Itulah seninya backpacker – Pengen ke luar negeri? Tips dan Triks oleh Galuh Saina Van Bemmelen pada 25 Februari 2012 pukul 2:10 ·

Mumpung lagi awal kuliah dan belum banyak yang bisa dilakukan selain refresh materi, gw pengen menulis seni dari backpackeran, ntar kalau kuliah dah mulai sibuk gw janji gak mikir traveling terus hehe, menuh2hin home orang aja gw dengan banyolan gw. beberapa temen yang gw mention sengaja yang emang suka travelingan, kalau mengganggu, dihapus saja tandanya mas mbak, hwehehe..

Seorang teman kaget saat tanya ma gw, trip kemarin ke asteng habis berapa..

Gw habis 3 jutaan buat 3 negara, 11 hari, 7 kota + oleh2 + gw maniak jajan + ditipu imigrasi (sialan) + tiket hangus sia2, hwaah ada2 aja.

Kok murah banget? temen gw kaget.

Menurut gue MAHAL!!

Secara pribadi gw kecewa karena ini di luar target, target gw untuk trip ini adalah < 3 juta, tapi apa mau dikata, jajan ga bisa gw kontrol, setiap lihat supermarket pasti beli minuman dingin. Makan di mcdonald, bujumaaa hal bener, kapok juga sebenernya. waktu di Mc di, gw sempet pesen bubur ayam + ayam tepung + kentang + pepsi, trus gw bilang ma mbaknya "yowis mbak bubur nggak jadi", ternyata orang Malaysie nggak ngeri "yowis", jadi deh tuh makanan seabrek di meja ampe gw mual.

CONTOH TEMEN GW YANG PENGEN GW TIRU:

Gw bener2 salut ma temen gw yang backpackeran selama 24 hari dan cuma habis 2,5 juta (5 negara, 12 kota)..negara yang dilaluinya adalah singapore, malaysia, thailand, laos,sama vietnam..bujuuummuuu rah kan, 24 hari gitu loh! dan semua antar perbatasan itu dilalui dengan jalan sutera.

Dia juga ke singapore sama malaka 4 hari 3 malem 500rebuan.!

Si X ke jepang semingguan ke tokyo, kyoto, osaka, lake kawaguchi 2,5 juta.

gw baca di inet banyak banget yang bahkan belum nyoba ke jepang, udah berfikiran ke jepang harus dengan puluhan juta

Itulah yang coba gw tekenin, bahwa backpackeran itu sebenarnya mau punya duit berapa aja bisa , cuma pemahaman masyarakat aja yang masih general, gw benar2 masih pemula kemarin, n gw akui gw masih gagal. gw pengen belajar buat trip selanjutnya.

gw pengen masyarakat itu open their mind, jangan terjebak dengan pandangan bahwa pergi ke luar negeri harus bawa puluhan juta. boleh emang puluhan juta, tapi itu berlaku jika lu pergi ke eropa (dalam jangka waktu lama-3bulan 4 bulan), amerika,, antarctica. buat ke thailand? 1 juta aja cukup buat 10 hari (ada bukunya). syarat? backpacker!

lagipula sekarang lagi demen2nya airline2 low cost carrier yang kadang ngadai promo yang ga masuk akal.. kayak AA yang sering ngadain promo Rp 0, Rp 10000, Rp 100000 buat ke ostrali (gw kemarin dapet tiket 3 USD buat KL-Jakarta)..cebu pacific airline juga, mereka ngadain promo penerbangan domestik antar pulo di filipin terkadang cuma 2 peso (Rp400,),,jetstar, tiger airways, ryan air, buanyaaakk banget. kalau indonesia yang agak miring ada Batavia air sm lion air. mau dapetin yang murah, gimana caranya? 1.buka website airline2 itu dan like atau daftar jadi member, jadi kalau ada promo pasti lu bakal diemail 2.nabung (nah ini penting, tau2 ada promo yang lumayan murah,kalau dah punya tabungan kan enak) 3.niat (ada niat, pasti ada jalan). waktu gue mau nyiapin perjalanan kedua gw, gw pantengin situs air asia setiap hari, n akhirnya gw dapet 'lumayan murah' bukan 'sangat murah'

jadi apa yang diributkan? uang saku? kecopetan?

