dari kecil jalan-jalan

kalo baca buku, baca kisah, liat tlevisi kapan para traveller memulai hobinya itu? pasti mereka mengatakan dari kecil bahkan dari umur yang sangat muda sekali, saya pun demikian, meski bukan sepernuhnya jalan-jalan namun hal itu yang membuat saya berani dan mandiri.
dari kecil ayah yang bekerja di jakarta untuk berjualn kerupuk, jarang sekali pulang ke ciamis jawa barat (kampung halaman saya), makanya kalo liburan sekolah, saya, adik dan ibu selalu berkunjung untuk menjumpai ayah saya. banyak banget hal-hal yang terjadi. terkadang kami berganitian untuk ikut menjumpai ayah. kadang kami juga berdua diajak oleh ibu pergi, karena sedikit uang yang ibu miliki makanya salah satunya ada yang gak diajak.
lucu dan unik ketika melakukan perjalan itu, kadang ibuku binggung di bawa travel agent yang niatnya akan balik ke ciamis, eh malah si supir menjemput penumpang yang lain, maknaya ibu kebingungan, saat itu haraganya 40rb katanya.
naik motor RX-king dari jakarta ke ciamis., dan banyak banget hal unik lainya. dari kecil kami sering ikut kemana saja, pernah ibu saya berteengkar besar dan ibu pulang ke subang meninggalkan ayah, saya pun ikut dengan ibu dan adik saya.
yang kadang sering saya dengar adalah ketika waktu saya masih batita, ibu dan ayah juga kayaknya ribut dan ibu membawaku ke subang, ayahku yang diciamis katanya pengen ketemu aku dan mewek kepada ibunya, maknya nenek dan bibiku menjemputku ke subang dan membawanya, diperjalanan banyak sekali suka dukanya, neneku kehilangan uang, dan banyak sekali yang perhatian padaku, banya yang memberi makanan dan yang merema-rema, karena aku terus menangis.
pas lagi smp saya sering pulang ke ciamis dari karawang seorang diri, saya berbekal petunjuk orang tua dan uang saja, dulunya sih sering bareng sodara, tapi semakin kesini saya berani untuk jalan sendiri.
begitupun ketika sekolah dasar, balik lagi ya. saya sering banget maen menjelajah di kampung saya, pergi ke sungai-sungai, berburu makanan, ikan dan buah. saya juga suka mengajak teman saya pergi buat masak nasi liwet di manapun, dan bermain ke bukit-bukit di kampung saya. pokonya bader banget saya itu.
semakin kesini saya sibuk untuk membantu orang tua sejak SMK, makanya jarang sekali main paling yang deket-deket aja. atau kalo lebaran naik motor pulang ke ciamis sendirian lewat majalengka. haydeh mulai sekarng saya pengen terus ke luar negri ahkkkkk,,s eru banget banyak hikmah dan pelajarn yang berarti.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

