2 kota populer dan asik di kamboja

ada yang bilang menyeramkan jalan-jalan ke kamboja itu, jadinya paranoid. memang kalau malam hari terkesan agak menyeramkan di beberapa area namun pada siang hari aman saja tuh. dua kota yang sangat populer di kamboja yaitu Phnom phen dan Siem Riep menjadi kota-kota pilihan saya di negara ini.

menuju kamboja tidak sulit, betapa bagusnya manajemen travel agen yang banyak memberikan pilihan pelayanan kepada para turis. apalagi kamboja yang sekarang-sekarang ini sudah terlihat perkembanganya. dari Ho Chi Minh Vietnam kita bisa mengambil bus ke perbatasan atau tujuan langsung ke Phnom phen dan travel agent. tiket bus bisa diperoleh dari travel agent yang banyak tersebar di Pham Ngu Lau street, turistik area di distrik satu Ho Chi Minh. ada beberapa pilihan, pagi hari dan tengah malam. harga tiket bervariasi tergantung pada pilihan travel agent yang anda pilih.

berbatasan dengan laos di utara anda bisa mengambil bus ke pakse laos atau kota lainya. bus dari kamboja untuk ke laos pun ada beberapa.

salah satunya agen bus yang satu ini, jika diperbesar bisa dilihat beberapa tujuan yang dilayani oleh bus ini. bisa langsung membeli di dekat central market phnom Phen yang gedung pasarnya seperti ini nih.

pasarnya bagus sekali, masuk kedalam serasa bukan masuk pasar, banyak pernjual beraneka ragam, termasuk beberapa cindera mata yang mungkin harganya jauh lebih murah dari pada di pasar malam dadakan.

pengianpan di kota ini dimulai dari $4.5 ada velkomen backpacker dan nomad house yang cukup terkenal murahnya.

kalau mau mencoba berpindah kota dengan menggunakan kereta, nih statsiun kereta di phnom phen. deket kok dari pusat turistik.

salah satu transportasi yang unik dalam kota.

bendera Indonesia berdiri di depan salah satu hotel yang cukup bagus dan besar. bersama bendera negara ASEAN lainya.

nih plat nomer kamboja

slow down kalo mau info lainya bray.beli ice kaya gini cuma rugi doang, icenya aja seabreg-abreg.

toul sleng musium phnom phen, bayar kesini bayar $2 bray. agak serem tapi rekomended banget dehkkk

royal palace and silver pagoda, belum masuk sini hehehe

ada beberapa masjid, bahkan seeblum masuk ke central banyak banget, pinggir jalan lagi. nih salah satunya.

wanita yang tertangkap menggunakan kerudung.

makanan halal tuh restoranya, tapi agak jauh dari pusat kota.

nah ini pemilik restoran Warung Bali yang ada di central Phnom phen, warungnya berada dekat royal palace, harga tidak terlalu mahal dan tidak juga terlalu murah, banyak menu masakan indonesia, dia juga orang karawang, sama kaya ane. cuma bedanya ane tidak berojol di sana bray.

nih salah satu makanan yang aye makan, sop buntut bray. dijamin halal

kalo mau makan ala kfc, kaya gini nih gambaranya bray, makananya $1.75 dan minumanya $1. mantap kan?

nih dia masjid yang ada di phnom phen. agak jauh yang ini deket russian market lah.

ke siem riep yuk!!

nah gue nginep disini bray, harga untuk dormnya adalah  $2. kalo untuk kamar yang lain seih lebih mahal (sama saja harganya dengan harga yang lain), selain itu di siem riep ini ada penginapan lebih murah $$1 doangan yaitu di green village, kedua tempat ini berada dekat dengan old market, jadi kalo  kalian turun di terminal yang lumayan jauh, tinggal naik tuk-tuk seharga $2 saja dan bilang nama penginapan yang dimaksud. gue milih di tempat ini karena tidak begitu terkenal dengan tempat yang satu dollar. denger-denger dari teman yang nginap disana, tempatnya tidak terlalu bagus. tapi dekat dengan masjid, soalnya pas saya kesana gangnya memang searah dengan masjid bray.

