tawuran / Backpacking to ABROAD

aduh miris aja liat anak-anak masih SMP, SMA atau SMK pada tauran. belum lagi yang tauran antar desa, antar sodara, komunitas dan lainya.

padahal masih muda udah saling bunuh, sudah gitu mereka berasal dari sekolah yang cukup terkenal dan bagus. belum lagi sekolah-sekolah yang biasa saja.

saya adalah lulusan SMK swasta di karawang, sekolah saya sudah terdengar sering tauran dan musuh sekolah saya selalu dikaitkan dengan nama sekolah tersebut. sebut saja nama sekolah saya MK pasti sudah terkenal bahwa MK musuhnya DK. si DK ini sangat memusuhi MK bahkan junior yang baru masuk atau belum sudah mendengar cerita yang beredar bahwa dulunya ada perselisihan di kedua sekolah ini.

masing-masing sekolah itu memiliki teman sekawan. contoh si MK temanya sekolah SKK, HII, dll. dan si DK besereta sekolah lain. ya kalau salah satu dari mereka saling bertemu ya mereka berantem dan sekolah-sekolah lain yang saling membantu juga menjadi sasaran salah satunya.

saya selalu menghindari kegiatan seperti ini, memang arah pulang pasti melewati sekolah musuh bubuyutan, sehingga kadang saya naik dan dilempari batu dan reaksi amukan anak muda yang seperti SETAN. waktu itu saya menggunakan mobil tiga perempat dan naik bersama gerombolan teman satu sekolah. di kejauhan tim musuh juga sudah bubar dan nongkrong di pinggir jalan. ketika mereka menyadari kami lewat melalui seragam yang kami pakai, wah seperti ikan dikasih pelet langsung semangat dan menggebu-gebu.

gila bagaimana keadaan dalam bus kalau terjadi hal yang seperti ini, bener-bener menegangkan. bisa-bisa luka akibat hantaman batu yang dilempar atau malah keadaan yang lebih parah lagi. ada beberapa titik yang selalu menjadi tempat dimana kami akan dilempari. begitupun dengan musuh yang melewati sekolah kami pasti akan dilempari juga, dan memang mereka suka sengaja mengolok-olok terlebih dahulu,

penumpang yang berbaur dengan kami suka histeris dan ketakutan, karena lemparan batu dan benda-benda keras lainya ke mobil. si supir kadang menghentikan busnya atau berlari sekencangnya. kadang si supir kesal karena ulah kami dan memberhentikan tapi anak-anak memintanya dengan nada ngotot untuk meneruskan mobil.

maka dari itu saya sering pulang terakhir setelah teman pada pulang, biasanya saya bareng sahabat dan teman kelas lainya.

memang saya selalu diberikan teman yang pada baik dan satu kesamaan, setidaknya mereka lebih suka ke main mengunjungi rumah temen lain, tidak merokok dan suka ketawa. aneh memang kami sekolah di SMK tapi saya dikumpulkan dengan teman-teman baik dan mereka saling mengimbangi satu sama lain. hahaha
kadang saya mengajak teman maen ke rumah dan bikin nasi liwet, kebanyakan makan dirumah saya sih karena bebas dan saya bisa masak apapun. kami patuangan uang dan membeli bahan-bahan dan saya yang cape mesti masak dan bersih-bersih karena kadang dibantupun tidak terlalu membantu banyak. begitupun sampai sekarng kuliah, kami disaring dan menjadi satu kelas secara alami dan itu akrabbanget. udah gitu baik-baik lagi orangnya. suka ketawa, makan dan tidak ada anak cowok yang merokok. tapi semenjak kuliah masak nasi liwet nggak lagi, paling kami semangat kalau ngurusin organisasi dan berkumpul. kata mereka saya itu lucu dan bisa membuat orang lain tertawa terpingkal-pingkal.

nasi liwet, sambal, goreng tempe, panggang ayam, dll nikmat banget.

tapi ada yang lebih baik ternyata sekrang dari pada stres mikirin masalah negara yang terekspose berlebihan di negara ini yaitu backpacking.

yaitu bermimpi ke luar negri, menabung uang, merencanakan perjalanan, dan merealisasiknya.

mengapa luar negri, karena kalian akan lebih banyak belajar dari pada hanya menikmati tempat wisatanya. saya yakin di dalam negri anda malah akan banyak merusak karena merasa di rumah sendiri, apalagi banyak komunitas yang sering turing tanpa beraarti sama sekali.

sendirian saja agar anda merasakan nikmatnya kesepian dan bertahan di negara orang. ayooo jangan cuma jadi manusia tidak berprestasi dan mebuat buruk nilai sekolah dan negara, ayo perbaharui dirimu dengan liat dunia luar. tapi jangan untuk pindah dugem ya, ngedrunk atau mencari pergaulan buruk tingkat international ya. hahahah malah lebih gawat.

pilihlah jalan baik. hidup cuma beberapa tahun, akhirat akan abadi selamanya. jangan membunuh orang, membawa budaya buruk dan membentuk moral buruk. ayooo be growing up.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

