ngobrol seru

Berhubung banyak member baru Backpacker Dunia(BD) akhir-akhir ini mengaku masih mahasiswa dan belum pernah ke luar negeri, lalu muncul ketakutan-ketakutan yang tidak perlu untuk memulai perjalanannya, bagaimana jika teman-teman yang masih siswa SMA/mahasiswa mensharingkan pengalaman/foto narsisnya terkait pengalaman pertamanya ke luar negeri: kapan perginya? dengan siapa? kemana saja? berapa lama? berapa biayanya? darimana uang/duitnya? apa kendalanya? Semoga sharing teman-teman nanti bisa “memprovokasi” / membuat teman-teman BD menjadi berani melangkahkah kaki ke luar Indonesia.Saya selalu “memprovokasi” mahasiswa untuk mulai jalan keliling Asia Tenggara bukan untuk berhura-hura atau buang-buang devisa… hmm ya, aktivitas backpacking/ke luar negeri sekilas memang sering dicap sebagai aktivitas hedonis (mencari kesenangan semata), namun visi saya memprovokasi teman-teman muda adalah untuk mengajak teman-teman melihat “dunia luar”, mengecap pengalaman, belajar mandiri, belajar survival di negeri orang–yang bisa jadi hurufnya keriting, melatih ketangguhan, tahan banting, tidak manja dan tidak bingungan.

Yang paling penting, tanpa sadar anda telah melakukan studi banding dengan biaya sendiri, dan pulang-pulang semakin kritis: kenapa Spore, Malaysia, Thailand, Cambodia, Laos, Vietnam bisa begini, bisa begitu? Kenapa Indonesia kok tidak bisa? Pemikiran kritis ini modal dasar teman-teman yang masih berusia 15-30 tahun untuk membangun Indonesia ke depan. Semoga Indonesia menjadi lebih baik lewat karya-karya teman-teman nanti ๐Ÿ™‚

Like ยท ยท Unfollow post ยท 24 November at 21:14
  • Marl Pengelana SETUJU banget paragrap ke-2 dan ke-3..
  • Syahrial Saputra setuju sekali, saya juga sebagai mahasiswa sering ngajak teman teman buat punya kemauan untuk melangkahkan kakinya :)
  • Irwan Hi Nah ada PR buat Arip Hidayat & Vincentius Yogi .. Kalo ada nubie pelajar / mahasiswa nanya2 rinci, tolong dibantu jawab “inbox saya saja semua pertanyaannya” hehe.. :)
    24 November at 21:37 ยท Edited ยท Unlike ยท 1
  • Arip Hidayat susah ngajak mahasiswa itu, mending mereka suka berdasarkan inisiatif sendiri, lebih mau mencari tahu. kalo diojok-ojok nyuruh melakukan seperti yang kita lakukan, malah beda pemikiran.
    tapi kalo di ojok2 mba E mah pasti mereka beda pemikiran (makin semangat ingin abroad)
    24 November at 21:48 ยท Edited ยท Like ยท 2
  • Febrynand Putra iya bgt nih, saya belum pernah ke LN, please provoke me…
  • Thofan Meninao Good speech mbak! Suka!! Aku padamu mbak elok!
    Ayoooo semangat angkat backpackmu, mulai yg termurah dan termudah..modal utama traveling itu waktu yg fleksibel dan niat yg kuat!
    Semangaaaat!!!
    *hunting tiket ke budapest!
  • Arip Hidayat hahaha. febrynan dari ketemu kita di gatehering belum juga? hehehehe, ayolah feb nikmati keseruan itu…
    I just wanna said to my friends, you wasted your money like me, I wasted money more of $100, the money I saved as long one semster, what different than you? you wasted everyday and didnt get anything. and now you said I am rich couse I wasted much money, actually you can. but we are diferent mind. I thinked for how to wasted my money. and the way is Backpacking to abroad. hahahahaha
    24 November at 21:47 ยท Edited ยท Unlike ยท 13
  • Marl Pengelana Asyik nih membaca bahasanya Mas Arip Hidayat… :)).. Sing penting pede ngegembell ya Mas…
  • Krisna Diantha yang penting jalan aja :-) ….
  • Febrynand Putra Hahaha… iya nih Arip, jahat kau tidak tularkan.
  • Febrynand Putra kalau ada palan trip ajak2 lah…
  • Arip Hidayat ya I was hurt when I listened my friends said “si Arip mah ke luar negri ge ngegembel” ya memang terkesan demikian kalo ngegembel omongan orang petualang bedalah dengan omongan yang bukan petualang, sedikit nyelekit disebut menggembel, kalo ama petualang asoy geboyyy., itu karena orang-orang terlalu menjudge berlebihan dan sedikit sirik. untuk saya pendengar yang baik, jadi asoy banyak masukan, temen-temenku malah mengejek dan saya ngomong luar negri terus malah terkesan sok gimna gitu.. what the impact? maybe you have known what the impact after backpacking, addicted and wise.. hahahahahahaha Febrynand Putra nanti nunggu gue lagi pilek, yang ada malah ketularan pileknya.
    24 November at 21:56 ยท Edited ยท Like ยท 5
  • Marl Pengelana Salam ngegembel Mas Arip Hidayat..!! Mau apa kata org kita ngomong apa sing penting pede.. walo mencong2 sana sini… kwkwkw…
  • Febrynand Putra bukan pileknya, Rippp
  • Arip Hidayat 555555, honestly I am lucky here.
  • Ivan N. Patmadiwiria Mulailah untuk pergi mandiri di Indonesia. Lanjutkan ke Malaysia atau Singapura. Selanjutnya will be easy.
    24 November at 21:58 via mobile ยท Like ยท 1
  • Febrynand Putra Kalau keliling Indonesia Alhamdulillah udah sering (Jawa doing sih), include Karimunjawa, #BanggaBgt
  • Isna Zulfa pernah ke luar negeri karena ada program, jadi kepingin ngrasain ke luar negeri lagi, terutama ke negara2 tetangga….
    *lagi nabung buat ke Thailand n Vietnam…
  • Ivan N. Patmadiwiria Traveling is another way of learning. Open up one’s mind and understanding of others.
  • Arip Hidayat open the new world ya mas Ivan N. Patmadiwiria?
  • Febrynand Putra G mau tahu deh pokoknya, 2013 kuartal IV bismillah harus melangkah keluar Indonesia.

