hari pertama di Nhat Trang City, Vietnam

Menuju natrang pada jam 10 pagi, seperti biasa diberi air minum dan tisu basah. Jalanab yang akan dilewati rupanya berliku dan naik turun gynung, benar memang setelah beberapa saat di bus membuat kepala saya puyeng, di kursi sebelah ada seorang bapa-bapa uang selali gelisah setiap bus mendapati tikungan menukik, bwgitupun saya  rasanya mau muntah. Oh iya apabila membutuhkan pelastik buat muntah tinggal minta saja ke petugas dalam mobil, biasanya di awal-awal selalu dibagikan namun hanya kepada yang memintanya saja ia beri. Dan kettika saya minta dikasih 7buah kantung kresek item, banyak banget.
Lalu acara movie ditayangkan di awal acara mirip jacky chan, mungkin itu jacky chanya vietnam, bagua juga sih filmnya, karena macet filmnya diganti, masih film action dan kali ini di dubbing lagi, sepertti biasa, dubernya satu doang.
Tidur ahk puyeng, dan jalan ke nath trang itu melewati gunung, tidak hanya di pusat kota yang begitu ramai, di luar kota da lat juga sangat ramai tetapi oleh orang lokal saja, ada musium dan tempat bermain di sana.
Semaki memasuki desa semakin banyak lahan perkwbunan disini bahkan sampai ke bukit-bukit, saya kagum dengan aneka macam pertanian.
Beberapa menit saya tidur hingga terbangun dan melihat keindahan gunung di pinggiran jalan, ini seperti menikmati alam dari luang prabang ke van vieng laos namun jika kesana penuh dengan debu lain halnya dengan di vietnam ini, wuih bening dan beraih sekali. Bener-bener bikin takjub, ya meski puyeng tapi tak asik kalo melewati ini semua, awan sangat cerah sekali dan tebing tinggi dengan batu menghiasi di pinggir jalan dan di sampingnya ada lembah indah, banyak bukit menjulang.
Bus berhenti untuk istirahat, tak enak kalo di dalam bus, melihat orang-orang makan dan sibuk di toko maupun toilet. Tidak ada aktifitas berarti yang saya lakukan.
Bus tiba sekitar jam dua lebih. Banyak tukang ojek yang menawari, melihat peta dan memahami peta. Rupanya jarak ke penginapan atau pusat turistik lumayan jauh sekali, menyisiri pinggiran jalan dekat pantai yang air lautnya berwarna biru berkilauan di sepanjang pantai.
saya menemukan backpacker house namun saat itu hampir full dan saya dipersilahkan untuk menunggu karena mungkin saja akan ada yang mencancel, saya sempat bertanya ke son and doughter guest house disana juga full dan tidak saya tanyakan berapa tarif menginap dorm permalamnya.
Tapi akhirnya saya mendapatkan kamar di backpacker house dan membayar sebesar $7. Fasilitasnya free wifi, mix dorm 20 orang, free breakfast, dan internet.
Saya mendapatkan no. 25, namun saya takenemukan dimana kamar tersebut, sudah bulak balik ke dorm 1 dan 2. Ternyata kasur saya berada di dalam dorm 2 dan ada pintu masuk deket toilet lalu setelah dibuka ada dua ranjang tingkat dari no. 25 sampai 28.
Hanya ada tas besar di dalam dan saya istirahat sejenak dan pergi berjalab sekitaran pantai. Banyak warga lokal yanh bermain di pantai, memang oantainya bersih, ada tamanya dan area untuk pejalan kaki, aneka permaiana. Fan kegiatan pantai bisa dilakukan di sini. Tifak hanya wisatawan yang berjemur malah jaub lebih banyak orang vietnamnya yang menikmati pantai.
Cukup jauh sekali saya berjalan karena nyaman, menyusuri pantai diteduhi oleh tanaman dan pohon di sisi pantai, keren sekali. Di laut terlihat banyak pegunungan dan pulau-pulau yang sebagian dijadikan tempat wisata yang bagus. Suasananya sangat bersih, matahari sangat bagus dan enjoy.
Setelah masuk ke dorm saya diam sebentar sudah ada dua orang teman yang akan mandi, kami pun bersapa dan saling berkenalan. Mereka pun cabut keluar, tak lama kemudian saya mandi padahal itu sudah malam dan saya tak berniat mandi namun akhirnya saya mandi juga.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.