Pemula / Newbie yang ingin ke Asteng

hahay saya bingung kadang, banyak ayng nanya ini dan itu, bikin mengulang-ngulang jawaban terus, tapi menyenangkan juga, ketimbang fb saya sepi karena gak banyak temen yang kenal dan sengaja fb saya itu buat hal mengenai perjalanan.

saya pengen ngasih tau lagi entah untuk kesekian kalinya saya terus menulis mengenai hal ini, tapi saya ingin menulis apapunlah yang sedang terpikirkan, dan kali ini saya memikirkan membuat petunjuk dari dasaar persiapan hingga melakukan kegiatannya, saya juga masih newbie dan baru kemarin saya melakukan perjalanan.

nah salah satunya seperti ini.

  1.  membuat pasport, mudah banget dan murah banget, gak usah pake calo dan travel agent dehk. kalo kalian melihat ada kantor imigrasi yang kadang terlihat sepi, kalian datangi danbuatlah pasport, mudah banget dan gak ribet, tinggal bawa: ijazah, akta lahir, kartu keluarga, KTP dan kartu identitas lainya. beneran gak ribet dan gak bikin bingung. tunggu beberpa hari sesuai yang diperintahkan.
  2. buka tabungan, di mana pun kalian bisa menabung dan di bank apapun, alasan saya mencantumkan ini, dikarenakan beberpa maskapai hanya menerima pembayaran melalui debit atau ATM untuk transaksi saat pembelian tiket nanti, ini dikhususkan buat kalian yang gak punya credit card kaya saya. seperti contoh maskapai Air asia memberi pasilitas pembayaran selain menggunakan kartu kredit dengan Klik BCA dan Klik CIMB Niaga. ini membudahkan saya dalam melakukan jual beli, sayang banyak banget kelemahanya, karena saya hanya bisa membeli tiket yang berasal dari jakarta saja, seperti tujuan Jakarta-Kuala lumpur, bisa one way atau ruturn alias bulak-balik bisa menggunakan ini. kalo ingin lebih fungsional buatlah kartu kredit dan tentunya tidak mudah bagi saya yang masih pelajar ini. bisa saja apabila kalian memiliki orang tua yang mempunyai kartu kredit kalin bisa mengaply kartu tambahan, dan dengan menggunakan kartu kredit kemanapaun tujuan anda, akan sangat mudah sekalil. #gigit jari.
  3. buka komputer/laptop anda, cari nama beberpa maskapai, jika kalian telah menemukan mana yang akan kalian beli dan sesuai keinginan tujuan anda ya syukur. ada beberpa maskapai yang memberikan harga murah dan ada yang memebrikan harga agak mahal, tapi semua sesuai dengan apa yang kita dapatakan nantinya, atau kalian akan mencoba seperti anak backpacker lainya, yang rela nongkrong di depan layar menunggu dan mengupadate berita promo. banyak sekali jalan menuju roma makanya jangankan presiden para mahasiswa pun sekarang bisa pergi kemanapun seperti loga air asia apa teh everyone can fly! salah gak sih w. liat juga pembayaranya seperti tadi saya bilang, kalo tujuan kalian domestik atau maskapai domestik mungkin banyak sekali kemudahan lagi ketimbang tujuan kalian luar negri.
  4. cari tahu, setelah mendapatkan tiket, entah itu tujuan kamu tujuan yang diinginkan atau karena dapet tiket murah, semurah-murahnya. ya saatnya mencari petunjuk, sebenernya sebelum mencari tiketpun saya telah menanyakan ini itu, bahkan pembayaran segala macam pun saya tanyakan kepada orang atau grup, jika yang lain menanyakan tentang perjalanan yang hebat-hebat, saya malah kebingungan mengenai segalanya, eits makanya saya mau ngasih tau nih beberpa tindakan yang mesti di amati sendiri terlebih dahulu, jadi kalian gak akan malu dan banyak tanya kaya saya, hehehee karena tujuan saya adalah asteng untuk pertama kalinya dan 5 country, yakni: Singapore, Malaysia, Thailand, Laos dan Vietnam maka ini yang saya lakukan

meriset internary untuk 5 negara sekaligus

mengetahui beberpa informasi semakin meningkatkan banyak imjinasi dan penambahan tujuan baru yang belum terencanakan sebelumny, makanya dengan banyak tanya juga kadang rute makin menyebar dan meluas lagi, sudah gitu kadang saya error ketika bertanya jadi banyak yang rancu dan amburadul.