    Mohon doanya rekan2…
    24 November at 22:05 ยท Edited ยท Unlike ยท 4
  • Cahyo Suliestyo setuju! buat teman2 yg masih mahasiswa, manfaatkan waktu luang yg banyak utk traveling. kalau sudah kerja, waktu luangnya terbatas!!!
  • Arip Hidayat Febrynand Putra really first time to abroad was precious, enjoy for first traveling, wow I am missing.
  • Kuntarini Rahsilawati Setuju dgn Arip Hidayat Pengalaman pertama keluar negeri itu yg paling berkesan, padahal dulu ke negara paling dekat. Bener2 ngerasa unbelievable…dream comes true!
    24 November at 22:11 ยท Edited ยท Like ยท 1
  • Ivan N. Patmadiwiria Vietnam is nice country Isna Zulfa. I love the food.
    24 November at 22:13 via mobile ยท Like ยท 2
  • Arip Hidayat kalo bisa pengen ngulang dan pengen lama, biar makin gila lagi mba Kuntarini Rahsilawati
    asli pengalaman pertama itu kudu bener2 menakjubkan, berkesan banget.
    24 November at 22:15 ยท Edited ยท Like ยท 1
  • Febrynand Putra mmm, precious? Of course. Experiences in every difference places & times are always precious.
  • Ariest Sukamto saya pertama kali keluar negeri dan pertama kali naik pesawat ke Bangkok bulan april lalu, sendirian pula. saya juga blom pernah ke Airport soekarno Hatta sebelumnya. itu pertama kalinya juga saya menginjakan kaki di terminal 3 cengkareng.Saya tinggal di pekalongan, itu juga bukan di kotanya. tapi masuk desa yang msh bnrn pelosok. ngurus paspor juga sendiri. cari tahu cara check in juga lwt internet.Rasanya ga karuan waktu sendirian di airport. deg2an plus kaya orang ilang. begitu juga pas nginjek tangga mo naik pesawat rasanya kaya mo mimpi
  • Vincentius Yogi Fitra Firdaus Kunci mengajak / memprovokasi teman lain terutama yang masih berstatus baik pelajar, mahasiswa ataupun yang sudah bekerja menurut saya adalah kesabaran dan rendah hati. Terkadang memang kita merasakan “euforia” mendapatkan sesuatu hal yang baru berupa petualangan yang mungkin tidak semua orang pernah mengalaminya. Kita terlalu bersemangat bercerita dengan penuh ambisius dengan segala rupa hal yang kita ketahui dijalan ya mungkin malah dihadapan orang yang mendengarkan menjadi terlalu berlebihan. Bercerita sejawarnya sehingga tidak ada kesan kita baru berjalan mengunjungi beberapa negara tapi sudah merasa sebagai petualan sejati. Berbagi dengan sewajarnya dan rendah hati sehingga menumbuhkan simpati dan ketertarikan orang lain :)
  • Didi Aswadi Sepakat mbak elok.. Dengan travelling ke luar negeri akan semakin menumbuhkan kebanggaan, kecintaan dan nasionalisme terhadap I
    ndonesia.. Bahwa indonesia kaya alam dan kaya wisata.. Dan kita tidak kalah dengan negara di belahan dunia laen.. Dan kita patut bersyukur.. Tinggal pengelolaannya yang harus dicarikan solusinya :D
    24 November at 22:37 via mobile ยท Like ยท 2
  • Abee Dachlan Nothing more precious than travelling with nge-gembel style :D
    Belajar jadi manusia bersyukur dan rendah hati juga lho.
    Masih belajar nih backpacking dalam negri. LN soon :D
    24 November at 22:38 via mobile ยท Like ยท 2
  • Adilla Surjarini There is first time for everything!!
    24 November at 22:54 via mobile ยท Like ยท 1
  • Adilla Surjarini Ralat:

    “There is ALWAYS first time for everything..” :))
  • Kuntarini Rahsilawati Ralat lagi : “There is always BE THE first time for every thing…” :))
    hehe….
    *iseng banget yak gw..*
    24 November at 22:59 ยท Edited ยท Like ยท 2
  • Marl Pengelana Ada lagi yg lebih dasyat.
    There is a time for everything. Semua ada dan indah pada waktunya. Termasuk bagi yang ingin ke luar negeri.;)
  • Ariest Sukamto Selalu ada hal pertama kali untuk semuanya :p
  • Kuntarini Rahsilawati BTW dengan keluar negeri, jadi sadar juga bahwa yg jadi salah satu masalah di Indonesia juga masalah maintenance nya. Sering kali sebenernya infrastruktur kita ada, tp gak ada perawatan dan masyarakat jg gak mensyukuri dgn merawat, jadi rusak. Contohnya stasiun kereta api Manggarai. Bagus, tp rusak dan lusuh krn gak ada perawatan dan masyarakat jg gk menjaga sehingga melakukan banyak vandalisme disana-sini. Dengan jalan ke luar negeri, hal2 kecil yg luput dari aktivitas sehari-hari ini jadi mau tdk mau jadi keliatan dan bikin kt jadi sadar.
    24 November at 23:05 ยท Edited ยท Like ยท 2
  • Arip Hidayat nah mba kuntarini, ketika saya berkoar-koar masalah kecil begituan, orang-orang malah bilang saya tukang mengeluh, kenapa gak dipraktekan, dsb. padahal omongan saya gak bawa-bawa luar negri dan sangat sederhana. seperti kenapa iklan-iklan itu gak cukup di televisi saja, sampai pohon2 dipakuin buat nempelin iklan dan akhirnya kotor. dll.
  • Susanna Candra Faktor keamanan buat pelancong juga ngak diperhatikan.kemudian sering ditemukan warga kita yang menganut sistem dualisme-adanya perlakukan berbeda. kayaknya itu yang kadan menjadi hal yang menjatuhkan dunia pariwisata kita.
  • Kuntarini Rahsilawati Setuju banget Rip. Saya jg heran kenapa mesti maku pohon dan gk ada manajeman pemasangan billboard. Di Pemda entah siapa yg ngurus ini dan nyopot2in iklan kadaluarsa. Anyway pohon jg makhluk hidup dan dia jg merasakan sakit.
    24 November at 23:09 ยท Edited ยท Like ยท 1
  • ‘Ottow Jeffry Simanjuntak Jalan2 ke LN? Sekarang? Masih takut? Informasi di internet sangat melimpah ruah… ada Google ada Yahoo buat mencari informasi… tinggal usaha kita mau atau tidak mencari informasi tersebut… tidak lupa juga ada BD hehehe… banyak para ‘master’ disini… sensasinya sangat berbeda wisata ke LN (tanpa melupakan wisata DN loooh)… Pengalaman terakhir ke Chiang Mai tanpa memiliki itinerary yang jelas, 2 jam sebelum ke soetta browsing tanya mbah google beli tiket pesawat lanjutan, dapat informasi tiket kereta pulang, dapat informasi shuttle bus gratisan… tenaaaang deh liburanku… #dariseorangnewbie :D
  • Arip Hidayat ya makanya orang-orang itu jadi konsumtif gak peduli dengan lingkungan yang penting konsumtif terpenuhi, kebanyakan iklan, dan bagusnya traveling adalah males untuk belanja, mending untuk trav. gini aja mba, liat jalan2 nih, ada mall itu pagar yang berupa taman atau tembok malah dijadikan tempat duduk, jongkok, dll jadi kotor dan gak indah kota tuh.. kalo ngomong lagi, “ih di luar negri mah gak ada yang mau kaya begitu” dianggapnya sok lagi. hahahaha kalo aku sama temen melanggar keteraturan “woy singapore woy” gitu mba.
  • Maminya Abo Lona setuju mbak Elok, ini namanya STUDI BANDING dengan biaya sendiri, ga ngembat Uang Pajak Rakyat Indonesia
  • Kuntarini Rahsilawati Arip Hidayat Iya :) Dulu saya jg sering sebel denger temen2 yg pulang sekolah dari luar negeri protes ini itu, sempet mikir ini orang koq jadi gk menghargai negeri sendiri.

