Rute Favorit HCMC – PP – SR – BKK

HCMC

1. jika turun di Tan Son Nhat airport

– seblum pintu keluar ada money changer

– posisi badan keluar, di sebelah kiri ada lift untuk ke bagian keberangkatan international dan jika mengikuti alur jalan itu ke bagian domestik.

– naik taxi minta yang pake Argo, supir belum semua bisa berbahasa english. biaya taxi ke Ben than Market kurang lebih VND 200.000 = $10 = Rp. 100.000

– Saigon bus 8.000 VND hanya ada pagi-sore hari, bus berwaran biru dan untuk menggunakan bus ini, silahkan ke bagian penerbangan domestik, sebelah kiri dari international.

– menginap di bandara mungkin diperbolehkan, dan itu akan menghemat biaya penginapan dan taxi jika tiba sore/malam hari.

 

2. Pham Ngu lau St. dan Bui Vien st merupakan dua jalan yang di areanya terdapat segala keperluan untuk pelancong, terutama yang budget. lagian bule tajir juga lebih senang di tempat seperti ini sih. hahahahaha

paling murah dan saya pernah tempati adalah friends tourist, untuk dorm sendiri dipatok harga $3, malam hari pintu ruko ditutup, dan jika kemalaman harus gedor pintu dulu. jasa utama yang mereka tawarkan adalah travel agent, jadi kita bisa reservasi tiket dan segala keperluan yang dibutuhkan bisa dilayani, terutama mengenai traveling.

3. musium-musium, landmark, tempat-tempat penting, bisa dengan mudah dikunjungi dengan berjalan kaki, atau mengikuti one day tour untuk mengelilingi tempat menarik di seputaran kota. travel agent juga memberikan penawaran berbagai tour, seperti cuci tunel tour, cuci tunel + Cao Day tempel, Mekong delta, dll. 

4. ada agen bus lokal yang terkenal, Phoung Trang. melayani rute domestik dan travel agent juga yang terkenal, Sinh turis. 

5. Di Bui Vien st. ada New Delhi halal food. masakan halal termurah di HCMC, tapi kualitas masakan sama saja. masakan india ini tidak begitu menyengat, dan enak. saya bisa comfort dengan masakan india ini.  ada paket menu sebagai alternatif murah. 

6. pindah ke Phnom Phen ada bus yang berangkat tengah malam. 

-jika memiliki waktu singkat untuk melalui rute Favorit ini, pastikan pagi hari anda membeli tiketnya (HCMC – PP/SR) sebelum melakukan penjelajahan atau mengikuti tour wisata. sehingga anda tidak perlu menyewa kamar lagi. ransel bisa anda simpan atau titipkan di travel agen tempat anda membeli tiket. dan anda bisa melakukan ekplorasi setelah membeli tiket sampai jam 11 malam mendekati keberangkatan menuju PP/SR

7. Mie NHO juga merupakan Mie halal dari Vietnam. rasanya nendang dan gak hambar seperti PHO. hahahahahaa bisa dibeli di minimarket dan air panas gratis tersedia.

PP (Phnom Phen)

1. pagi hari tiba di perbatasan, setelah pemeriksaan sidik jari, Form yang diisi, paspor dicap, kita bisa melanjutkan perjalanan.

2. pagi hari akan sarapan dulu supir busnya, penumpang boleh juga. selanjutnya bus berjalan pelan sekali

3. jam 9/10 sampai di Phnom phen, saya menggunakan bus Virak Buntham, dan kebetulan agen bus itu berada di samping kanan night market PP. 

4 jika memiliki waktu singkat, segera membeli tiket ke SR yang berangkat malam hari sekitar jam 10 atau jam 12. 

5. setelah memesan tiket, coba mencari tukang tuk-tuk yang sreg dengan hati kita. minta untuk antarkan ke beberapa tempat wisata terkenal, ada 2 musium yang termasuk dalam angker yaitu; Toul Sleng dan Killing Field.

jalan kaki dari pusat backpacker/river side PP cukup jauh. jangan lupa tas simpan saja di agen bus. para pekerjanya ramah-ramah dan bisa berbahasa english, meski kurir doang.

