Telpon Air Asia For Credit Shell

september 2012 saya hunting tiket ke korea, alhamdulillah mendapatkan tiket yang murah 2,266,000 untuk pulang pergi dari Jakarta – Inceon – Jakarta dan transit di Kuala Lumpur untuk mengganti menjadi Air Asia X.

saya memilih keberangkatan tanggal 24 Juli 2013 dan pulang ke Indonesia tanggal 30 Agustus 2013. saya kegirangan mendapatkan tiket murah, berulang kali saya coba check-in jauh-jauh hari, namun selalu gagal untuk kode penerbangan Air Asia X minimal 10 hari sebelum keberangkatan.

hari-hari kulalui dengan mengumpulkan informasi mengenai korea, apalagi waktu yang kupilih begitu lama, tentu saja perjalanan saya harus termanage dengan baik. dari mulai akomodasi, transportasi yang akan digunakan, berapa kota yang akan disinggahi, tempat wisata apa saja yang akan dikunjungi, semuanya harus terakumulasi dalam sebuah Itinarary.

sampai-sampai saya tidak yakin akan benar-benar ke negara tersebut, dengan target tabungan yang kumiliki, ibu terus saya ajak nabung di tabunganku agar nilai tabungan yang kumiliki banyak dan ketika mengajukan visa, bisa meyakinkan pihak kedubes.

har Jum’at pada bulan juni saya dengan perasaan aneh pergi ke Jakarta, di perjalanan perasaan tidak enak dan tidak siap untuk mengajukan visa. namun saya tetap pergi dengan alasan tidak mau menunda lama, entah saya meminta secara tidak langsung untuk ditolak atau bagaimana? rasanya saya ingin cepat mengetahui hasilnya agar ketika ada risiko ditolak, saya bisa cepat-cepat merencanakan perjalanan berikutnya.

sampailah saya di Plaza Indonesia dengan no. Izin 666 (ciyusan ini) dan mendapatkan no. urut pengajuan. dokumen saya pilah dan isi bagian form pengajuan visa yang belum lengkap. semalam sebelumnya saya juga memilah itinarary untuk dibawa sebagai dokumen pengajuan.

kini bagianku, kuserahkan semuanya dan wanita yang menerima membereskan surat-surat dan dokumen yang kuserahkan, lalu diminta foto dan membayar Rp. 294.000

kutelpon sesuai saran yang menerima dokumenku sebelum visaku diambil dan sesuai tanggal keluar visa.  awal pertama ku telpon tak mau mereka angkat, di hari berikutnya mereka mengatakan belum selesai, lalu aku pergi ke jakarta seperti biasa pagi hari. tapi aku baru sadar setelah di Plaza indonesia bahwa pengambilan Visa pada jam 2 sampai jam 4.

saya bicara dengan polisi yang ada di situ dan dia menejelaskan, langsung saja tanpa mengambil no. urut. lalu setelah menunggu satu orang selesai mengajukan visa, saya pun segera mendatanginya dan meminta visa saya, dia mengatakan ‘pengambilan jam 2 siang mas, di belakang masih ada antrian, memang kenapa diambil sekarang?’, saya dengan segera mencari alasan ‘saya kerja mba, dan gak bisa mengambilnya disiang hari’ petugas itu mengambil pasportku dari keranjang yang ada di belakangnya ‘mba diterima ga?’ dia kembali duduk dan dengan jawaban singkat, padat dan jelas kudengan ‘nggak’.

jleb saya tak mau lama-lama dengan jawaban singkatnya yang terkesan ketus melayani, saya segera mundur dengan perasaan aneh. saya bertanya kepada petugas polisi tadi dan dia melihat pasporku, lalu mengiyakan bahwa visaku ditolak.

saya segera pulang dan sepanjang jalan merasa hal aneh, sepanjang jalan yang kucari malah tiket pesawat ke India. mba Novi saya hubungi dan saya bilang bahwa visaku ditolak.