    Nah sekarang baru ngerasa setelah lama tinggal di luar negeri dan liat sendiri bagaimana manajemen sarana publik di luar negeri. Jadi paham, rupanya kita (yg pernah tinggal di luar negeri) complain itu bukan utk njelek2in bangsa sendiri dan ‘menyerah’ dengan masa depan Indonesia, justru sebaliknya utk mengingatkan orang2 bahwa sebenarnya kita mampu lebih dari yg sekarang. Sayang kedengerannya jadi seperti mengeluh.
    24 November at 23:17 ยท Edited ยท Like ยท 4
  • Adilla Surjarini ‘Ottow Jeffry Simanjuntak seorang nubiiiieeee…??? Baiklaaaahhhh… :))
    Salam nubiee kakaaakkkk..
    24 November at 23:15 via mobile ยท Like ยท 2
  • Arip Hidayat iya mba, dan ketika saya bercerita atau sharing betapa petualang itu sangat berpengaruh malah bilangnya “indonesia weh heula kubek2/indonesia aja dulu ubek”. seperti orang berkata “shut up” ketika kita ngomong. makanya suka nyindir “ngomong cinta indonesia. ketika di motor buang bekas minuman ke tengah jalan, buang sampah di kelas semabrangan” itu kan gak menghargai tanah sendiri. hehe
    24 November at 23:19 ยท Edited ยท Like ยท 7
  • Kuntarini Rahsilawati Couldnt agree more ama Arip Hidayat . Nanti kamu jd anggota DPR aja yah, biar isi anggota DPR zaman Arif gk kayak DPR ginian yg sekarang ;)
  • Arip Hidayat hehehe aku malah mikir pengen jadi bupati nih, pengen benerin kanal-kanal. pinggir tanggul pengen kaya di vietnam, pengen ada tempat nyuci baju di kanal kecil yang banyak mengalir ke perkamapungan dari sungai besar, nanti warga menggunakan sungai kecil itu untuk nyuci baju dan apapun di kanal tersebut. go green dan menumbuhkan kebersamaan sosial kaya zaman dulu.. kaya di kampung biasanya warga desa bertemu dan berinteraksi sosial selain di tempat lain, juga di sungai (kolam-kolam ikan yang terdapat toilet go gren.. hahaha dream high.
  • Maminya Abo Lona kritik dari orang2 yang bilang “indonesia aja dulu diubek2” memang ada baiknya, jadi kita juga ga selalu terperangah melihat dunia LN, karena kadang2 di dalam negeri juga ada yang lebih baik, bahkan jauh lebih baik daripada yang kita lihat di LN. jAdi untuk menjustifikasi kritik kita, ya harus spt mbak Elok Dyah Messwati juga yang sudah kenyang keliling2 Indonesia, jadi benar2 melakukan “STUDI BANDING”. Karena kalau ga pernah lihat Indonesianya sendiri, apa yang mau dibandingkan?
  • Kuntarini Rahsilawati Arip Hidayat for bupati juga boleh…..Mengenai mandi cuci kakus di kanal/sungai idenya boleh tp secara teknis air kotornya jangan langsung dibuang di kanal/sungai ya, nanti polusi doong… :) Kalo udah polusi kan nanti gk bisa utk ngapa2in lagi :) Kalo mau tau, utk diskusi teknis sanitasi japri aja ya ;)
    24 November at 23:33 ยท Edited ยท Like ยท 2
  • Kuntarini Rahsilawati Maminya Abo Lona : setuju. Studi banding ya mesti diliat gmn sistem di dalam negeri. Apa yg bagus dan apa yg harus diubah.
  • Ariest Sukamto Kalo ibu saya masih loh nyuci di kali tiap hari. Yang pasti si kalinya bersih. Karena kita sadar kita msh butuh itu air makanya kita ga buang sampah di kali. Untuk org kampung spt saya. Mngkn krn tdk berpendidikan tinggi, jd tdk bsa mlkukan bnyk hal bt negara. Tp yg pst saya sudah mulai tidak membuang sampah sembarang. Menurut saya itu slh satu kontribusi yg bisa saya lakukan bt negara :)
  • Arip Hidayat penyerapan air sudah berkurang, masa di jarak 100 meter ada tanggul tapi udah gak ada air di sumur, makanya untuk keperluan memncuci apapun, motor, mobil, baju, piring, dilakukan di kanal tersebut. ihhh seru anak2 bermain menunggu ibunya mencuci, sebagian melakukan interaksi kerakyatan. aihhh seru222.. pinggir tanggul yang sekarang gak ada pohon di pohonin, pinggirnya di bagusin ada tempat jalan kaki juga. seru2222. kota impian haha.
  • Kuntarini Rahsilawati Betul Ariest Sukamto , tidak membuang sampah sembarangan adalah kontribusi yg keliatannya kecil tp efeknya besar. Mengenai nyuci di sungai, kalo polutan dari air limbah yg dibuang ke sungai masih dibawah ambang batas maka lingkungan masih bisa mengolahnya secara alami, sehinga tdk terjadi kerusakan/polusi. Kalo bebannya terlalu besar diluar kemampuan lingkungan hidup, maka akan terjadi kerusakan lingkungan hidup dan saat itulah diperlukan rekayasa teknologi. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki. Dampak dan biayanya lebih kecil. Kalo mau dibikin sarana publik nyuci di sungai bisa saja, tp perlu rekayasa utk pembuangan air limbahnya.

