sekilas transportasi di Vietnam

aduh mau gimana ya bahasnya? salah satu pengalaman yang luar bisa datang ke negara ini dua kali, awal pengalamanku ke 3 kota di utara yaitu Hanoi, Hue dan Da nang. hampir semua pindah-pindah kota menggunakan kereta. ternyata harga tiket kereta itu sangat mahal sekali. bayangkan tiket Hanoi – Hue saja sekitar 464.000 Dong = Rp. 213.440 untuk soft seat. sepertinya pemerintah vietnam melarang penjualan tiket murah kepada turis yang berkunjung ke negara ini. memang menggunakan kereta di vietnam sangatlah nyaman.

di statsiun orang-orang tidak boleh seenaknya keluar masuk ke area dekat rel kereta. ada petugas yangselalu menjaga pintu, dan hanya dibukakan saat benar-benar kereta siap berangkat. mereka juga mengecheck tiket yang kita miliki, jadi hanya yang sesuai saja yang boleh masuk. kereta terlihat biasa saja, namun saat masuk ke dalam jauh berbeda sekali. ruangan bersih, dan kursi yang nyaman.

di dalam kereta ada televisi yang selalu menyiarkan chanel yang dimiliki perusahaan kereta api. entah bagaiman keadaan di gerbong tipe hard seat, tapi pernah melihat sesaat sepertinya tidak terlalu bagus. petugas juga ketat sekali, mereka sekaligus menjual makanan. seperti di dalam pesawat mereka membawa roda berisi makanan, baik itu makanan siap saji atau meals.

airline, banyak pesawat zaman sekarang dengan beragam brand. saya mah cukup menggunakan alat ini untuk mengantarkan pulang pergi ke negara sendiri saja, namun yang paling dominan diiklankan adalah vietnam airline, saya sempet mikir “pasti ibu cewek yang selalu mejeng menjadi ikon vietnam airline bangga banget” gimana kaga orang di tiap travel agent selalu nangkring kaya patung, cantik, tersenyum, tangan yang menghormati. asik ya jadi dia.

tuh cewek yang pake baju merah itu cuma pajangan doang. tapi dia selalu ada di seluruh belahan vietnam.

naik ojek ke bandara, why not?

da nang airport

nih tempat nunggu busnya untuk ke Hoi An

berada di jalan pham ngu lau Ho Chi Minh City, yaitu jalan yang sangat terkenal di dekat Ben Than Market ini merupakan salah satu agen bus yang melayani beberapa tujuan. bus ini bagus dalam pelayananya, bahkan di beberapa kota dia memiliki terminal sendiri. harganya lebih murah dari pada kereta ternyata, namun tetap saja ada dua harga yang tertera di kertas. entah apa alasanya mengapa terdapat dua harga.

kedua harga yang tertera itu membuat saya bingung, saya menginginkan harga yang murah, tapi mereka bilang tidak bisa dan memberi harga yang agak mahal.

saya gunakan bus ini dari saigon ke Da Lat city, dan ketika di dalat pagi hari tiba seperti ini nih terminalnya,

di terminal ini bagus banget, ada wifi dan ruang tunggu, jadi yang gak mau nginap di Da Lat mungkin bisa nginap disini, nih ruangtunggunya.

 

nih terminal di Da lat City, yang punya phoung trang itu.

selain phoung trang (Futa) ini masih ada beberapa terminal yang masing-masingdimiliki oleh agen bus terkenal. khusus futa ini merka menyediakan banyak jasa tidak hanya jasa angkutan bus saja. ada restauran, taxi, minivan dll

ini tiket ke Nath trang.

ini selalu dikasih oleh mereka, jadi kalo turun dari bus, liat aja dimasing-masing belakang jok ada air yang gak diminum gak? kalau ada ya ambil kan lumayan buat minum nanti.

sampai di Nath trang terminal yang tidak begitu bagus, dan terminal selalu jauh dari pusat turistik/. baik di Da lat atau di Nath Trang pasti selalu jauh ke pusat turistik. perhatikan peta dan ambil ojek. coba tawar $1.

salah satu agen bus di Na trang yang bagus juga. inilumayan deket dari turistik area.

salah astu terminal yang harganya lumayan miring, namun pergi bareng orang-orang lokal dan sulit berkomunikasi dengan penjual tiket.

salah satu bus sleeper yang saya gunakan ketika balik lagi ke hocimin

terminal hocimin city

saigon bus ada dimana-mana di kota Ho Chi minh, menjadi alternatif paling murah dibandingkan transportasi lainya. banyak rute yang bisa dicapai oleh bus ini, jadi menghabiskan waktu berkeliling dengan bus ini tidak ada salahnya.

ini juga adalah saigon bus yang bagus banget. murah dan bersih. tidak ada english words here. jadi semuanya bahasa vietnam. maklum mungkin ini dikhusukan untuk orang lokal.

nanti sambung lagi ya?

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s