Nasi Goreng simple dan nikmat

ini nih yang aku dapatkan resepnya dari ibuku, awalnya saya kalau bikin nasi goreng ya paling standar-standar aja, asal berwarna coklat kecap ya sudah itu nasi goreng. tapi kalo ingin menambah cita rasa dan menjadi chef dadakan tak ada salahnya kita praktekan.

yang harus disiapkan adalah:

  1. bawang merah 2 siung
  2. bawang ptih 2 siung
  3. cabe mearh 1
  4. cabe kecil/cengek tergantung mau pedes atau tidak
  5. ketumbar / muncang 2 dibelah jadi 4
  6. lada / pedes 6 butir
  7. bawang daun
  8. nasi 2 sinduk / centong
  9. telor 1 butir
  10. minyak 2 sendok makan
  11. garam
  12. kecap 1.5 sendok makan
  13. penyedap rasa
  14. sayuran
  15. daun jeruk kalo punya

pertama yang harus dilakukan :

  1. nyalain kompornya, cek gasnya atau kayu bakarnya. jangan maen nyiapin bahanya ampe udah dikuliti tapi buat masaknya gak menunjang, mau masak pake apa? periksa juga kompor gasnya, sumbu kompornya, tungkunya bisa buat masak gak?
  2. ulek bawang merah, putih,ketumbar, cabe, cengek, lada, hingga lembut
  3. masukin minyak ke wajan dengan api kecil
  4. masukin bumbu yang telah di ulek tadi. masak hingga terlihat matang. bumbu ini jangan kebanyakan, lebih baik kekurangan karena nanti nasi gorengnya tidak akan enak karena terlalu banyak bumbu yang bikin eneg.
  5. masukin telur, urak-arik sediki kasih garam sedikit.
  6. masukin sayuran, bisa buncis, wortel, sawi putih, sawi hijau, brokoli, atau apapun yang bisa di masukin. sayuran iris tipis-tipis aja biar matengnya cepat, apabila sayuran itu manis jangan terlalu banyak menggunakan kecap yang ada nasi gorengnya jadi kembang gula.
  7. masukin nasi tumpuk dulu diatas sayuran biar si sayuran masak. aduk hingga merata
  8. kasih garam, penyedap rasa, dan garam satu comot aja. aduk hingga merata lagi.
  9. siapkan wadah, rantang, misting, tuperware atau apapun itu dan masukan, biarkan panas hilang sebentar dan tutup

nasi goreng bisa dibawa ke tempat beraktifitas atau di makan dirumah, kalo saya mending dibawa ke tempat belajar biar berbagi dengan yang lain dan biar pada mencicipi agar dapat pujian hehehehehehhe

kalo banyak yangbilang enak bisa dijadikan usaha kan?

kalo nasi yang digunakan adalah nasi semalam atau kemarin jangan ditunda hingga jam 9 pagi, segeralah dimakan. tapi kalo nasinya emang bagus tak apa hingga siang asalkan wadah nasi gorengnya tidak terlalu kedap ada udara yang masuk.

untuk mengurangi biaya makan sehari-hari istilahnya mengirit uang jajan, dengan cara ginian nih. lumayan kalo beli makan di warung kan mahal hampir 1 dollar perhari lebih baik ditabung buat jalan-jalan lagi.

silahkan dicoba!

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s