    Arip Hidayat masalah air tanah memang masalah umum negara bkembang krn penyedotannya semena-mena, tdk ada manajemen. Padahal infiltrasi air baru mencapai aquifer stlh puluhan tahun (tgtg jenis tanah) tapi disedot berjuta-juta ton dalam sekejap secara terus-menerus. Elevasi tanah pun turun dan terjadilah ‘cekungan’ di Jakarta yg menyebabkan banjir. Tragis, Indonesia adalah salah satu negara curah hujan terbesar di dunia, tp air tanah di bbrp tempat sudah kritis.

    Hehe….mengenai kuliah lingkungan hidup dan teknologinya silakan japri aja. Nanti saya disambit Mbak Elok Dyah Messwati :-D
    Sunday at 00:03 ยท Edited ยท Unlike ยท 6
  • Arip Hidayat hahah udah ahk nanti OOT dimarahin. kabur duluan ya mba, good night.
  • Dedy Cahyo Nugroho haha.. Saya mahasiswa tingkat akhir (semester 7) sedang mengerjakan skripsi
    Sebagai bonus kelulusan saya, saya merencanakan perjalanan ke LN pertama saya besok feb 2013, biaya sendiri, jalan sendiri :D
    Saya terprovokasi BD nih haha.. Sblm wisuda sudah harus pny cap di paspor
    Wish me luck :D
    Sunday at 04:49 via mobile ยท Like ยท 15
  • Febrynand Putra Bener Mas Dedy, sama, sebelum wisuda harus sudah ada capnya.. Hahaha…
    Sunday at 05:01 ยท Like ยท 2
  • Afi Kusumo aamiin
    Sunday at 05:33 ยท Like ยท 2
  • Adefira Priba Putra sejak kemaren jalan ke LN pertama dgn gaya backpack,pulang” ketagihan dan sering memprovokasi tmn” buat nyobain backpackeran,ga cm tmn malah,adik n kakak ku jg ak kompor”in biar mau jalan” ke LN sendiri,hehe..kemaren berhasil ngompor”in tmn pas ada promo tiger sekitar 7 org.. :) *tapi naas,ak sendiri ga dpt tiket tiger ny,hiks..
    Sunday at 05:51 ยท Like ยท 3
  • Arip Hidayat Cuma saya bingung gimana mempropokasi orang tua, biar mau mencoba. Haha
  • ‘Ottow Jeffry Simanjuntak Go go go Dedy Cahyo Nugroho… racoonin yang laen juga… :D
    Sunday at 07:22 ยท Like ยท 2
  • Moro Seneng mantaaaabbb
  • Adefira Priba Putra mas Arip Hidayat : cb di ajak travelling sekalian umroh aja mas,hehe (eh,apa kebalik,umroh sekalian travelling)
    Sunday at 07:25 ยท Unlike ยท 1
  • Rifki Aris Sandi Supa’at saya sudahmemprovokasi teman-teman saya mbak.. sudah ada beberapa yang intends ke saya nya tanya gitu.. ini saya baru buat group Backpackre Trunojoyo untuk Mahasiswa Trunojoyo Madura khususnya.. mungkin kalau ada yang mau gabung untuk sekedar meramaikan, dan MEMPROVOKASI monggo..
    Sunday at 08:11 ยท Unlike ยท 2
  • Angger Alfi Zakki Aji jalan-jalan ke luar negeri pertama kali sih semester 7 kemarin. memberanikan diri untuk overland dari penang malaysia sampai chiang mai thailand. rasanya pertama pasti deg-degan karena semuanya di urus sendiri dan memang baru pertama naik pesawat :P , tapi alhamdulillah sukses tuh 10 hari di dua negara tersebut, banyak yang saya pelajari di sepanjang perjalanan. takut nyasar ? pasti, tapi kan internet ada dimana-mana . jadi sekarang malah nagih buat jalan-jalan terus hahahahha
    Sunday at 10:06 ยท Unlike ยท 6
  • Aldy Hung mantap…
  • Adefira Priba Putra mas Angger Alfi Zakki Aji : sama mas,pasti pulang pasti ketagihan,, 5555 *dibuat detail ny dong mas..hehe
  • Angger Alfi Zakki Aji mas Adefira Priba Putra detail perjalanan maksudnya mas ? sudah banyak yang ngepost mas hahahhaha
  • Dewi Mulya Sari apalagi di toko buku banyak banget tuh buku traveling, sejuta ke sini, 2 juta kesana…tantangan buat melakukan hal yang sama….. ditambah dengan googling….sippp..
    Sunday at 10:21 ยท Like ยท 1
  • Adilla Surjarini Mas adefira di klik aja kaca pembesar di sebelah kanan bawah cover foto trs ketik deh yg mau diketahui ex. Chiang Mai. Nanti komen ttg Chiang Mai keluar smua. Ok slamat hunting yak! :))
    Sunday at 10:22 via mobile ยท Like ยท 1
  • ‘Ottow Jeffry Simanjuntak wkkwkwk gak pernah merhatiin fungsinya… makasih yah mak Adilla Surjarini:D
  • Adefira Priba Putra ya kan tiap perjalanan punya cerita masing”..siapa tau ada yg menarik/lucu/atau bisa jd pelajaran baru kn lumayan.. :)
    bu Adilla Surjarini : bukan mau cari info kok,eh salah..belum..hehe,cm pengen tau cerita perjalanan ny aja..hehe :)
  • Arip Hidayat hmmm I love Chiang Mai.
  • Angger Alfi Zakki Aji saya juga cinta mati sama chiang mai mas Arip Hidayat meskipun disana cuma sehari doang hahahhahaha
  • Adilla Surjarini Om ‘Ottow Jeffry Simanjuntak kan nubie, wajar kalo nggak tahu… :))