saya berencana untuk tidak memberitahukanya dulu ke orang lain, kecuali beberapa orang saja, termasuk mba Nuniek yang membelikan tiketku. saya menghitung kerugianya memang lebih dari 2.5 juta. dan menyayangkan sekali tiket sepertinya harus hangus.

beberapa hari kemudian barulah saya memberitahukan ke beberapa orang dan ada yang mengetahui bahwa visaku ditolak. mba Desi langsung mengirim Wall di FB dan membagikan pengalaman mba Melisa yang melakukan credit shell untuk pembatalan terbangnya juga. saya pun segera messege mba Melisa dan ia memberitahukan bahwa dia beralasan tidak bisa terbang karena orangtuanya sakit dan harus menunggunya.

saya berpikir apakah memang saya harus membuat alasan seperti itu, bagaimana jika saya diminta melampirkan surat keterangan dokter, jadwal chek-up, dll. mana ngerti saya dan keluarga kami tidak ada riwayat seperti itu atau pengalaman seperti itu.

lalu Bunda Yati juga menyarankan agar saya cepat-cepat mendatangi kantor Air Asia di Jakarta, tapi saya sudah malas jika harus ke Jakarta. mengingat Jakarta yang sangat membetekan di perjalanan. selang berganti hari, ada obrolan mengenai hal itu, dan saya langsung mengirimkan pesan kepada teman yang menjelaskan bagaimana mendapatkan CS itu.

dia menjawab pertanyaan saya dan bisa dengan mudah mendapatkanya, saya tak harus mengunjungi kantor AA, cukup dengan telpon saja.

