hal kecil untuk mengurangi kerusakan bumi

emakin hari saya rasakan cuaca semakin panas, malah pengukur derajat memberi hasil membuat saya tercengang, apalagi musim/cuaca yang tak menentu, musim hujan kemarin hanya sebentar saja dan itu menyeramkan ketika terjadi tapi musim panas mendominasi sekali bahkan deret waktunya lama banget.

beberapa orang mengeluhkan apa yang mereka alami di berbagai jejaring sosial atau media lain, tapi mereka tak mau berbuat padahal banyak hal kecil yang bisa kita kembangkan sejak dini. mobilitas manusia yang terlihat sangat sibuk membuat tak ada waktu untuk menyempatkan waktu pada bumi kita ini. padahal kehidupan akan berakhir jika semua rusak dan efek dari tingkah manusia makin parah.

karena kita tak hidup sendiri, ada alam di sekitar kita.

ada beberapa tips yang mudah dan tak memerlukan biaya ekstra. berikut salah satunya:

  1. chargeran gadget/elektronik : zaman yang semakin canggih membuat kebutuhan manusia akan listrik semakin meningkat, ditambah beberapa peralatan yang kita miliki membutuhkan sumber daya ini, maka bijaksanakanlah diri dan disiplinkan untuk menggunakan seperlunya saja. jangan lupa apabila chargeran telah digunakan cabut, atau colokan lainya setelah digunakan hendaknya kita cabut. biasanya kita melupakan hal itu karena tak ada waktu dan terburu-buru beraktifitas, bahkan kita menganggap sepele karena merasa daya yang diambil dari colokan itu kecil.
  2. lampu : kebiasaan yang tak mudah dilakukan meski hal ini sangat simpel sekali, tapi karena tingkat kemalasan semakin meningkat maka hal kecil saja sulit untuk dilakukan. biasakan mematikan lampu jika tidak diperlukan termasuk sebelum tidur, itu akan mengurangi banyak konsumsi listrik dirumah kita.
  3. keran air : ini juga sangat harus diperhatikan, banyak keran yang mudah rusak dan banyak menyebabkan air menetes tak terkontrol, jangan dikira air yang menetes tersebut tak berpengaruh jika kalian tadah seharian penuh maka berapa jumlah air yang terbuang akan terlihat hasilnya.
  4. konsumsi makanan : jika bisa lebih baik membuat makanan sendiri dirumah dan membawanya ke tempat anda bekerja atau anda memasak dirumah dan makan dengan kenyang sehingga konsumsi kita pada barang lain tidak terlalu banyak, selain tidak baiknya banyak memakan makanan instan. mengontrol jumlah makanan yang kita konsumsi akan mengurangi banyak sumber kebutuhan yang tak banyak dibuang.
  5. kurangi makanan instan dalam kemasan : bahkan makanan apapun tak lepas dari penggunaan pelastik, apabila bisa lebih baik membeli makanan pada wadah yang bisa di gunakan kembali, seperti mie bakso, mangkok yang digunakan bisa digunakan kembali hanya cukup dengan di cuci, berbeda dengan menggunakan steropom, selain wadah itu tidak baik untuk tubuh sampah yang dihasilkan semakin meningkat, apalagi jika anda banyak membeli makanan kemasan seperti sukro, kue-kue, cooky itu akan banyak meningkatkan jumlah sampah. belilah makanan traditional dan rumahan.
  6. pelastik : kantong pelastik semakin banyak sekali, tapi kebiasaan saya adalah apabila saya membeli makanan dan ada pelastiknya saya akan memeriksa kembali kantong tersebut, apabila masih bagus dan tak banyak noda atau kotoran pada pelastik tersbut maka saya simpan ke saku saya atau ransel saya. mengumpulkan pelatik yang masih bagus dan menjualnya kembali ke pedagang sayur akan sangat membantu menghemat penggunaan pelastik.
  7. wadah instan : setiap hari kita membutuhkan makanan ataupun minuman, saya memulai sejak 3 bulan lalu yaitu dengan cara membawa wadah air ke kampus, saya mengisi wadah tersebut dirumah, saya dapat menghemat biayaa minum dan tidak banyak membuang sampah bekas air kemasan. begitupun dengan makanan, saya membawa wadah makanan seukuran kecil untuk membawa perbekalan saya. apabila saya ingin membeli makanan contoh bubur, saya tinggal memberikan wadah dan makanan akan tersaji rapi lalu saya bawa ke tempat saya akan tuju. ini akan banyak manfaatnya skali apabila banyak dilakukan oleh banyak orang. mendengarkan olok-olokan teman tidak akan meningkatkan kesadaran kita.
  8. kain wadah : kalo di jepang paket hadiah dibungkus dengan kain dan dibentuk seindah mungkin, kita juga bisa mencontoh prilaku mereka, kain dapat digunakan kembali dan memberi kesan mengindahkan pemberian kita. nah kalo berkunjung ke rumah saudara atau teman tak ada salahnya anda membungkus barang dengan kain yang cantik.
  9. transportation : saranan umum seperti ini memang kurang diminati oleh banyak orang indonesia, selain tak nyaman dengan jalanan dan molornya waktu juga keamaanan yang kurang, maka banyak orang memilih memiliki kendaraan pribadi meski tak jarang ini hanya dijadikan gengsi oleh beberpa orang. menggunakan transportasi publik akan membantu pendapatan orang lain dan mengurangi penggunaan bahan bakar, kenapa tidak alat ini mampu menampung banyak orang dan konsumsi bahan bakar pun akan irit dari pada jika banyak orang mengisi bahan bakar untuk kendaraanya pada masing-masing kendaraan. begitupun bagi pekerja pabrik alangkah lebih baiknya menggunakan fasilitas perusahaan dengan menaiki jemputan, selain menghargai pemberian perusahaan hal ini banyak membantu mengurangi penggunaan bahan bakar.
  10. menanam pohon : tentu saja ini sangat berpengaruh, jika memiliki lahan kosong yang cukup untuk kelangsungan pohon besar, tanamlah sejak sekarang, pilihlah tanaman yang berumur panjang dan bayak memberikan rizku, seperti pohon mangga, rambutan, alpukat, dan lain sebagainya.
  11. shower : dengan menggunakan shower konsumsi air yang digunakan terlebih ketika mandi akan lebih hemat dari pada penggunaan gayung.
  12. pakaian : semakin kesini perkembangan semakin luar biasa pakaian tidak hanya sebagai kebutuhan dasar lagi tapi telah menjadi tren baru untuk siapapun, namun anda bisa berbijaksana diri dengan tidak terlalu banyak mengkonsumsi yang satu ini, apabila pakaian dan benda lainya yang terbuat dari kain yang menempel ditubuh anda masih bisa digunakan, maka pakailah.
  13. uang : selagi masih kuliah atau sekolah atau bahkan kerja sebaiknya banyak-banyaklah menabung, jangan hanya jadi semboyan saja.
  14. kulkas dan pendingin ruangan : ketika akan mengambil sesuatu dalam lemari pendingin sebaiknya cepat diambil dan cepat ditutup, begitu juga dengan pendingin ruangan sebaiknya gunakan ketika anda akan menggunakan dan matikan ketika anda tidak mengguanakan.
  15. kertas : jika anda masih bisa menulis dalam buku, alangkah baiknya anda tulis saja, jangan seenaknya memprint atau mengcopy. anda juga bisa menggunakan alat digital seperti komputer untuk menyimapn semua data materi anda bahkan dosen/guru/pimpinan lainya ketika memberikan tugas sebaiknya dalam bentuk file digital.

