pekerjaan yang pas buat traveler

haha ini sih kekonyolan saya saja, yang jelas saya gak tau apa yang pas buat mereka para traveler, namun saya pikir pekerjaan yang saya liat saay jalan-jalan kayaknya pas dan cukup asik buat di jalani.

1. punya guesthouse, hostel, hotel, homestay, kontrakan, kosan,

kayaknya kalo saya punya tempat bermeter-meter saya mau buat tempat backpacker nongkrong dan indehoy, pokonya tempatnya calm tapi indah banget, apalagi kalo di tempat wisata gak usah buang uang baut promo dehk yang ada malah kamu hobi bilang full ama orang yang mau nginep. paling hebat sih hostel yang banayk fungsi, selain bikin kamar, tapi bikin jasa lainya, pokonya disitu lengkap, pasti banyak yang minat. kita sih cuma tinggal nunjuk orang buat memanage nah kita pergi naik kapal pesiar buat keliling dunia, duit ngalir terus. karena tiap hari setidaknya orang bayar gocap untuk nginap.

2. bar, restaurant, tempat hiburan

wah ini sih jangan ditanya lagi apalagi para traveler pasti tau banget kayak gimana? dan saking hebohnya kita bakal kelabakan meladeni orang yang keluar masuk, asik kan tapi kadang hanya mencari kepuasan saja agar uang cepet banyak. apapun yang mau di jual terserah dehk sing penting halal.

3. punya ruko sewaan

biasanya kalo temaptnya strategis dan ramai bakalan menguntungka, begitulah stratergic penjualan. nah apalgi kalo kita udah punya tempat yang strategis, udah dehk jangan diatany lagi dan gak usah berdoa minta didatangkan rizki, tinggal hokcay nerima duit. saya pernah ngobrol dengan penjual buku di rambutri road di bangkok. dia pun sudah 10 tahun mengontrak di ruko itu yang iya jadikan sebagai rumah sekaligus toko buku. pengen tau gak harga nya berapa?

di khaosan road 1 room itu dihargai 15.000 bath

di rambutry road 1 ruangan besar 2 kotak lah tempat dia berjualan 12.000 bath

kaoshan road 2 room 32.000 bath

dan tak hanya itu penjual yang di pinggir jalan tanpa lapak tetap juga bayar ternyata, di khaosan 20.000bath dan di rambutri 15.000bath

buset tajir dehk w, dia cuma mengatakan saya sudah 10 tahun disini dan saya masih megnontrak. ya kalo memang menjual buku lumayan ya gak apa2 kali ya?

4. menjual buku, bekas, secondhand, bajakan, kopian, susuan, segala macam dehk.

keinget si ibu yang w beli bukunya, saat itu kita ampe tengah malem disitu, seperti biasa saya dikira orang cambodia. hehe. saya mendapatkan entah itu secondhand atau apa? saya memilih yang terjelek, namanya juga pedagang ya, kalo jual yang ori pasti mahal ya, makanya banyak sekali yang mngkopi ulang sama percis paling beda kualitasnya, makanya selama saya memilih dan mgnotak ngatik harga saya milih yang keliatan ori, males banget saya beli yang bajakan.

nah menunrut saya ini pekerjaan luamayan menguntungkan, saya banyak melihat banyak bule banyak memebli buku, menukar bahkan menjual bukunya, dan harga yang ditawakan cukup bervariasi, ketimbang menjual buku baru, disini kita bisa menentukan berapa kita menjual dan berapa kita membeli, tapi kalo di kampung atau kota biasa kurang diminati, tapi untuk di tempat yang turistik mungkin ini akan menjanjikan, dan suruh saja teman , sodara atau orang lain ayng jaga, kita sih liburan aja. ahahahahaha

5. tukang agen trevel

enak dong tinggal ngatur perjalanan orang, kita kadang bisa join sambil nerangin ke orang-orang, dan asiknya jug akalo kita punya modal kita tinggal nyuruh orang yang mengorganize dan kita jalan2

segitulah jenis pekerjaan yang lumayan menurut saya, sebenernya banyak jenis pekerjaan tapi kadang suka gak ada waktu buat liburan lama, makanya banyak bule yang kadang ngelayab lama karena gak ada kerjaan lagi atau emang lagi liburan, sotoy banget lagian.

apapun pekerjaan yang penting baik dan mungkin itu udah ketentuan taksir kita sesuai kemampuan kita. tapi saya ingin sih mempunyai toko buku itu, kayaknya seru aja. padahal yang punya tuh toko mana mau dia baca tapi dia sangat up date ketika orang lain mencari jenis buku. weleh2. saya jadi keluapaan waktu ngobrol ama tuh orang, yang harusnya tutup malah saya ajak ngobrol.

buka kontrakan aja kali ya????

 

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

