berkeliling asia dari negara ini, huh. ya saya hanya meliaht dan berkeliling selam bebrapa hari saja, tidak mengunjungi tempat yang wah dan terkenal hanya sekedar tidur dan mengnjungi wisata murah, saya sangat sedih ketika berada di kota ini, saya ingin pulang ketka itu, tapi sayang banget jika saya harus menyerah.

anehnya di singapore, malaysia dan thailand ini banyaks ekali burung, bahkan banyak temple yang dijadiin sarang burung atapnya, ampe pernah saya ketika jalan di podolin ama tuh burung, sial banget. yang mengerikan adalah burung gagak besar di sekitar kebun binatang di bangkok, isih w ampe merinding udah gitu mau nyamber w lagi, apa karena w slalu komat-kamit, dan itu burung setan yang gak suka w komat-komit. makanan tiap harinya yang w makan paling mie dan snack. ya di kota ini yng membuat saya merindukan keluarga.,

6. chiang mai

kota ini memang indah, pantes saja dijuluki rose nya utara, memang saya sangant ngebet pengen ke kota ini dan benar sekali meski tak banyak yang saya kunjungin malah cuman seputaran kota saja, tapi enjoy banget, banyak moment yang tak ingin dilupakan begitu saya, dan saya sudah bisa comport dengan semuanya, bahkan saya jadi agak suka masakan thai karena ada penjual makanan halal di sekitar night bazar, seru dehk banyak banget aktifitas yang bisa dilakukan di kota ini, beda banget dengan thailand lainya dehk! I love chiangmai

7. Nongkhai

kota ini tepat di pinggir sungai mekong, dimana di depanya adalah negara laos dan kota huay xai, saya transit di kota ini sebelum besok menuju kota huay xay untuk mendapatkan stempel laos. luamayn keren lah, gak begitu populer karen kota ini hanya persinggahan, paling yang bisa di liat sungai mokong dan kapal-kapal lalu lalang juga parkir, saya juga membeli tas thailand disini, karena selama di kota sebelumnya say agak beli apapun.

8. Huay xay

ini adalah border thai dan laos di utara, banyak destinasi menarik selanjutnya dari kota ini, maknya siapapun yang mau ke laos atau thai lewat utara mau tak mau pasti singgah di  kota ini, dan I have been there deh mau tak mau. hehehehe. banyak transportasi dari kota ini ke kota berikutnya tergantaung apa yang kita mau dan uang kita mampunya segimana? ada slow boat, speed boat, bus dan pesawat.

9. Pakbeng

karena saya menggunakan slowboat ke liangprabang makanya saya mesti dan mau tak mau lagi singgah do kota ini, keculai kalian pake alternatid lain, ada juga speed boat yang ancul anculan dengan kecepatan penuh 6 jam ke luangprabang langsung, tapi kota  ini cukup indah. dan banyak yang masih sangat traditional banget. gak begitu ramai karena ini kota kecil banget, kaya cuman 1 dusun aja gitu. pagi2 banyak yang jualan disini, sayuran, baju, kendaraan, dan semua kebutuhan.

10. Luangprabang

siapa sih yang gak mengenal nih kota, haloo. orang yang mau ke laos pasti tau, entah apa yang unik hingga masuk ke salah satu warisan dunia, tapi emang beda sih dari bangunan dan w gak paham sejarah mereka jadi ya celingak celinguk gak jelas lah, luamyan rame banget, banyak bule disini huh, yang asik sih makananya, makan disini sitemnya udah kaya parasmanan widih serunya. bisa makan sepuanya lagi, tapi di sesuaikan ama uang juga, hahaha untungnya food street.

11. vanvieng

widih masuk kota ini malam hari udah banyak bule yang lagi gila-gilaan, udah kaya khaosan roadnya thailand, agak sebel sih w, tapi untungnya w dapet temen baru orang korea dan kita dapet bungalo yang indah dan baru, pagi-pagi pun saya udah nyusurin nih kota yang kecil juga, sungainya bersih banget, makanya pariwisata disini kebanyakn wisata air dan outbound. seru lah kayaknya, tapi saya mah cuman jalan2 saja, gak punya duit euyyy..