    *ngunyah kerupuk.
    Sunday at 10:26 via mobile ยท Like ยท 1
  • Angger Alfi Zakki Aji mas Adefira Priba Putra bener mas, tiap perjalanan punya cerita, apalagi kalo sempet demam di tengah perjalanan hahahhahaha
  • ‘Ottow Jeffry Simanjuntak untuk itu saya butuh banyak ‘pencerahan’ dari para master (salah satunya mak Adilla Surjarini)…
    Sunday at 10:27 ยท Like ยท 1
  • Arip Hidayat haha untung cinta CM ya. thailand memang negara yang lumayan mudah. jadi berpetualang ke negri sana gak perlu risau. beda kalo ke afrika. huahahahahahaha
  • Adilla Surjarini Jiaaaaahhh gw dipanggil ibu… *sit-up sambil nyisir.
    Sunday at 10:28 via mobile ยท Like ยท 1
  • Adefira Priba Putra emg biasa ny apa?, mak? hehe
  • Adefira Priba Putra kalo thailand sih menurut ku susah di komunikasi ny,ga semua org sana bisa bhs inggris, dan logat ny pun agk kurang jelas,menurut ku..
  • Adilla Surjarini Saya hanya bantu mengarahkan saja kok dik ‘Ottow Jeffry Simanjuntak biar adik2 tidak tersesat dan salah jalan. *ngelus2 jenggot.
    Sunday at 10:31 via mobile ยท Like ยท 2
  • Arip Hidayat vietnam tuh yang kaya gitu. hahaha mas APP
  • Adefira Priba Putra agak riweh aja mas,sangat berpotensi u/ di tipu,kayak ak kemarin..di tinggal tuk”…untung bawa peta dari mas Harrylie Lie..hehe
  • Arip Hidayat kenapa ya aku gak kena kaya gituan? ditawarin tuk2 muter2 banmgkok, di suruh bayar jagung buat makan burung, yang ada di samber burung gagak gede banget warna item deket bangkok ZOO. hahaha asli menakutkan banget kalo ke thai itu denger burung2 berkoak2.. itu kok bisa kena tipu?
  • ‘Ottow Jeffry Simanjuntak di BKK hati2 scam… :D
  • Adefira Priba Putra karna ak ga ngerti apa yg mereka maksud mas..jd jarak ny cm deket tp bayar ny 30baht..ya tapi kn ga semua tuk” kayak gitu..pas nasib ku aja mas itu..555555 *pengalaman…
  • Arip Hidayat tapi denger di buku2 atau cerita orang banyak yang ditawarin tuk2 untuk muter2, padahal kalo tau tujuanya itu deket banget, jadi kudu bayar ekstra.. dibawa ke toko perhiasan, dll. tapi seru kan, meski rugi 30 bath doang seharga padthai tuh.
  • Adefira Priba Putra kalo ak sebenernya lebih suka naik bus mas,tp berhubung di sana bus ny mayoritas tulisan ny bikin mata sakit jd mau gmn lagi,eh…pas pertama kali malah dpt pengalaman buruk, 5555
    Sunday at 10:45 ยท Unlike ยท 1
  • Tadita Fikri Yusuf Aku masih SMA mbak,tapi sayang baru jadi domestic backpacker…
    Jadi blm bs share apa2 kl pengalaman backpack ke LN
    Doakan sj tahun dpn bs backpacking ke LN
    Hehe
    Sunday at 11:22 via mobile ยท Like ยท 4
  • Mas Sugeng Tetep Tetep kalo se usiaku segini msh …
  • Adilla Surjarini Mas/mbak Tadita Fikri sebenarnya bukan masalah domestik/LN pembandingnya. Intinya adalah ada nggak ilmu/pengalaman yang didapat dari hasil jalan2 itu. At least merubah sudut pandang lah ya menjadi lebih positif.

    *bijak mode: on. #ngibasin rambut.
    Sunday at 11:47 via mobile ยท Unlike ยท 5
  • Prams Alucio Waduh saya masis mahasiswa iniiiii…dan belum pernah ke LN…lol
    *miris.com hahaha
  • Maminya Abo Lona semoga keponakan2ku tersayang pada baca hal ini juga :) Fรผrst Kenny, Togar Oktavianus Tobing, Ares Sitorus
    Sunday at 13:38 ยท Like ยท 1
  • Dadang Danubrata “ngebakar” banget tulisan ini… :)
    like it mba E :)

    *colek Ari Meidiansyah
  • Arip Hidayat ngebakar gimana? hehehe (pura2 lugu)
  • Dadang Danubrata apalagi komen mas Arip Hidayat, lebih ngebakar lagi.. nilak oktannya 97
    haha
  • Marl Pengelana Rameee… Apkah thread ini bisa mengalahkan thread “truly bekpeker sejati” tempo lalu..?? jangan lewatkan.. kita saksiakn setelah yang beringkuts ini…

