iba di negara orang

Perasaan banyak orang mengeluh dengan aksi orang-orang lokal yang kurang menyanangkan atau membuat iba, seperri banyaknya anak-anak peminta di negara miskin, penjual dagangan yang terbilang maksa dan sebagainya.

Ada pengalaman yang kurang menyenangkan, memang bukan langsung kepada saya tapi sejauh ini saya tidak mengalami hal yang banyak orang alami, hanya ketika di mesjid jami’ah, di jalan Du, hochimin, vietnam.

Melihat para orang lokal yang menghabiskan waktu di mesjid udah sepuh yang selalu membuntuti pengunjung, lalu akhirnya karena iba, dikasih uang degh. (maaf).

Seperti pengalaman orang dengan penjual jagungnya di dekat royal palace, bangkok. Anak-anak yang berkeliaran di angkor wat minta-minta. Ditawarin tukang tuk-tuk ampe ditipu di ajak muter-muter ke berbagai tujuan, dll. Gak pernah tuh saya alamin.

Di mesjid jamiah pun gak ada yg minta, tapi orang/pengunjung yang udah dewasa dan tua pasti dibuntuti dan kemudian dikasih. Hari terakhir beberapa hari mesti bulak-balik ke mesjid, ada anak kecil yang mendekati dan terus apet setiap saya datang, terkadang menyindir dengan menunjukan uang, bersikap bodoh dan kesel karena sampai akhir gak saya kasih.

Ada seorang dosen yang menjadi travelmate say di hari keberapa gitu dia ibadah gak ngasih mulu, ada yang ampe kesel kali ya gak dikasih, dan akhirnya si dosen ngasih setelah kami menukarkan uang. Di pasar malam ben than market pun kepada orang dewasa anak anak gencar nawarin dan ke wajah melayu tukang dagangnya paling ramah nawarin mulu (abang-abang liat sini abang)

Semoga pas nanti gue keliatan tua, tidak ada yang tuwar tawar, tipu nipu, minta minta dan segalanya.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

