Asli Korea bikin bingung ngatur perjalananya

hahahaha saya awali dulu dengan ketawa ahk,

perjalanan ketiga ini (ke Luar negeri) saya rencanakan ke Korea Selatan, mengapa? mungkin saya banyak terinspirasi dari film-film bersetingkan traditional, kerajaan-kerajaan korea. dari situ pula saya mulai suka membaca sejarang mereka dan akhirnya mencari tahu semuanya. tapi memang perjalanan ke korea itu bukan sesuatu yang sangat didambakan atau jauh-jauh diinginkan.

dari film yang pertama saya lihat yaitu si koki istana kerajaan yang kemudian menjadi tabib istana, ya Dae Jang geum. dari situlah saya menyukai drama saeguk yang sangat seru karena intrik-intriknya. dan akhirnya merambat ke berbagai sinetron yang luar biasa, gila aja saya jadi kaya emak-emak yang mantengin tuh film sambil bekerja, ampe tahun kemarin itu 3 kali ditambah jam tayangnya, tapi sekrang gara-gara saya pun males nonton tv tuh film udah  gak ada di Indosiar, bahkan tak satupun pada siang harinya.

saya sih bernita untuk ke India, karena pas di Hociminh kemarin saya sering makan di restoran halal india dan yummi lah itu makanan ketika di luar negri, masih cukup comfort sehingga saya tak kelaparan dan salah satu yang membuat ingat rumah itu karena kelaparan. tapi temen saya memang meyakinkan saya untuk ke korea saja dan yakin bisa melakukanya.

hal gila yang ingin saya lakukan adalah menejelajah ke india selama 2 bulanan lah, karena saya hanya berniat untuk melakukan perjalanan satu kali saja dalam tahun 2013. toh India terdengar sangat murah dan mungkin sama tarif untuk akomodasi dan makanan seperti di negara-negara di asia lainya.  maka saya berani untuk memilih berlama-lama. ogah banget saya mengeluarkan uang untuk harga tiket (meski harga promo) jika hanya sebentar-sebentaran, rasanya akumulasinya besar sekali. tidak seperti demikian nih : jika saya membeli tiket seharga 2 juta : 20 hari = dengan beban saya Rp. 200.000 untuk satu hari dari tiket saja. rasanya akumulasi itu mahal banget. itu sih pemikiran bodoh saya ya. tapi saya selalu mikir kesana, seperti waktu saya dapet tiket ke hocimin hampir 1.2 juta : 21 hari tuh kan cuma sekitar 45ribuan lah beban saya untuk akumulasi tiket pesawat perharinya. hahahahahah

maka dari itu saya makin terbebani karena memilih rencara tinggal di korea selama 40 harian, dan saya book dengan perkiraan total hari yang saya rencanakan menjadi 35 hari, DAMN, this is crazier than India. gila aja sedangkan rata-rata harga penginapan yang murah di korea adalah Rp. 150.000 kalikan saja dengan biaya sebulan misalnya Rp. 4,5 juta bener-bener kudu mandet di tabungan.

dan kini Itin yang harus saya buat, kalo dulu dibantu para petualang yang gampang, kini karena kebanyakan yang berkunjung ke korea hanya ke tempat-tempat terkenal atau kota terkenal sehingga informasinya masih minim sekali ke tempat-tempat yang pelosok dan aneh. dan tiket bus atau transportasi ke kota lain sangat mahal, berangkat hanya menghabiskan 5 jam saja dalam perjalanan pindah kota sudah berapa ribu WON.

tapi bagaimanapun saya mesti kesana, entahlah ini itin mungkin hanya formalitas saja untuk meminta persetujuan visa, selebihnya masa bodoh jika saya mendapatkan harga penginapan yang murah di soul mungkin akan tinggal lebih lama di kota itu saja. haydeh tapi saya sudah bikin rute yang ya saya inginkan.

Seoul – Chuncheon – Wonju – Andong – Daegu – Pohang – Gyeongju – Busan – Jinju – Gwanju – Mokpo selanjutnya untuk ke seoul masih merencanakan ke beberapa kota sebelum balik.

aihkkk gila banget dehk bikin bingung lah., yang penting gak mengunjungi tempat-tempat yang kudu berbayar, yang gratis aja. toh saya lebih suka menikmati jalan kaki mengelilingi sebuah kota dengan memikirkan segala macam di otak. memikirkan Kebesaran Tuhan.

273658_1_9

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