kalo pagi hari para bule yang mau pergi ke thailand dengan menggunakan bus pasti ngumpul disini, kamar dormnya berada di lantai atas dan kadang bergabung dengan orang-orang lokal yang kerja sebagai tukang tuk-tuk atau anak muda yang masih kerabat di empunya penginapan, maklumlah murah meriah, dan tidak banyak yang nginap, beda dengan GV yang pasti ramai bule banget karena sudah saking terkenalnya.

kaya gini nih tempat tidurnya

di atap lantai 5 atau 6 kaliya, banyak nyamuk jadi pakai kelambu, tapi semalamn tidurr disini mantap banget karena kasurnya aja tebel-tebel.

nahk kalo mau makan halal, tinggal ke deket mesjid aja sob, banyak banget penjual makanan muslim disana, dari mulai jajanan jalanan sampai restaurant. nihk kaya gini nih.

nasi goreng ini harganya $2.5 tanpa aer ya, saya beli nasgornya aja.

atau kaya begini nih

nah pada hari pertama saya datang, saya tidak tahu ada penginapan murah, makanya saya menginap yang agak jauh dari old market, karena jarak terminal juga jauh ke pusat turistik.

nah penginapanan ini deket dengan pasar traditional di siem riep, penginapan ini seperti rumah sendiri.bener-bener mengutamakan pelayanan, si empunya tidak ingin penginapanya terlalu ramai oleh kebisingan dan kegiatan para bule yang suka minum, pokonya dia pengen yang bener-bener calm agar para pengunjung nyaman. paling murah adalah $5 kalo mau include breakfast ya $7. kaya gini nih breakfastnya

roti perancis yang liat dan omeletegede. juga buah yang banyak hahahha

kalo mau vegetarian juga ada di situ, nih kaya gini nih..

nah ini masjid yang ada di siem riep nih bary. banyak warga muslim asli kamboja kalo disini.

nih banyak kan, ini bukan salat jum’at loh, tapi setiap salat apapun banyak banget yang ke mesjid. namun kadang lantainya agak berdebu karena lingkunganya kaya gini nih bray.

nah kalo lurus 400m ada pengianpan $1 itu bray.

nih salah satu rumah makan hallal. menunya yang tadi itu, nasgor.

siapa sih yang gak tahu angkor wat, (temen gue banyak yang gak tahu) ini dia yang menjadi andalan kamboja nih. masuk kesini tidak gratis loh, bayangin sehari kunjungan saja bayarnya $20. mantap kan, tapi setelah keliling tidak ada yang patut disesali. hanya saja gue bisa masuk gratis sebenernya karena gue dibilang orang kamboja mulu dan si petugas tukang cek, gak pernah cek-cek tiket gue, kecuali mereka engeh kalo gue selalu nunjukin karena gak mau di anggap biasa aja di negri orang.

nih nanti pas beli tiketnya kita di foto gitu. lumayan seru kan”?

banyak dehk candi-candi yang ada di angkor site ini. kalo maubisa pergi bareng orang lokal yangbisa nerangin sejarahnya. lumayan lah mereka mau ngater pake ojek dan jelasin pula.

ini dia nih salah satu candi pavorite saya yang beda dari candi kebanyakan, dan menurutku pesonanya menglahkan ankor wat.

nah kalo mau sewa sepeda, banyak banget di deket penginapan. kalo yang biasa itu harganya $1, yang rada lumayan $2-3, yang bagusan dan mantap $5-7 seharian full. ada yang dikasih air minum dan map, ada juga yang cuma dikasih map.

nah kalo malam hari bisa ke night market untuk liat-liat atau belanja

nah kalo lapar tinggal beli padthainya siem riep seharga $1

nah kalo gak mau makan ini, banyak ko minimarket 24 jam yang menjual makanan, apalagi noodle. pasti itu kegiatan yang tak terlupakan. masak mi di minimarket.

kalo mau beli baju pastikan dapat dengan harga $1.5 ye yang standar, yang bagusan dikit ya tawar aja.

nah kalo mau pindah kota banyak banget bus yang melayani ke berbgai rute. teliti aja dalam memilih jenis transportasi mana. kalo ragu tanya ke petugas di penginapan. okeh kalo ada info yang belum akurat mohon maaf ya karena nulisnya agak males-malesan. kalo mau nanya dimana silahkan di komen, saya kalo ditanya lebih semangat, foto map saya akan fotokan kalo diminta.

 

pokonya dua kota ini top markotop banget dah. enak suasananya.

 

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s