ternyata karena jarang jalan-jalan

masih ingat catatanku yang mewek-mewek di hari ke empat pada saat petualangan pertamaku ke luar negeri. ya, aku ingin pulang karena belum cukup beradaptasi dengan lingkungan dan budaya baru. hmm memang masuk ke thailand dan sendirian rasanya sangat kesepian sekali. waktuku terbuang untuk mendramatisir keadaan, seolah aku benar-benar akan jauh dari orang tuaku. padahal hanya 20 hari saja berada di luar. ya aku tidak mungkin pulang ketika itu, karena sayang banget untuk pulang dengan keinginanku yang besar tentang keinginan mengetahui dunia luar dan belajar kemandirian dengan cara yang berbeda.
nah kemarin aku baru berkunjung ke Yogyakarta, kota yang diambil sebagai judul lagu oleh salah satu band Indonesia dan memang menyenangkan sekali berada di sana. ketika sedang berjalan kaki melihat-lihat. wewangian seperti di thailand juga sering aku temui. wangi yosua/dufa dan bunga-bunga. padahal ketika di thailand wangi-wangian ini benar-benar mengganggu dan kurang nyaman untuk dicium, saking hampir di berbagai tempat wewangian ini selalu tercium.
belum lagi penjual makanan dengan bahan babi juga banyak ditemui. ketika di solo yang jelas-jelas di terpal pedagang kaki lima tertulis. ‘menjual sate babi’. hah bener-bener terang-terangan, terus temen-temen yang lain bilang dan mengatakan ‘jangan heran’. ya bagiku memang itu asing sekali, ternyata di negara sendiri saja, hal seperti ini sudah hal lumrah. saya aja yang jarang bahkan gak pernah jalan-jalan di negeri sendiri. akhirnya hal yang biasa orang temui di luar negri pun tak begitu membuat aneh.
uhhh tapi seru banget lah hal-hal seperti itu tuh, bikin nagih.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

