Tips ketika jalan

sebenernya ini hanya apa yang seya lakukan ketika jalan-jalan berkeliling kota. ya mengenai barang bawaan yang perlu di bawa atau apa saja yang saya lakukan dengan tas selempangan kecil itu.

ayoo!! kita bahas.

 

 

 

 

  1. yang pertama pastilah ya bolpoin yang wajib dibawa kemana-mana, meski sepele tapi bagi traveler ini sangat penting sekali untuk membuat catatan, menandai map dan lainya. saya membawa pulpen yang punya 2 warna doubel, triple atau fourple. apabila ruksak tinta yang satu maka tinta yang lain bisa digunakan dan lebih mahal sedikit tak apa kan biar awet.
  2. uang secukupnya di tas kecil ini dan selebihnya di tas yang melekat di badan, biasakan bawa uang yang udah jadi pecahan kecil ya
  3. peta lokasi manual lebih mudah untuk dipahami, meski yang digital lebih canggih atau lebih mudah tapi saya lebih menyukai menggunakan peta manual ya emang karena gak punya juga yang digital, tak ada salahnya membawa keduanya tapi kalo cuma bawa kertas map kan resiko kecurian tak besar jadi jalan pun aman. tandai kemana saja kamu telah melangkah!
  4. buku panduan juga penting banget nih, selain menjadi referensi untuk tujuan buku ini juga seperti jawaban atas beberapa pertanyaan yang ingin kita tanyakan.
  5. buku catatan wah ini harusnya di nomor satukan, tapi terlanjur ya sudahlah tak apa. ini sangat penting untuk mencatat info penting. saya membawa note yang pas dengan genggaman tak terlalu kecil juga tidak terlalu besar.
  6. kompas wah ini penting juga nih saya membawa yang sudah sepaket dengan pengukur suhu dan ukuranya kecil banget.
  7. handuk kecil, selampe, slayer atau apa saja yang penting kain kecil untuk mengelap keringat dan muka.
  8. wadah air minum, karena saya pengen irit selalu membeli air dalam ukuran 2 liter lebih yag lebih besar. tak mungkin saya bawa dengan botolnya karena akan menambah beban, saya masuka air ke wadah yang bisa digunakan berulang-ulang hingga rusak. nyaman juga dibawa kemana-mana.
  9. masukan semua apa yang kita beli tanda buktinya ke dalam tas kecil kita dan pisahkan sendiri dalam satu kompartemen khusus menampung semua tanda bukti, seperti tiket kereta, bus, tiket masuk tempat wisata, tiket pembelanjaan pokoknya semua jenis transaksi buktinya simpan saja toh hanya secarik kertas yang tak banyak makan tempat dan ringan banget jadi bawa saja kemanapun untuk nanti penghitungan anggaran pada akhir mudah dan ingat selalu.
  10. mencatat semua pengeluaran  apapun, meski se sen.
  11. ramah dan senyum, jangan menunjukan kita seperti turis banget karena akan banyak yang merhatiin, jalanlah dengan santai dan sedikit cepat.
  12. dan berdoa.
Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s