Bukan rencana Biasa (pengembangan desa) dan Impian.

di kampus ada program KNM sebagai syarat perkuliahan yaitu Kuliah Nyata Mahasiswa, dimana selama satu bulan, mahasiswa akan terjun ke masyarakat. karena belum merasakan dan akan mengalaminya di akhir semester ini. yang saya tahu bahwa itu tuh merupakan aksi nyata kita dalam bersosialiasi dengan masyarakat sesuai bidang keilmuan mahasiswa.
padahal mimpiku adalah ingin mencapai working holiday visa Australia dan Beasiswa kuliah di luar negeri (Eropa). kayaknya itu akan tidak terlaksana, karena banyak hal yang membuat aku pesimis dan lebih memilih jalur lain.
aku ingin mengembangkan sebuah pabrik yang telah orang tuaku miliki selama 12 tahun ini, banyak problema dan kesulitan dalam menghadapi usaha ini, kami tidak mampu menyiapkan stok yang memadai untuk kelangsungan pabrik. pegawaipun kurang berminat lagi untuk bekerja pada usaha ini. biasanya kami mengambil pegawai dari Ciamis, jawa Barat. dan sekrang anak muda atau pegawainya lebih suka tinggal di desa saja.
kebetulan ada sebuah pabrik dan rumah yang telah dibangun di kampung halman kami. aku ingin mengembangkanya dengan cara mengaktifkan usaha itu dengan mengikutsertakan masyarakat untuk bekerja. ekonomi yang selama ini menjadi hambatan dan problema mereka mungkin bisa dibantu dengan adanya usaha semacam ini.
beberapa usaha pun telah banyak berkembang di kampunku dan daerah lainya. aku akan menyediakan kerupuk mentah untuk disupply ke pabrik yang ada di kota, aku juga ingin mensuplai ke beberapa perusahaan lain dengan media internet dan media lainya aku bisa mengiklankan produku.
kegiatanku dalam beberapa bulan ini adalah bekerja langsung turun di pabrik, aku menjadi tukang bikin adonan, nyetaknya juga dan kadang bantu pekerjaan lain. alhamdulilahnya itu aku memiliki manajemen kerja yang baik dan cekatan, sehingga permasalahan ini sebenarnya lebih mengakar pada kualitas seseorang dalam bekerja. atau alasan lain yang membuat mereka tidak terpuaskan secara financial. entahlah karena dalam masalah keuangan aku tidak bisa ikut campur penuh, hanya bisa memberikan masukan saja.
dengan keterlibatan itu secara langsung, aku juga bisa mengenali dan memahami target atau kemampuan kinerja dan hasil yang di dapat perhari kerjanya. tata letak ruang kerja yang nyaman pun selalu menaungi pikiranku ketika bekerja. ya memang kuliahku sedikit terganggu karena hal ini. tapi tanpa bekerjapun aku hanya malas, hikmah dan motivasinya adalah. aku bisa belajar manajemen lebih banyak dari ini dan aku terjun langsung pada usaha ini, aku jadu tahu seluk-beluknya.
di desa itu aku akan membuatnya produktif, imajinasi dan gambaran tentang aktifitas yang akan aku jalankanpun menjadi penggetar bulu kuduk. aku ingin membuat tempat belajar bebas, menjadi pengajar di kelas bebas itu yang diadakan setiap hari libur atau sore hari. di sana juga ada parabola, jadi banya chanel yang bisa aku saksikan, aku ingin pasa Wifi juga disana agar bisa terus update keadaan di kota besar. dan sesekali aku akan meliburkan pabrik beberapa pekan untuku, istri dan anaku menjelajah dunia ini. heheheh itupun jika tidak Kiamat.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