5. jumlah hari harus disesuaikan dengan jarak yang akan kita tempuh dan kemampuan untuk mengekplorasi dan menikmatinya, hal ini penting. mungkin karena kepikiran takut sebentar lagi kiamat, makanya serakah dalam mengatur jadwal sehingga puyeng sendiri karena kesemua tempat ingin dikunjungi. ambilah rute yang banyak orang datangi dulu dan cukup mudah untuk dijangkau, sebenernya kemanapun aman dan mudah saja jika kita ingin bersabar dan pintar dalam bertindak.

saya anyak nanya dan malu, tapi bertanya pada mbah google gak akan malu, apa saja pertanyakan salah satunya seperti ini kata kuncinya.

a. bus Kuala lumpur ke penang, bus hadyai ke phuket, dll. setelah buka webnya saya menemukan beberpa web resmi mengenai semua aktifitas bus dari harga, waktu bus itu ada, di mana bisa mendapatkanya, tipe bus yang kita inginkan sesuai harga. dan segala macam. tentu saja di lapangan banyak sekali alternatif yang bisa digunakan, namun dengan hal ini kita bisa mematok segalanya. tulis semua tujuan kita dan harga bus. semuanya aja, mau pake kereta, bus, pesawat atau apapun hingga semuanya menjadi harga besar sebagai patokan agar mudah. kalo bisa buat menjadi tabel, isi tabelnya negara, jenis tranfortasi, harga, time, keterangan (terminal atau dimana kita bisa mengambil jenis tf itu)

b. gueshouse, coba buka google map, tulis guesthouse beserta nama kotanya, misalkan gueshouse bangkok, liatanda itu tidak termasuk semua tempat, tanda yang menunjukan dominan di daerah mana, maka disitu akan banyak penginapan, selain itu tidak hanya tempat yang ada di tanda itu saja, mungkin jumlah penginapan disana akan banyak, tapi liat apakah itu sebuah kota besar, atau kota biasa aja dan liat juga negaranya, hanya saja, dengan seperti itu kita bisa mendapat info yang efektif ketimabng bertanya ke orang yang entah kalian tau dimana itu tempatnya meski alamatnya jelas. tanyakanlah berpa harga penginapan di berbaggai kota yang kalian inginkan, pilih yang paling besar atau sedang dan umum, lalu kalikan dengan jumlah hari yang kalian inginkan. misal semalem 70rb*& hari.

c. tujuan menarik, banyak sekali kan yang ingin kita lihat saat keluar negri, pasti kebayang ingin kesana kemari, sesuai buku pariwisata, cerita orang, nonton di televisi atau segalanya, pasti bakal seru dehk. saya juga seperti itu, membuka beberpa web yang cukup banyak memebrikan informasi mengenai perjlanan, seperti wikitravel, travelfish. liat di bagian see and to do. banyak banyak banget yang akan kalian temukan, tulis ja yang mana yang akan kalian lihat dan lakukan di sana, lalu pertimabangkan dengan berbagai aktifitas yang berbayar.

d. perhaatikan area yang akan kalian tuju, atau penghubung antar negara/border. kira-kira border mana yang banyak dilewati. sehingga akan mudah mengambil jalur dan akan memuluskan rute yang baik.

pokonya banyak banget dehk yang mesti dipertimbangin, tapi kalo yang paling peting adalah biaya tranfortasi dan biaya penginapan.

saya malah gak pernah begitu memperhatikan internary yang saya buat, saya hanya mempertimbangkan harga transfortasi dan harga penginapan sesuai jumlah hari yang saya ambil. dan ketika di jalanpun biaya tersebut bisa saja terpakai atau menyusut.

nah setelah banyak informasi yang diinginkan dan sesuai dengan minat kalian, maka selanjutnya adalah mengatur barang bawaan atau keperluan diri kita.

1. pastikan ransel ayng akan anda bawa sesuai dengan kebutuhan anda, tapi saya malah gak mementingkan hal itu. saya memakai ransel berukuran 25liter, selengkapnya liat di ransel anak bagong.

2. peralatan, pastikan bawa peralatan yang sangat dibutuhkan banget dan sangat vital sehingga kalian tidak akan terbebani dengan bawaan yang sangat berat.

sebenernya jangan banyak banget pikiran dehk, semuanya mengasyikan dan aman banget, yang penting kita pintar dalam bertindak.

kebiasaana yang sering saya lakukan adalah

1. menyimpan sampah  dan membuang pada tempatnya.

2. menyimpan semua dokumen, baik itu nota bon, map, karcis, tiket, kartu-kartu lainya, semuanya yang saya dapatkan selam di luar negri saya bawa balik kerumah, sampai karcis-karcis kecil sekalipun.

3.

batre w low bersambung ahkkkkkk

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