noh temen gw 20 hari di luar negeri aman tentrem, sekali di bus mau pulang ke Karawang kantongnya dirogoh2 orang..gak ada alasan buat takut! kejahatan bisa dimana aja dab, tergantung kita bawa diri kita gimana.

masalah uang saku? takut ga cukup? hal itu bisa disiasati dgn membawa ATM. Bisa kok ambil di luar negeri, tapi dapat potongan 45 ribu dengan syarat, ATM CUMA BUAT CADANGAN! BUAT HAL2 TAK TERDUGA! untuk masalah uang saku emang harus nabung, itulah untungnya kita beli tiket airline jauh2 hari (tiket gw ke india gw beli setahun sebelumnya), supaya tujuannya bisa nabung. nabung harus lu sesuaikan sama initerary..sama aja bohong donk ke ostrali 10 hari cuma bawa 100ribu,,pokoknya yang logis, tapi jangan terlalu kebanyakan bawa duit juga. sesuaikan sama initerary, buat initerary perjalanan yang detil kalo perlu..

misal km nabung 100.000/bulan., maka dalam setahun udah dapet 1,2 juta. Uang segitu udah bisa dipake buat ke singapore sama melaka +tiket PP.

searching sebanyak mungkin info atau aktif bertanya2, "JANGAN MALES n CUMA NGGANTUNG TRAVELMATE AJA"..nyusahin itu namanya, sebisa mungkin jadi backpacker yang mandiri..cz gunanya travelmate kan buat bingung bersama, cari penyelesaian bersama jika otak udah mampet..kalau cuma "GIMANA nih? GIMANA nih?" gitu dah tinggal aja tuh orang haha…harus sama-sama cari info, sekarang semuanya ada mulai dari cari guest house, makan dimana yang murah, minum dimana yang murah, toilet dimana, apa yang harus dilakukan,, internet sekarang bisa njangkau semuanya. so what's the matter?

bawa henpon yang ada wifinya, wah ini puenting banget,,diluar negeri itu dimana-mana da wifi, bisa buat update status, kangen-kangenan ma ortu,pacar,simbah,kucing,anjing,banyak lagi. dan colokan listrik adalah universal (colokan kaki tiga).bawa ipad kalau punya, but BE CAREFUL!! you bring an expensive gadget.

JANGAN CENGENG,NANTI JADI AYAM..haha kata2 itu gw ambil dari blog temen gw adis, comot ya bro! misal nggak dapet penginepan, puteeerrr otak, banyak tempat gratis buat tidur kayak mecdi, kfc, di terminal..nggak usah malu, beli aja ayam sebungkus, tros tidor disana. ketinggalan bus? gw pernah! 150ribu, sial bener. segera cari siasat lain, bisa ke kota lain asal searah atau naik train yang ekonomi. buat apa ditangisi? toh tuh bus juga kagak bakal balik ngusap2 air mata gw haha.

itu sekelumit curhatan n tips dari gw, emang ungkapan itu masih bener. "ada uang ada barang", karena yang kita lakukan itu trip budget rendah, harus siap susah juga. tapi itu semua akan berbuah sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan. jangan ikut paket tur, mereka hanya akan menyeret kita kesana kemari dengan penjelasan tiada spasi dan ngajak kita di hotel2 bintang 3-5 serta ke tempat belanja dan harga yang melambung tinggi. bisa dibilang nggak ada sense sama sekali. so apa yang kautunggu?

salam

@Galuh_vBemmelen (please follow my new twitter and surely i'm follow you back)

jangan sungkan untuk bertanya, minta pendapat/konsultasi, dll, aku hanya ingin membantu, that's all..

(khusus asia tenggara dan hal-hal umum tentang backpackeran)

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