6. agen bus Virak Buntham juga memiliki WIfi yang bisa diakses oleh penumpang yang menunggu. (silahkan ada rekomendasi agen bus lain)

7. makanan

– khas Indonesia ada yang namanya warung Bali, milik kang Kasmin dan Firdaus. masih satu area namun cukup jauh dari night market. berada dekat dengan grand palace, silver pagoda. (maaf belum liat peta dan buku)

– KFC, murah dan enak, berada di riverside juga. ketika anda di night market anda menghadap ke sungai. arah sebelah kiri adalah agen bus virak buntham dan kurang lebih 100m ada KFC. masih dijalan yang sejalur dengan sungai, tidak masuk-masuk ke gang.

8. Velkomen Backpacker dekat dengan pasar, Hostel Nomad  berada di belakang Night market (cek di Internet), harganya $4,5

SR (Siem Riep)

1. jika mengunakan bus malam, maka akan tiba pagi hari. dan lokasinya cukup jauh dari pusat turistik/tempat tersedianya segala kebutuhan para traveller. area backapcker berada di night market dan oldmarket.

2. bisa naik ojek atau tuk-tuk, tawar saja $2 untuk ke old market, atau minta rekomendasi penginapan darinya yang bagus, biasanya mereka menawarkan saat kita keluar dari hotel, bahkan memberikan pilihan harga yang ingin kita dapatkan.

3. Backpacker hostel dan Green Village memberikan pilihan harga untuk dorm paling murah; $2 dan $1. di depan backpacker hostel setiap pagi selalu banyak para traveller yang akan pindah negara dan naik bus ke Bangkok Thailand. 

4. membeli tiket bus pagi hari ke thailand $9, berangkat jam 7 pagi.

5. minta rekomendasi tukang tuk-tuk jika ingin berkeliling angkor wat dengan menggunakan tuk-tuk, biayanya kurang lebih $12. 

6. untuk masuk ke Angkor site anda dikenakan harga $20 untuk satu hari. menyemar jika bisa akan membuat anda terbebas dari biaya tersebut.

7. menyewa sepeda dari mulai $3-8 bahkan lebih, lebih mahal, lebih nyaman.

8. beli air sebelum mengelilingi Angkor site, air mineral dalam botol besar $0.05. gunakan dollar ketika di Kamboja, jika kembalian nanggung, mereka akan gunakan Rial untuk uang kembalian.

9. di dekat Green Village terdapat masjid dan perkampungan yang banyak dihuni oleh muslim di Siem Riep (cek lokasi untuk Green Village) atau anda susuri Sok San Road.

10. terdapat restoran halal yang didirikan oleh orang muslim di area tersebut. dan warung-warung kecil dengan makanan halal dari penduduk lokal.

 

BKK (Bangkok)

1. pagi berangkat dan siang tidak di perbatasan. selalu mengingat wajah orang-orang yang bareng dengan kita, agar tidak bingung. kemungkinan akan ribet, karena bus akan mengoper kita ke agen yang ada di thailand.

2. setelah selesai pengecekan, kita akan berkumpul dan dilanjutkan perjalanan dengan menggunakan minivan. saya membeli tiket ke BKK dari Backpacker hostel dan ketika dialihkan untuk ke BKK, minivan yang saya gunakan sungguh nyaman sekali.

3. menjelang sore tiba di BKK. segera saya incar Rainbow hostel. sebelumnya saya pernah ke Khaosan Road, jadi sudah tahu dimana letaknya. beruntung masih ada 1 lagi. lebih baik anda booking penginapan jika pengen yang murah melalui internet. 

setelah Di BKK terserah anda mau kemana ya! hahaha saya 2 kali tapi tidak terlalu spesial ke kota itu, selain di kejar-kejar burung gagak dengan ZOO.. SHIT. dan menakutkan ketika malam, suara genderang dari Bar, tapi diatas banyak burung berkicau.. burung dengan suara yang menakutkan. hahahaha

 Gunakan Wikitravel/HCMC/PP/SR/BKK, buku panduang yang ditulis penulis dalam negeri, lonely planet dan buku rujukan lain.

internet murah dan mudah.. semangat traveling

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s