banyak sekali hal kecil yang bisa kita lakukan untuk membantu bersumbangsih untuk alam sekitar, hal ini juga akan mendisiplinkan prilaku kita untuk lebih baik dan bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan untuk alam ini. seperti orang terdahulu mereka selalu membawa keranjang ketika ke pasar, tak perlu banyak pelatik yang mereka gunakan, tapi mirisnya ketika sekarang banyak orang yang mengolok-olok kesederhanaan orang terdahulu atau bahkan tidak peduli dengan hal semacam ini. dengan memperlakukan diri kita lebih aware pada hal kecil maka kesederhanaan pikiran kita akan jauh lebih bermakna untuk lingkungan ini.

tingkat konsumsi individu dan rasa ingin bersaing dalam hal apapun yang semakin tinggi membuat kesadaran dan etika kita terhadap lingkungan mulai berubah. tak banyak peduli lagi pada bumi yang banyak memberikan sumber dayanya.

apabila teman semua memiliki pemikiran, tambahan, kritik, revisi dan penilaian. silahkan tulis dalam komentar, nanti akan saya tuliskan dalam catatan ini.

mari jaga bumi kita selagi masih muda, agar kita hidup lebih lama dan nyaman untuk menikmati kehidupan disetiap harinya.

karena kita tak hidup sendiri ada alam di sekitar kita!

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s