12. vientien

saya hanya transit beberap menit di kota ini, befa banget dengan kota kota sebelumnya saat menuju kota ini, kalian akan mikir di jalan, bagaimana ibu kotanya kalo menuju kota-kota sebelumny aja udah gitu banget keadaanya, tapi begitu masuk kota ini dari northen terminal beda banget, banyak pembangunan bangunan baru, luas banget, bessar banget kota ini, bangunan pada tinggi dan megah, luamayan bersih, tidak berdebu dan tidak ada hutan juga gunung, saya langsung ke southern bus terminal untuk melanjutkan ke hanoy.

13. Hanoy

di sepanjang jalan menuju hanoy jalan mulus, jarang sekali bulak belok. beda banget dengan jalan dari huay xay ke vietntien, bagus sih bagus tapi bulak beloknya banyak banget. tapi menju hanoy ini sangat nyaman sekali, selain bus yang say gunakan adalh bus sleper dan mobil yang cukup metet ama panumpang dan barang bawaan membuat kami nyaman di dalam bus. cuma dinginya sangat menusuk.

bagitu masuk kota ini sibuk banget, banyak bangunan menjulang, dan ramainya kendaraan. saya pun menginap di sekitar old quater dan itu ramai banget, pertama yang saya alamian adalah ketika melihat motor dan kendaraan lainya yang berlalu lalang, tidak ada kata lampu merah, semuanya bebasa mau kemanapun, maknaya jalanan itu runyem ama kendaraan waduh. apalagi kalo siang hari kalo gak bisa nyebrang mah udah gak akaan bisa.

di kota ini banyak banget spot yang menarik dan sangat mungkin untuk di jangkau dengan jalan kaki, banyak juga tukang ojek yang nongkrong dan slalu menwarkan jasanya. pokonya asik banget dehk. apalgi cuacanya yang gak begitu panas.

14. Hue

ini kaya chiang mainya  vietnam dehk, gak terlalu bising dan juga sangat calm, saya juga cukup nyamaan di kota ini, saya mengunjungi old quaternya juga dan sempet berfoto di replika kursi kerajaanya, kemana2 saya tuju pasti dengan jalan kaki.

15. danang

ini adalah kota besar di tengah vietnam, saya akan terbang ke kuala lumpur lewat danang, saya hanya menghabiskan seharian saja untuk berjalan2 di kota ini, cukup bagus dan teang juga. banyak bangunan mewah dan toko2.saya bermain internet dari jam 2.38 – 6.30 dan itu hanya bayr 17.000 dong, bayangin murah banget kan

16. Kuala lumpur

setelah tiba di kuala lumpur saya hanya pergi ke chian town saja dengan teman saya mas ERY yang memblikan saya tiket ke singapore. waktu untuk kami hanya mepet jadi kami berjalan hanya sebentar saja

17. bekasi – KARAWANG

setelah nyampe jakarta via singapore saya mengambil bus ke bekasi, setelah di bekasi saya naik kendaaraan tiga perempat untuk ke kota karawang, dan saya mengalami kejadian kurang menyenangkan, ada komplotan yang bekerja sama dengan awak kendaraan yang mencoba madog bawaan saya, beruntung saya bisa lolos, 3 orang pelaku yang membuat saya benci dan membentuk kebencian baru lagi, sialan.

semua perjalanan ini memberi banyak manfaat bagi saya dan saya banyak melihat hal yang baru.

selamat traveling dan tandai kota yang udah diinjak.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

3 comments

  1. Arip …. setelah baca beberapa kisahnya Arip, saya salut dgn kemauan & kegigihan kamu untuk bisa backpacker sendiri keluar negeri. Padahal pengalamannya masih dari dasar belum punya passport tapi bisa langsung banyak negara di Asia 20 hari, udah gitu Arip juga masih muda banget. Berarti Arip tuch cari informasi & ngumpulin informasinya bener2 luar biasa dan pemberani serta nekats yah. Semoga memberi banyak inspirasi buat calon2 Backpacker lainnya yg masih malu-malu. Selamat yaah Arip.

  2. You are most welcome….Arip usul donk…ditiap nomernya ada foto2nya donk jadi kebayang Vanvieng begimana or Huay Xay… ada Aripnya juga gak apa-apa… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s