Egoisme etis dalam Backpacking

apa sih loe? emang ada kaitanya gitu. hahaha

menurutku sih ada, kita rujuk pada pembelajaran teori etika yang sudah saya dapatkan di perkuliahan kemarin, dalam teori etika ada beberapa teori yang didalamnya terkandung nilai-nilai moral. dalam etika teologi seseorang dinyatakan telah berprilaku etis jika melakukan suatu tindakan dilihat dari tujuan yang ingin dicapai oleh si pelaku. kemudian tujuang itu jika memiliki nilai manfaat yang berlaku bagi banyak orang maka dikatakan teori etika Utilitarian dan tujuanya jika didasarkan pada kemajuan untuk diri sendiri maka disebut Egoisme Etis.

egoisme etis akan fatal apabila mengarah kepada tindakan hedonisme, atau bisa dikatakan hanya mencari kesenangan semata. itu istilah singkat dari apa yang bisa saya tangkap dari perkuliahan etika bisnis.

backpacking, banyak yang mengatakan bahwa seseoarang yang berpuatalang dengan membawa ransel gandong dan dengan duit pas-pasan. memiliki tujuan yang berarti, yaknih ingin membuat dirinya memiliki banyak pengalaman dan sangat memikirkan diri sendiri, kemajuan ini dimaksudkan untuk dirinya sendiri, namun hal itu menjadi sangat berguna karena kemajuan yang didapat berdasarkan keinginan yang kuat menjadi suatu yang bermanfaat banyak karena pengaruh dan moralitas yang terdapat pada dirinya. sehingga seseorang yang telah memiliki banyak pengalaman kemudian menjadi manusia baru dan menjadi seseorang yang senang membuat orang lain tersenyum karena manfaat yang ditimbulknya.

akibat ketidak milikian banyak uang dan keterbatasan segalanya membuatnya tidak mudah dalam hal mencari kesenangan, baginya pengalaman yang luar biasa menggantikan apapun dari pada seonggok uang. memang orang lain pun demikian memiliki banyak uang dan dengan mudah bisa melakukan traveling, namun sensasinya akan berbeda dengan yang tidak mudah menikmati apapun dengan uang. ketidak mudahan itu yang membuat orang berpikir, bahkan orang tua mengajarkan anaknya dengan cara  tidak mudahnya ia memberi uang kepada anaknya, karena dengan memberi uang secara mudah akan membuat anak tersebut manja atau malas bekerja. begitupun dengan berpetualang, konsep itu menarik untuk dijalankan.

ayahku sempat bicara “ahk elu mah pulang tuh karena udah abis uang, tuh bisa gak lu gak pulang dengan tanpa uang dan bekerja/bertahan?” saya pun hanya nyengir-nyengir sendiri, tapi bagaimanapun berpetualang itu memang memberi kemajuan pada diri sendiri, dan memberi manfaat terhadap orang lain tergantung pada apa yang kita lakukan setelahnya. yang penting hal seperti ini, tidak menggiurkanku untuk menjadi orang hedonis.200220122032

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s