    *benerin dasi sambil nyisir*
  • Agil Jolie aku masih kul sem akhir, dan baru tahun ini ke LN, nekad 3 negara sekaligus dalam seminggu he he
    Sunday at 16:57 ยท Unlike ยท 3
  • Adefira Priba Putra knpa pd hobi nyisir sih ini… *OOT 5555
  • Arip Hidayat mau denger curhatan para senior bede yang sudah melanglang buana, bagaimana mengawalinya.. (bakal nyaingin acara kick andy atau oprah)
  • Tadita Fikri Yusuf Mbak adila surjani:iya mbak,sbnernya sama aja,tp mbak elok mintanya share pengalaman luar negeri
    Hehehe
  • Adefira Priba Putra kalo share pengalaman dlm negeri jg bisa, di sini >> http://www.facebook.com/groups/102364043225774/

    • Dear fellow travelers, Indonesia lovers… Thank you for joining “Beautiful Ind…

    See more

    Sunday at 20:04 ยท Like ยท 3
  • Aldrin Syahdin Mungkin bagi yang belum pernah backpacker sama sekali latihan dulu backpacker dalam negeri…contohnya backpacker jakarta-yogyakarta-bali.
    Sunday at 21:32 ยท Unlike ยท 4
  • Arip Hidayat orangtuanya yang merantau di jakarta biasanya punya kampung halaman, nah kalo pulang sendiri aja. itu juga latihan., hahaha
    Sunday at 21:38 ยท Like ยท 1
  • Dhyan Ha Ha..ha..Jadi inget solo backpaker ke Singapura.Pas pertama backpaker dan pas sendirian….pengalaman yang sangat berharga….
    Sunday at 22:02 ยท Like ยท 1
  • Efan Ferdianto W saya baru SMA dan baru sekali ke luar negeri, singapura dan malaysia. kalau mau baca tulisan saya bisa di www.efanferd.com :D

    Sunday at 22:28 ยท Unlike ยท 2
  • Danii Sahman aku lagi dalam mode ngumpulin uang buat bikin pasport mbak, minta doanya aja yah hehe, modal utama sebentar lagi akan kudapatkan. X)
    iya mas Arip Hidayat thank you, saya kuliah sambil ngajar di bimbel, doain yah semoga kuartal 3 atau 4 terealisasi yang dekat aja dulu hehehe. :)
    Sunday at 23:05 ยท Edited ยท Like ยท 9
  • Danii Sahman Saya dapat ini dari Timeline @KartuPos di twitter:

    Gak ada paspor? Bikin. Belum punya uang? Nabung. Gak bisa komunikasi sama locals? Belajar. Learn to turn excuses into actions!

    *ngerasa ditampol*
    Sunday at 23:00 ยท Unlike ยท 6
  • Arip Hidayat semangat mas.
  • Arip Hidayat iya aku doain, wah great. salam ya sesama mahasiswa (bukan mahadewi) heheh ada promo tiket tuh..
    Sunday at 23:05 ยท Like ยท 1
  • Elok Dyah Messwati Untuk yang baru akan memulai perjalanan ke luar Indonesia, silahkan dibaca tips berikut ini http://www.facebook.com/messages/#!/groups/128092889677/doc/10150650973099678/

    • Group/Komunitas Backpacker Dunia ini beranggotakan mereka yang memiliki “passion…

