itulah seninya backpacker 2 oleh AnakRipuh Collect TheStars pada 25 Februari 2012 pukul 4:52 ·

tulisan ini saya tuangkan untuk menambah pemahan baru saya dan menambahkan pengalaman saya untuk pertama kalianya, bukan pengen menassehati atau apa, terlebih saya tulis ini buat amatiaran kaya saya dan saya melihat tulisan temen, makanya saya pengen nulis juga liat dehk sekarang jam berapa? saya baca tulisan temen dan saya pun jadi dapat ide.

bukan sok atau gimana, saya cuma ingin berbagi. atau saya khusukan buat BACKPACKER newbie deh biar semangat

seni BP saya sih gak begitu paham namun kalo kalian pengen memulai pengalaman ini berikur beberpa tips dan trik ketika jalan atau prepare.

asli ya ini hal kaya gini banyak banget manfaatnya, sebelum pergi aja saya rasanya udah memiliki banyak ilmu karena tiap hari ngeriset jalan terus, ampe kuliah kemarin aga ngedroop tapi aman.

kalo sebelumnya saya nafsu karena melihat orang jalan kesana kemari sekarang malah pikiran itu gak ada, sekarang ya saya malah seneng orang lain bepergian, gak iri lagi.

sekrang itu saya jadi punya kegiatan baru, jadi mau nulis meski gak penting, mau bantuin orang mengenai BP, mau ngompor-ngomporin orang buat BP, pokonya banyak dehk

kemarin saya pulang, di kampus ko bisa rip, itu abis berapa, terus disana ngapain aja, trus in, trus itu aduuhhhh pusing, mending di tanggapi dengan serius mah, ada yang acuh ada yang hokcay. tapi kemabli lagi kepada kalian, seperti kata mba elok, itu semua panggilan jiwanya masing-masing,

tapi masa sih kalian idup gak mau ke luar negri, emang sih masa depan mah gak tau mungkin aja di masa depan anda yang mobile ke luar negri udah kaya ke jakarta pulang pergi.

nah karena saya pelajar yang banyak tingkah saya ingin membagikan ilmu dan resep khas error.

1. orang tua, banyak loh bukan cuma cewek tapi cowok pun gak dapet ijin, saya bukan ngajarin membangkang, karena kita gak dibolehin kita ngamuk gituh, jangan coba cari acara yang dilakukan orang lain, tapi niatan kamu ingin backpacking bukan sekedar jadi benalu minta dikirimin itin dan jalan, jangan, anggaplah itu sebagai card bebas kamu, undang th tracelmate kamu kerumah, jelaskan, setelah itu kamu buat perjalanan sendiri tapi gak melenceng dari rencanan bersama.. kalo kaya saya sih udah enak mau kemana aja boleh, aslakan selamet, itu karena saya memiliki keluarga yang super baik dan saya beruntung gak aneh-aneh jadi anak. bantuin mereka kadang meski suka males, juga jarang maen dan ngeleyab ampe tak tau diri, makanya selama backpacking hal yang saya utamakan adalah untuk belajar, bukan semata-mata saya pengen liburan di dunia orang.

2. nabung, iya loh ada semboyan mari menabung itu bener2 kepake disini dan kita bukan menabung lagi tapi ikat pinggang demi backpacking, rasanya 40rb aj ketika di luar sangat membantu diri saya sendiri, uang jajan kita emang terbatas, dan salahnya saya kenapa saya bilang saya nabung sekian ratus, uang jajan saya kan ceban sehari, itu duit dari mana, ngepet kali w. hahah ya begitulah saya suka bantuin di rumah jadi kadang ada uang tak terduga. kalo kalian gak cukup punya uang, kalian nabung sebulan minimal 200rb lah, nah kaliin setahun 2.400.000 beli tiket pulang pergi spore maksimal 880rb pulang pergi, karena kalian punya waktu yang sangat panjang makanya pantegin terus nama maskapai yang mau kalain pakai dan sering mengadakan promo, misalkan air asia. kalian bisa dapet kurang dari itu, bahkan gratis, jadi mimpi kalian bisa diperpanjang hari backpackeranya, setelah dari singapore kalian mau kemana aja boleh ko, baca ketentuanya apakah negara gratis atau tidak. tuh kan segitu aja udah banyak ilmunya, belum tentu orang lain tau, kalian udah tau kaya gimana mengenai negara orang. hebatkan kegiatan ini.

nabungnya di rumah aja tapi tukerin dulu pake dollar!

3. sesekali baca milis orang lain, saya sering pantengin backpacker dunia dan yang lainya, kalo tetangga sebelah gak update banget, tahun depan kali baru dibales, gajebo lagi, paling komenya gini sok iye banget luluarnegrian, tapi seru loh bikin naik darah. seru dehk pokonya, pertama kalia saya tau backpacker itu kotak pencarian kesel karena yang dicari itu terus. saya gabung sana sini dan yang paling klop adalah backpacker dunia, udah gitu pendirinya super duper asik dan baik. thanks ya semangatnya, meski di awal saya terlihat kaya omdo tapi saya mesti buktikan, bukan sekedar mimpi.

