pendapat saya

mendengar kata-kata terakhir mba elok di acara radio shownya tv one, saya suka dengan pesanya yang kurang lebih seperti ini,”buat anak muda yang masih 18-20 tahunan cobalah untuk backpacking, mungkin mereka akan menjadi penerus-penerus yang hebat nantinya, karena selalu melakukan study banding ke luar negri”, kurang lebih seperti itulah.

saya juga setuju dengan apa yang dikatakan seorang pendiri komunitas backpacker dunia dan telah menjadi komunitas yang besar, dan selalu menjadi idola saya, entah saya akan seperti apa kalo bertemu denganya, saya malu dan gak pedean kalo ketemu dengan orang yang sering berkomunikasi secara tidak langsung, kalo di facebook saya begitu aktif bertanya atau meminta saranya, mungkin saja ketika bertemu denganya saya akan malu, tapi dia sangat baik banget, kepada siapapun, terlebih kepada saya. hmmm

memang ada banyak hal yang didapatkan setelah melakukan suatu perjalana, apalagi dia menyuruh kami untuk mengatur perjalanan mandiri ini, makanya dia melarang orang lain berjualan trip di grupnya, ya memang harus demikian, karena memang tidak mudah dalam melakukan hal ini, ditambah banyak resiko yang akan kita hadapi, begitupun kata dia karena resiko ada pada diri masing-masing. jadi semua tergantung bagaimana cara saya melakukan perjalanan ini secara mandiri agar saya semakin lebih percaya diri.

alasan saya yang telah saya posting pun itu mengesankan bahwa banyak sekali hal yang terjadi dan mengena di hati, dan itu mungkin yang juga orang lain rasakan ketika bepergian, inilah yang membuat saya menjadi mengesankanya hidup ini ketika bepergian.

dalam acara tersebut saya tak begitu menyukainya, selain diisi oleh musik rege yang penyanyinya pada celeng. juga pembicaraanya sangat sedikit, padahal waktnya 1.5jam, saya ingin banyak mendengar yang lebih menarik lagi dari mereka para bintang tamu disana, dan kalo mendengar penjelasan mba elok yang santai itu, saya jadi serius,yus yus.

saya pun melihat si ovi dan sandi (penyiarnya) kebanyakan nanya yang gak begitu kurang aku mengerti, mending pertanyaan dari temen-temen di Backpacker dunia, jadi gereget. kadang pertanyaanya juga apa gituh atau kadang memang kurang diperhatikan hal seperti ini, mungkin yang serius memperhatikan memang yang menyukai backpacking aja, yang lain ya cuek aja. dan belum engeh kalo ternyata itu menyenangkan skali. atau mungkin yang ada di situ hanya ingin menyaksikan lagu rege doang seperti yang berjoget di luar pagar pembatas itu. coba kalo si penyiarnya suka jalan-jalan atau mantengin di milist, mungkin pertanyaan yang dilontarkanpun akan lebih seru.

saya bela-belain nonton dan paginya saya ngantuk sekali, kebiasaan tidur saya masih sore sekitar pukul 9 malam kurang. makanya saya belain buat nonton, karena mba elok ngirim mesege di fb kalo akan ada acara di tvone, banyak juga postingan temen yang lain yang membahas ini, padahal mba elok paginya mau nganterin sepatu buat anak di NTT dan meminta mba inge untuk membangunkanya pada jam 5 lewat telpin atau messege, saya baca di komentar mereka. saya pun ingin mengirim sms ke mba elok ahk pagi-pagi, tapi sayang saya lupa dan malah molor lagi, subuh pun saya lewati.

paginya saya mendengar dan membaca milis lagi di grup, bahwa ada tertua traveler yang meninggal dunia, saya pun sempet kaget, memang saya pernah membaca bahwa beliau sedang sakit, saya dan yang lain pikir dia sedang pelesiran di eropa waktu itu, ternyata dia sakit, namanya bang lana, dia selalu aktif di grup apalagi sebelum saya pergi, dia dan beberpa temenya sibuk sekali di grup, saya kadang ketwa pecicilan membaca komentar-komentar bang lana, gak nyangka aja, dia banyak pengalamanya dan telah keliling ke berbagai negara. seorang ayah yang sangat mencintai anaknya itu juga sangat peduli terhadap kejadian yang baru saja terjadi, dia mencoba aktif membantu koraban tabrak di tugu tani kala itu, dia terus membuat ajakan kepedulian kepada korban dan mencari berbagai inforamasi, hingga beberpa orang merasa tersentuh oleh dirinya, dan sekarng berita itu sampai di milis grup dan membuat semuanya berduka cita. selamat jalan bang lana, makasih infonya.

kembali lagi ke mengani backpacking ahk, memang backpacking itu perjalanan mandiri, oleh karena itu kita mesti mempelajari segalanya, jadi jangan sungkan untuk bertanya dan lebih baiknya lagi, cari tau sendiri dulu, baru setelah mentog bertanya. tapi semua orang memiliki kepribadian, cara, dan kehidupan masing-masing. jadi lakukanlah bacpacking dengan positif dan terarah.

pokonya backpacking itu menyenangkan sekali, apalagi bertemu dan berpikir untuk diri sendiri kedepanya akan seperti apa untuk orang lain ayng lebih hebat.

thanks God.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

2 comments

  1. i agree with u…para interview yg nanyain mbak elok dan mbak risa kayaknya rada “ndak greget” nanyanya -_-” …harusnya yg hadir disitu kita semua ama temen2x backpacker yg lain….baru seruuuu! heeee…

    and you know whatt? harusnya elo jg bro yg ikut jd narasumber 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s