    See more

    Sunday at 23:06 ยท Edited ยท Unlike ยท 5
  • Theresia Puspayanti Selain keinginan besar dari si anak muda utk STUDI BANDING alias cari pengalaman hidup k LN, menurut sy faktor orang tua jg sangat menentukan. Sebegitu menggebunya keinginan anak muda utk backpacking ato apa pun istilah perjalanan mereka, klo ortu masih “kolot” kelewat mengekang, hanya bisa melarang tanpa kasih dukungan semestinya, ujung2nya yg ada hanya BERANTEM/selisih pendapat ortu-anak yg gak ada habisnya. Tanpa disadari ortu telah memasung proses kedewasaan anak. Jgn heran klo si anak yg sdh beranjak dewasa teteppppp kayak ANAK KECIL yg gak pernah punya keberanian utk melangkah jalan sendiri k mana pun. Ybs jg biasanya sll merasa tdk pernah bisa ambil keputusan utk dirinya sendiri. Kasihan kan?
    Sunday at 23:22 ยท Like ยท 4
  • Danii Sahman Theresia Puspayanti Bagi saya bukan itu masalahnya malah saya merasa beruntung diberi kebebasan full dan mereka mengizinkan, tetapi keadaan orangtua ekonominya menengah kebawah, saya cuma bisa nabung, semangat nabung!!
    Sunday at 23:27 ยท Edited ยท Like ยท 6
  • Theresia Puspayanti Bersyukurlah kamu Danii Sahman punya ortu yg memberi kepercayaan & kebebasan full kpd kamu meski kondisi ekonomi mereka kamu bilang ekonomi ke bawah. Apa kamu mau kondisinya di balik: punya ortu kaya raya tp tdk pernah mempercayai kemampuanmu & sll melarang kamu? Gak mau kan? hehehe
    Sunday at 23:31 ยท Like ยท 1
  • Danii Sahman Mbak @Theresia Puspayanti Bersyukur banget, bebas mengeksplor apapun yang saya mau dan saya sebaliknya juga tahu batasannya dimana aja agar saya bisa menjaga rasa percaya mereka mbak, makanya saya lagi nabung bukan buat sombong atau menghamburkan uang, tetapi mendapatkan pengalaman berharga yang berguna untuk saya nanti, contohnya cerita para Backpacker di grup ini. :) #Curcol
    Nggak mau deh amit-amit, -_- badan udah gede tapi dikekang berasa anak kecil, kapan bisa dewasa kalu begitu huehehehe..
    Sunday at 23:36 ยท Edited ยท Like ยท 5
  • Candra Bayu Astriyanto Buat backpacker baru.. udah jangan banyak pikiran, pusing ntar.. mending langsung action.. Tuh mumpung ada airasia promo.. ambil rute domestik 6rb-an aja dulu buat latian backpacker.. Kalo udah punya paspor dan tiket abroad di jamin semangat & keberanian untuk eksplore sana pasti tumbuh juga.. Otak ini ga bakalan gerak kalo ngga ditabrakin masalah.. Ayo broo semrraangaat :)
    Sunday at 23:41 ยท Like ยท 6
  • Danii Sahman Adakah yang mau meminjamkan CC-nya untuk beli tiket AA domestik sekitaran 25 des-5 jan.. ~ *run run small* *pura-pura mati*
  • Candra Bayu Astriyanto kalo domestik ga perlu pake CC, via klikbca aja untuk menghidari processing fee nya.. emg mau kemana?
  • Arip Hidayat Memang iya ekonomi keluarga itu berpengaruh besar. Kaya mau bikin apa2 kalo ekonominya baik ya lancar. Kalo kurg baik bikin paspor aja mungkin kudu nabung lama. Dan syukur atas nikmat itu yang membuat diri ini bergejolak dan ingat mereka betapa bangganya memilkki mereka yang meski pemikiranya jadul tapi mampu memberikan yg terbaik.
    Lebih menghargai keluarga dan pengembangan diri ke arah yang baik.. Jangan dicari kebebasanya saja.
    Monday at 14:56 via mobile ยท Like ยท 5
  • Elok Dyah Messwati sharingnya mana? kok cuma dikit? maksudnya dibikin thread tersendiri seperti Adefira Priba Putra.
  • Adefira Priba Putra mungkin krn pd ngerasa rute/tujuan perjalanan ny udh srg di share mbak,
  • Agung Yulianto Saya bepergian pertama kalii ke Thailand selama 2 minggu…setelah itu saya ketagihan ingin backpacker ke luar negeri…hanya kendalanya sekarang ijin dari istri sangat sulit sekali…..saya nyesel kok ndak dulu 2 waktu masih bujangan…punya hobby backpacker
  • Adefira Priba Putra istri ny di ajak backpackeran sekalian dong..hehe :)
    Yesterday at 01:14 ยท Like ยท 1
  • Agung Yulianto Aduh ngajak istri ndak bebas…enak solo backpacker…bisa bebas ke mana mana
  • Theresia Puspayanti wah…. mas Agung ini sih niat backpacking mmg utk lepas bebas dari kungkungan istri ya? Agak repot tuh, wajar klo istri cemburu berat hg sulit dpt ijin. Syaratnya ya perbaiki dulu komunikasi n relasi dg istri. Contoh dong Mbak Elok & Mas Arif; Bang Teddy Andri dg istri & anak2nya; Bang Awaluddin Tahir & Mbak Nuniek Fardianty, serta teman2 lain yg justru makin mesra backpacking dg istri/suami tercinta.
    Yesterday at 05:53 ยท Like ยท 7
  • Teddy Andri Aku setiap mau pergi, selalu ngajak istri sampe dia nolak-nolak, kalo destinasinya dia ga suka, udah pergi aja sendiri katanya. Ya udah….. :)
    Yesterday at 06:09 ยท Like ยท 1
  • Dedy Cahyo Nugroho wahh.. Jd pelajaran ini mumpung masih muda & blm kawin di pol polin jalan2nya :D
    Yesterday at 06:11 via mobile ยท Like ยท 1
  • Teddy Andri Bro dedy, ga masalah kok biar udah “tua” dan udah kawin, ga jadi hambatan. Permasalahan yg banyak biasanya muda ada waktu tapi ga ada duitnya, ” tua” malah ga ada waktu tapi ada duitnya. :)
    Yesterday at 06:14 ยท Like ยท 1
  • Dedy Cahyo Nugroho haha.. Iya ya :D
    Tp kalo udh tua mungkin lbh bahagia yaa mas bs menikmati dunia bareng anak istri hehe..
    Yesterday at 06:16 via mobile ยท Like ยท 2
  • Irma Firdie like this Mba Elok…
    yuk travelling…bener lho…awalnya rada2 takut k negeri orang.apalagi yg pake tulisan kriting n non english..tapi Bismillah…Yakin dgn YME.sepanjang kita on track Insya Allah semua lancar…banyak hal yg bikin kita “kaya”..ketemu orang local.ngobrol.tukeran info.seneng deh pokoknya..Ya Rabb Ijinkan aku bisa menginjakkan kaki di bagian lain dunia Mu…aaamiiinn..
    Yesterday at 06:55 via mobile ยท Unlike ยท 2
  • Handoko Suwono aku sih kepingan sama-sama biar lebih mudah dapat hotelnya karena kalau cari yang single private room sering kehabisan:)
  • NiaArie ArieNia kalau saya malah hampa ga jalan sama suami,ampe nangis mellow ga jelas berasa ada yg missing.padahal ketemuan di tujuan krna brgkt dr tempat yg beda..hehe
    Yesterday at 10:42 via mobile ยท Like ยท 1
