Backpacker Dunia

kotak pencarian di  jejaring sosial facebook memberikan beberapa hasil mengenai kata kunci yang saya masukan yaitu backpacker, hampir semua yang berkaitan dengan backpacker saya ikuti, begitupun dengan grup yang satu ini. lama-kelamaan saya mulai nyadar bahwa memang pendiri atau pembuat grup ini adalah wanita yang pernah saya lihat di acara televisi berita pagi (apa kabar indonesia pagi tv one) dan dari acara tersebutlah saya mendapatkan kata backpacker itu sendiri.

berbeda dengan grup kebanyak di grup ini banyak hal yang membuat tertarik dan amazing. setelah bergabung saya mengirim permintaan kepada pendirinya dan permintaan itu beliau approved, dari situlah saya banyak bertanya langsung kepada mba Elok Dyah Meswati pendiri grup tersebut. dia menanggapi dengan baik, malah terkadang saya yang malu karena banyak pertanyaan konyol yang saya tanyakan. akhirnya karena saya merasa malu saya bertekad untuk benar-benar melakukan perjalanan ini.

perbedaan berikutnya adalah interaksi antara anggota, dengan beranggotaan lebih dari lima ribu saat itu interaksi di grup mengasyikan meski terkadang postingan yang saya buat tidak semeriah postingan teman yang lainya, namun berbagi pengalaman dengan para anggota membuat saya menjadi semakin luas pengetahuanya. mba elok  tidak banyak ikut campur pada postingan beberapa orang, dia membiarkan siapapun untuk menanggapi sebuah postingan, beliau juga sangat tegas sebagai admin salah satunya melarang menjual/mempromosikan produk jasa untuk trip atau ajakan lainya. dia mengarahkan para anggotanya untuk melakukan perjalanan mandiri yang semuanya diatur oleh diri kita sendiri.

backpacker dunia atau disingkat BD berisikan orang-orang luar biasa yang telah banyak melanglang buana di berbagai negara yang terkadang membuat saya ngiri atau kagum, jadi apapun jenis pertanyaan yang dibuat mungkin bisa dijawab atau dibantu dicarikan jawabanya oleh member lainya. banyak juga informasi international yang jarang saya temui atau bahkan tidak saya pikirkan sebelumnya, pertukaran berbagai informasi yang disajikan dan ditanggapi secara cepat membuat saya sebagai anggota makin pintar. meski hanya mantengin atau membaca postingan sendiri atau orang lain dengan puluhan komentarnya saya seperti membaca buku yang mengasyikan.

semakin banyak orang yang menyukai backpacker ini, saya sampai membuat akun facebook khusus untuk hal yang satu ini. begitulah backpacker dunia yang ingin para membernya menjadi atau bisa mengatur perjalanan mandiri mereka.

setiap bulanya grup ini selalu mengadakan gathering, saya pernah satu kali menghadirinya. mba elok bisa menebak saya saat itu padahal saya tak menyebutkan nama ataupun mengobrol denganya terlebih dahulu karena beliau sedang menjelaskan mengenai korea utara saat itu, tapi dia sudah tahu saja saya yang datang. jadi malu, mungkin karena saya keseringan bertanya kepadanya.

selain sebagai pendiri sebuah grup besar, beliau sangat sabar dalam membimbing saya, memberikan informasinya dan apapun itu mengenai perjalanan saya, saya lebih banyak bertanya langsung kepadanya dari pada ke grupnya.

saya jarang menemukan grup seasik ini, atau karena memang interest saya saja yang berbeda namun saya membenarkan kalo grup ini bener-benar beda dari grup lainya. saya jadi ingat tulisan pertama kali yang saya buat ketika bertanya di grup yang satu ini, penuh dengan koma dan bahasa-bahasa yang aneh.

yang super adalah pemilik grup ini yaitu mba elok karena kebaikan dia membimbing itu yang membuat saya merasa istilahnya diaanggap dan memiliki guru yang dapat saya percayai. mungkin kalo tak ada yang sepertinya saya akan kelabakan sendiri dan tak ada ikatan hal yang membuat rasa percaya itu. dan ketika saya melakukan perjalanan dia terus membimbing saya dan banyak memberi masuka, itu mungkin yang membuat perjalanan saya seperti memiliki guide.

dia juga membuat grup baru yaitu beautiful indonesia, belum cukup ramai seperti grup yang satunya BD. namun pertama kali dibuka grup itu langsung melakukan sumbangsih besar mengenai sepatu untuk nusa tenggara. saya ingin membantu tapi apa daya saya belum bisa untuk saat ini jadi hanya menyaksikan dan membaca kegiatan mba yang satu ini bersama kawan-kawanya. mengasyikan sekali sepertinya.

pokoknya grup BD ini hebat lah, baik itu pemiliknya, membernya dan semuanya. mantab..

terima kasih

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