beberapa hari setelah teman yang lain memberikan masukan, saya menunda-nunda untuk menelpon ke Air Asia, akhirnya baru sore tadi saya membeli pulsa telpon dan menelpon. tidak sampai selesai, 2 kali mencoba dan selalu gagal bicara dengan Costumer Servicenya.
no. telpon Air asia ada di website mereka, setelah menelpon, terdengar suara wanita membimbing, klik 1 untuk memilih Bahasa Indonesia, kemudian tunggu sesaat dan klik 6 untuk pembatalan tiket.
telpon tersambung, seorang pria melayani dan saya memberitahukan maksud lalu menginformasikan kode bookingan, dia mengatakan bahwa saya sebelumnya pernah melakukan peralihan penerbangan dan saya mengiyakan.
seminggi sebelum mengajukan visa, ada e-mail masuk ke mba Nuniek (yang membelikan tiketku) bahwa kepulanganku dibatalkan, dan akhirnya saya meminta mba Nuniek menggantinya lebih awal yakni 27 Agustus 2013. dia pun mencoba mengkonfirmasi dan mempersilahkan saya menunggu. lama berselang hanya ada suara yang diputar berulang-ulang memberitahukan bahwa kini membeli tiket domestik telah secara otomatis dengan bagasi 15 kilogram. dan akhirnya tanpa pemberitahuan lebih lanjut, telpon terputus akibat pulsa habis.
segera saya mencari uang recehan dan membeli lagi pulsa. maklum semua uang saya telah dibelanjakan dan ditukarkan ke dollar. saya beli pulsa 20.000 dan menelpon kembali, tak mau lama-lama ketika nyambung saya langsung tekan 1 dan 6. telpon diangkat dan yang menjawab seorang wanita, langsung kuberitahukan kode Bookingan tiket, dan memberitahukan maksud saya bahwa ingin dicancel dan dijadikan CS.
dia sangat tidak berbelit-belit dan menjelaskan dengan baik, juga menerima apa keinginanku, dia juga mengatakan bahwa penerbanganku berangkat menjadi tanggal 26 juli 2013 dan pulang 27 agustus 2013. ‘hah, kok bisa?’ padahal saya sempat membahwas ini di grup mengenai kegagalan saya mendapatkan visa korea. yang pada intinya jumlah hari yang kupilih untuk stay di korea melebihi 30 hari (batas yang ditentukan oleh kedubes untuk ijin tinggal) berlaku selama 90 hari setelah pengajuan visa tersebut, jadi bukan berlaku selama 90 hari tinggal disana, ini yang menjadi salah persepsi. dan jika melihat tiketku, jumlah saya stay disana akan selama 32hari.
kembali lagi ke atas, bahwa mengapa saya ditolak, saya tidak melampirkan bookingan hostel. tapi melampikan buku tabungan saya dengan jumlah saldo 20 juta, surat dari kampus, surat dari orang tua, tabungan orang tua, Itinarary yang salah, KK, Akta lahir, paspor dan foto. harusnya memang kesemua ini tidak menjadi penghalang mendapatkan visa, karena beberapa teman mudah sekali mendapatkanya tanpa harus memiliki budget yang berlebihan atau banyak. namun kemarin itu berakhir dengan kenyataan bahwa pilihan lama tinggal saya lebih 2 hari dari permit yang diberikan Kedubes Korea Selatan.
nah saya melampirkan juga tiket pulang pergi yang semula, bukan tiket pulang pergi yang telah diperbaiki karena reschedule akibat gagal terbang dari korea ke jakarta. dan juga setelah mendengar dari costumer servisnya, jika saya berangkat tanggal 26 juli dan pulang tanggal 27 juli, harusnya lama tinggal saya di korea bisa sesuai dengan ijin tinggal turis di korea dengan visa single.
ahkk mungkin memang tidak berjodoh dengan korea. saya pun menunggu lagi konfirmasi dia ke atasanya mengenai maksud saya itu, kemudian dia juga beberapa kali mengurus hal itu, dan saya takut pulsa habis, karena kudu menunggu 2 kali proses. mondar-mandir, sedangkan adzan Isya sebentar lagi. lalu kemudian saya menanyakan ‘mba nanti jika telponku terputus, apakah masih bisa diproses?’ lalu dia berucap ‘ini sudah selesai pa’ ahkk lega, saya langsung berulang kali bilang terima kasih, dan dia akan memberitahukan ke email dalam lima hari kerja.
ternyata credit shell itu diberikan kepada calon penumpang, bukan kepada yang membelikan. nanti diminta email kita yang menjadi member air asia dan AA akan memberikan CS kepada penumpang bukan pembeli.
ahkkk lega juga setelah akhirnya tanpa ribet bisa nelpon dan meminta apa yang kita inginkan.
setelah beberapa hari saya takut dan tidak terima dengan kerugian tapi bersikap legowo. saya takut tidak akan diterima permintaan itu tapi alhamdulillah tanpa perlu menjelaskan masalah yang kita hadapi akibat gagal terbang juga bisa saja. kita tinggal ngomong minta di credit shell kan juga sepertinya mudah dan gak harus cari-cari alasan.
semoga dalam lima hari kedepan ada informasi yang baik dari Air Asia. dan saya bingung harus digimanain uang dalam akunku itu yang tak bisa ditunaikan dan berlaku untuk 90 hari, sedangkan di tahun mendatang saya harus serius kuliah dan kerja di rumah. dan akan membeli tiket kemana? bingung juga, tapi yasudahlah, nanti dipikirkan lagi.
sekali lagi alhamdulillah banget. jika nanti bisa benar-benar di CS kan, makin alhamdulillah, kalo tidak bisa, terus berusaha dan nerima sampai titik akhir yang mengenaskan sekalipun.
perjalanan ke india menanti, saya membeli tiket ke kolkata dengan Air Asia seharga 2.1juta. tak pernah saya mendapatkan tiket sangat murah dari AA. tapi selama ini perjalanan yang saya lakukan, pasti menggunakan Air Asia. 5 kali dengan Air Asia, tidak dengan tiket yang murah-murah amat. tapi thanks Lah buat AA yang juga bisa mewujudkan keinginan saya ke luar negeri.
semoga manajemenya semakin meningkat dengan mengutamakan low coast tapi tidak merugikan konsumen juga ketika terjadi hal/kasus seperti saya. tetap bisa memberikan yang terbaik.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.