dosen atau motivator. pendidik bukan pengajar?

entah ini saya saja yang mengalami atau karena semangat saya untuk belajar sedang tinggi-tingginya, but whatever all about that. saya pikir kuliah sekarng mesti memberikan progres yang berarti kepada saya, tak cukup dengan mengikuti ujian dan dapat nilai bagus dari hasil bukan real kerjaan saya tapi lebih kepada pengaktualisasian yang ingin banget saya lakukan.

beberapa mata kuliah memnag kurang saya minati dan ogah-ogahan dalam mengamatinya. namun ada beberpa mata kuliah yang saya sukai, kebanyakan dari mata kuliah itu adalah mata kuliah yang cuma ada satu kali dalam tiap semester jadi tidak prasarat untuk kelanjutanya, namun ada juga kok yang saya sukai dari kuliah prasarat asalkan si dosen itu membagi bumbu-bumbu kisah yang menarik dan membuat hati saya tergugah.

di hari selasa yang mendung dan cerah ini kami akan kuliah enterprenership, ini kuliah pertama di hari selasa. setelah kerjaan beres (menjemur kerupuk) saya berangkat kuliah, tak seperti biasa saya tak membawa air dan bekal makanan ke kampus.

seperti biasa saya duduk dan berinteraksi dengan yang lain, agak sedikit berubah kali ini tak seperti kemarin kami begitu ramai ketika di kelas, saya memutarkan video lucu berjudul merek, karena semua liriknya berisi merek-merek barang yang cukup dikenal di telinga kita dengan backsound lagu kosidahan.

“belum datang ya bapaknya?” kami heran biasanya beliau datang ontime, atau telat beberpa menit, kami selalu datang lebih awal, makanya di kelas kami yang sedikit mahasiswanya dosen selalu memperhatikan siapa yang rajin. meski senior banya yang mengatakan dosenya selalu memberlakukan peraturan agar tidak terlambat. tapi ke angkatan kami tidak tuh, malah kami enjoy saja belajar denganya. dan kami memang terbiasa datang pagi.

dosen yang biasanya mengajari kami berkata bahwa setelah ujian tengah semester, akan digantikan oleh dosen satunya lagi, kami sudah tahu bahwa dosen satunya adalah kepala dinas koprasi dan UKM di kabupaten karawang saat kami memberikan surat permohonan data UKM di karawang ke kantor dinansnya dan nama yang menandatangani data sama dengan nama yang tertera di absen mata kuliah enterprener, tak disangka pagi ini kami belajar denganya.

dia muncul dengan optimis, memakai baju seragam pegawai negrinya dan terlihat positif sekali, perkenalan dimualai, dia menceritakan semua alur kehidupan dia atau biograpinya yang membuat pagi itu memberikan aura yang memotivasi sekali.

cerita berlanjut semakin seru, saya tak menyangka dosen dihadapan saya seperti seorang motivator, bahkan mengalahkan bintang tamu dari acara seminar kewiarausahaan yang kami adakan bulan lalu, sosok yang baik, sederhana, gaul dan berpengalaman sangat banyak pantaslah membuat saya terus serius mengikuti setiap gerakanya.

penjelasanyapun sangat baik sekali dan benar-benar super entah kami kedatangan mukjijat apa pagi tadi hingga mendapatkan power semangat yang selalu membuat saya merinding bulu kuduk. “begitu bos” panggilan kepada mahasiswanya.

banyak orang hebat yang saya temui dan saya lihat belakangan ini , dan bapak ini salah satunya, saya sampai berpikir ingin mengobrol denganya dan kalo saya hidup di jaman majapahit mungkin saya inging berguru kepadanya dan mengabdi. entahlah dia mampu membangun dan mengantarkan komunikasi dengan baik meski suaranya tak begitu bagus dan ucapanya tidak setegas pemimpin upacara tapi kami terdiam karena merasa ini menarik untuk didengarkan.

tidak hanya menjadi dosen dan semua apa yang sekarang dia jabati, raih dan tekuni.tapi bayak usaha yang dia kembangkan juga. Tuhan sedang memberitahukan kami bahwa ada hal yang terdekat yang hebat dan sedang mengajari kami. kepribadian yang sederhana dan keterbuakaanya bikin saya salut.

sebagai dosen enterprener tentulah harus memiliki pengalaman usaha dan jika perlu daftar usaha mungkin dia salah satu orang yang banyak usahanya. saya jadi malu sendiri.

saya menykai mata kuliah yang sekiranya memang sedang saya inginkan dan memang kadang mata kuliah ini seperti banyak hal ada pada diri saya namun saya belum menemukan apa kunci yang akan membawa saya seperti mereka. seperti zodiak khusus buat saya, dalam materi-materi kuliah banyak sekali yang nyambung dengan diri saya, tapi itu menurut saya entah apa menurut orang lain.

kuliah berlanjut dengan materi yang singkar tapi informatif, sugesti yang diberikan di awal telah menghipnotis saya untuk semakin serius menanggapi pelajaran hari itu. semua benar-banar ilmu yang tak bikin jenuh.

dosen sebelumnya pun menyenangkan, baik sekali kepada kami saya senang ketika ada kuis-kuis yang mengungkap kepribadian dan potensi diri mahasiswa dan wuiiihhhhh slalu saya tunggu.

ada lagi mata kuliah yang saya ingin kembangkan dan pelajari lebih dalam yaitu studi kelayakan bisnis entah mengapa ini mengusik batin saya, dosen saya kali ini kadang bikin males, pengen tidur dan banyak mahasiswa yang acuh saja, namun karena satu penjelasan dengan aspek pemasaran pada sebuah hotel di bandung yang dia contohkan saya makin tergiur dan sok ngerti sendiri melongo memperhatikan setiap ucapanya. saya malah di ledek sok iye kala itu.

saat itu saya telah melakukan perjalanan dan si dosen ini memberikan materi itu, saya makin semangat karena saya melihat dan dapat menerima apa pemikiran beliau apalagi mengenai perhotelan yang selam saya berpetualang banyak menggunakan jasa penginapan murah, jadi seru juga.

pada dasarnya semua pelajarna itu menyenangkan namun tak semua dapat masuk ke otak dan tumplek secara bersamaan, begitu juga dengan interesting manusia beda-beda, saya lebih menyukai ilmu manajemen dilakukan pada pembelajaran langusng ketika berpetualang mandiri dimana dimulai dari merencanakan, menginginkan, mengimplemtasikan, mengevaluasi, mengatur keuangan, mengatur waktu, belajar bahasa, mandiri, analisis lingkungan, studi banding, banyak banget dan itu semakin lama semakin nyambung dengan ilmu manajemen bahkan ilmu lainya termasuk agama. seru dehk

terima kasih atas motivasi dan ilmu yang telah kalian bagikan kepada saya, ini adalah jodoh dari ALLAH untuk kita bertemu dan berbagi ilmu. semoga belajar di hari mendatang semakin memberi banyak berkah dan mimpi-mimpi kita tercapaci.

jadi enterprener yang visioner, terbuka dan sederhana.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