  • Arip Hidayat maaf ya ada yang belum tersampaikan, anak kuliah memang banyak waktu tapi sedikit yang memiliki uang untuk traveling,karena harus pacaran, beli keperluan kampus, dll. tiket promo banyak, semua negara mengasyikan. tapi bijak memilih liburan, jangan jebl…See More
    Yesterday at 16:12 ยท Edited ยท Unlike ยท 7
  • Rio Indrawan Rip…salah satu perubahan drastis yang saya liat dari kamu skrg tulisan kamu lebih jelas dan mudah untuk dimengerti …..mantap Rip….
  • Tubagus Agus Nurul Iman Mas Rio Indrawan, kalo saya sebaliknya ya ! makin alay
    Yesterday at 16:28 ยท Like ยท 3
  • Rio Indrawan hahaha…teteup cemunguudh aza eaaaa pa TANI
  • Arip Hidayat makasih bang rio. hehe
  • Tubagus Agus Nurul Iman pasti makin cemunguud enggak mau akalah sama Arip Hidayat, anggap aja anak muda sparring partner, bikin hidup makin hiduuup, he3…
  • Kuntarini Rahsilawati Arip for DPR!
  • Yati P Pratondo Wuiiiiiiiiiih Arip Hidayat dapat compliment tuch…katanya sekarang ada kemajuan. Lebih jelas dan mantap. Maju terus Rip……….. pantang mundur.he he he kalo mundur ntar kayak ubur ubur.
  • Theresia Puspayanti hehehe ubu-ubur apa undur-undur Mba Yati P Pratondo?
  • Tony Hardiyanto pertama aku ke luar negeri january 2011 ke guangzhou ngejar cinta,,
    hahahahaha
    Yesterday at 21:52 ยท Like ยท 1
  • Elok Dyah Messwati cinta kok dikejar?? 55555
    23 hours ago ยท Like ยท 3
  • Tony Hardiyanto yg bener gmn mbak??
  • Elok Dyah Messwati nggak usah dikejar, ntar datang sendiri :)
  • Rafian Budi memang bener banyak pelajaran yang bisa diambil,termasuk pengendalian diri saat menghadapi sesuatu yang ga enak saat dalam perjalanan…btw ga ada yg pernah ke afrika ya,share dong…?
    23 hours ago ยท Unlike ยท 1
  • Rafian Budi Arip Hidayat…pernah ya ke afrika,share dong pengalamannya,serius sy…
  • Marl Pengelana Cinta itu diulekk kayak sambelll…… pedas tapi nampollll… kwkwkwkwkwkw…
    23 hours ago ยท Unlike ยท 1
  • Marl Pengelana Menyimak komen2 tulisan Bang Arip Hidayat dengan seksssssssama. :D
  • Arip Hidayat semoga berguna mas.
  • Yati P Pratondo Tks mbak Yanti betul undur2 yg jln mundur.
  • Julian Baik Arip Hidayat ke Afrika? liat sapa?? Mutzie Mutiara Adinda yah?? :D
    16 hours ago ยท Like ยท 1
  • Arip Hidayat Hhahahahahahaha belum sampai afrika. Sometime if the world still there. Hahaha bang julian mba mut emang dr afrika ya??
    14 hours ago via mobile ยท Like ยท 1
  • Adilla Surjarini Mutiara Adinda dari zimbabwe… kekekekekekk…
    11 hours ago via mobile ยท Unlike ยท 2
  • Theresia Puspayanti Arip Hidayat nyambung komenmu d atas, semua hal mmg ada waktunya: ada waktu utk fokus/serius kuliah nimba ilmu, ada waktunya nyambi cari duit buat modal & ada saatnya santai backpackingan. Anakku jg gitu kok Rip. Meski porsi besar biaya perjalanan bisa…See More
    9 hours ago ยท Unlike ยท 7
  • Tony Hardiyanto wah itu dpt gaji yo bu,,
    aku diemail temenku anak MUN kmrn kl ada acara UN di bali
    aku cm iya aja gak tak baca dg serius,,
    gak tahu jg kl ada gajinya,,
    hiks hiks hiks,,
    8 hours ago ยท Like ยท 1
  • Sherwin Mikhael Soantahon yg jadi polemik seperti saya ini, posisinya nanggung.. Gaji gk gede2 amat, kalo nabung buat ke LN agk jauhan dan budget gede dkt aja org rmh pasti nyinggung, kpn mau nabung buat nikahlah, kpn nabung buat beli rmh dan lain sebagainya. Simalakama posisinya.. jadi curcol maab :D
  • Mutiara Adinda pada ga sopan yak kamu orang nih Julian Baik & Adilla Surjarini gw bukan dari zimbagwe taukk.. tapi dari kongo!
  • Hendra Fu lho, kirain dari “ANGOOLAAAA” (teriak ala ala pkenalan kontes ratu sejagad)
    5 hours ago ยท Like ยท 1
  • Mutiara Adinda *melambai ala miss universe
  • Julian Baik wooopss … berteman dengan Babboon itu juga kah Mutzie Mutiara Adinda?? :D
  • Arip Hidayat bunda Theresia Puspayanti memiliki kesempatan gemilang dan putra-putri yang baik, suatu berkah di mana momentum itu menjadikan prestasi yang luar biasa. hope memiliki anak seperti putra-putri bunda. hehehe aku nulis agar jangan terlalu terbebani ingin traveling ke banyak tempat dalam waktu singkat. karena tiket promo banyak. dan biaya hidup disana gak dipikirin, nanti malah abis traveling banyak hutang, hehe.
    seperti mba elok dan temen2 lainya, traveling dari muda ampe sekarang. kan itu semua ada prosesnya bun.
    nanti kalo jalan terus ada sesuatu yang terlupakan yang harus dilakukan selagi muda. hehe
    4 hours ago ยท Edited ยท Like ยท 2
  • Theresia Puspayanti Arip, Sang Maha Baik pastilah tahu persis apa kebutuhan kita masing2, makanya semua makhlukNYA dpt porsi rejeki sendiri2. Apa pun bentuknya, kita sll wajib bersyukur. Seumuranmu aq jg masih hidup susaahhhhhh banget. Bayangin aja, babe cuma PNS gol 1 an…See More
    about an hour ago ยท Unlike ยท 2
  • Kuntarini Rahsilawati Udah saya bilang, Arip for DPR! Iya gak bunda Theresia Puspayanti ? ;)
  • Kuntarini Rahsilawati Bunda Theresia Puspayanti jadi staff ahli DPR! :-D
  • Arip Hidayat aku pun begitu bun, baru kemarin aku memulai, aku tak habis berterima kasih kepada YME, aku dapat mengenal kalian dan bisa mendapat inspirasi, ilmu, opini, info terkini bertaraf international, dll. itu sangat bersumbangsih besar untuku dalam pendidikan, aku hanya orang pemula dalam hal beginian. aku belum sampai pada tahap yang hebat, lagi belajar, belajar, belajar. dan bisa mengeluarkan pendapat, suatu kemajuan yang baik untuk saling bertukar pandangan ya bun. aku pun selalu bilang bahwa aku ingin punya ibu seperti bunda karena bisa mengantarkan anak-anaknya demikian hebat. dan meski tidak memiliki ibu seperti bunda, pasti ibu-ibu lain akan lihat bagaiman didikan yang diterapkan bunda untuk anak-anaknya, untuk kemajuan Indonesia. hehehe
    55 minutes ago ยท Edited ยท Like ยท 1
  • Theresia Puspayanti yg muda2 monggo kalian sosok hebat yg akan membangun negeri ini jd lebih baik, menyembuhkan borok2 yg sdh mengakar. Aq ta sdkt leyeh2 mau sewain kamar2 kosong aja sambil nanam tanaman obat d secuil halaman spy punya andil dlm gerakan cintai ibu bumi.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s