4. kata siapa mau backpackeran itu gampang, gampang sih saat dijalan mah, tapi saat ngurusin administrasiny disini, naujubilaah saya ampe pengen menyerah, tapi gak begitu sulit, saya hanya over saja. yang mesti kalian urus paspor ini kan yang paling utama, kaya kartu niat lah ini. pembayaran tiket pesawat, coba deketin temen yang tajir kalo ada perlu minta bantuanya untuk beliin tiket karena beberpa maskapai penerbangan international menggunakan credit card, atau seperti air asia saya gunakan klik BCA, saya pun meminta temen membelikan sebuah tiket dan rupanya berhasil.

5. kontrol cara hidupmu, kalo yang udah biasa menderita dari kecil kaya saya udah biasa kalia ya, cuman kalian tidak bisa membantah biaya makan dan tidur, kata siapa tidur dijalanan itu gampang, jangan nekad deh itu negara orang, makanya kalian tanya-tanya atau browsing di internet saya mesti tinggal dimana, atau ukuran harga penginapan semalamnya berapa, kaliin dengan jumlah hari anda berpetualang. cocokin dan murah-murah kok karena banyak alternatifnya. tuh ilmu lagi, kalian ngatur diri sendiri mau ngorok dimana/

6. rute, tau diri dong kita ngelayab mesti ada jalurnya, masa lo asal keluar negri aja. kalo gak mau ribet ikut orang aja dan imbangin pengeluaran orang lalu berantem, nah karena memperlajari rute ini saya juga semakin banyak belajar lagi, kemana saya melangkah, saya mesti ngapain, pokonya di rumah itu kepala penuh kekhawatiran, eh d luar negri asoy geboy aja tuh, pasttin berapa duit yang mesti kamu keluarkan untuk transpottasinya, tanya orang bagaiaman kamu bisa dapet info, saya jadi punya banyak bookmark link jawara buat nyari info. pokonya buka 1 window itu penuh dengan banyaknya tab yang kita buka, kalo dulu saya cuma buka yang standar saja, sekarang kayaknya buka internet waji 4 lebih tab yang dibuka.

7. perlengkapan, buju buneng mau keman bu, sekalian aja bawa lemari. hahah namanya aja kita mau praktis dan kita gak sabaran untuk menjelajah, bawa aja yang bener-bener dibutuhin, rempong banget dahk. selimut ampe anduk aja 2 biji, hebring banget, belum sepatu aduuhhh.. memang kita cuma bawa berang ketika mau pindah aja, itu juga paling bentar, selebihnya di taro di mobil atau penginapan. tapi inget kamu backpackeran bukan sebulan dua bulan. budegt kan terbatas bawa aja yang penting dan pake aja yang ada dirumah, gak usah malu pake baju butut di luar negri, orang-orang luar sangat cuek gak kaya di kita yang suka ngomongin atau menilai.

8. internary, hehe saya mah asal tau tujuan dan akar besarnya saya jarang melirik rute, tapi dari awal karena budget saya sudah di sesuaikan, jadi semua aman saja. malahan saya menambahkan beberapa tujuan yang tidak ada di itin dan itu spontan tapi selamat dan menarik. kombinasikan itu semua dengan waktu, jangan terlalu semangat menguber tempat yang penting kan kata orang mendapatkan sesuatu dari tempat itu dan menikmati perjalananya, jadi kita jangan sekedar lewat saja, nikmatin perjalanannya, makanya cari temen.

9. komunikasi, tau dong minimal kamu mengerti sedikit bahasa inggris, nah seni backpackeranya tuh kebanyakan disini, dimana kamu mesti bergiat bergaul dengan orang beragam jenis dan etnis yang setiap hari keluar masuk orang baru, kalo kalian easy going sih gak masalah apaalgi kalo kalian aktif dan menyenangkan, udah dehk jangan ditanya itu mah. seru sih tapi saya selalu mendekati yang lebih tua dimana saya menunjukan rasa sopan santun dan mendengar pengalaman mereka, ketimbang mendengarkan hura-hura anak muda, kalo ama yang lebih tua kadang mereka sangat baik banget, mereka menunjukan mapnya, memberikan hadiah, memberikan kasih sayanganya, aduuhhh udah kaya anak sendiri dehk seru banget dan satu hal kita jadi image anak indo yang sopan dan santun. ehem siapa ya?

10 sebenernya banyak sih tapi saya bingung apalagi ini udah gak enak nih, orang tua saya bakal marah kalo saya gak kerja. untuk lebih jelasny kalian bisa baca sebagian note saya,atau kunjungin blog saya dan beri komentar, hahah promo euy. kalo saya pengen banget kalian meresakan apa yang saya alami, bukan kejahatan ya, pokony manpaatnya, bener kata orang kita jadi open minded, hati kita lebih berkabung, hahah mati kali, pokony kita dipenuhi rasa syukuur pokonya coba aja dehk, dan saya berpesan jangan diniatkan untuk hura-hura, lebih baik jangan baca ini dehk, pokonya gitulah.

siapapun bisa jangan menyerah saya pun anak yang kurang berada, saya bersyukur bisa melakukanya karena saya punya pemikiran sendiri, bukan belagu luluar negrian, pokonya ada alasan lah. dan temen saya pun sepertinya memiliki misi tersendiri.

berhati-hati, sabar dan menabung. ayo semangat…

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s