Apologize

bapa, ibu, kini aku sudah 19 hari di tanah hindustan, tanah yang tak ubahnya daratan kumuh yang begitu luas, kerja keras, dedikasi rakyatnya dan tradisi yang kuat dapat aku lihat selama perjalanan ini.

kemarin tepat tanggal 8 agustus adalah hari lahirmu pa, dan kemarin tanggal 9 agustus adalah hari lebaran bagi umat islam, dimana silaturahmi menjadi hal yang wajib setiap tahunya dilakukan. kini aku jauh dari hadapan kalian, aku ingin meminta maaf melalui tulisan ini kepada kalian.

 

ibu, engkau tahu betapa aku paling menyayangimu, engkau yang paling dekat denganku, engkau selalu mengajarkan kehidupan ini. hanya kadang aku malah menegur sikap-sikapmu, membantahmu atau melawanmu.

tak ada wanita yang paling aku segani di dunia ini selain dirimu, aku ingin berbakti lebih banyak, namun saat ini aku belum mampu melakukanya, bahkan belum bisa memberikanmu apapun, hanya aku saja yang terlalu perhitungan pada kalian.

22 tahun engkau mengurusku, penuh dengan kasih sayang dan mengorbankan segalanya untuku, aku tak dapat menebus itu semua, selain berdoa kepada ALLAH agar membalasnya. aku sangat khawatir denganmu yang akhir-akhir ini banyak mengeluh tentang kesehatan, kamu begitu capek mengurusi keluarga ini, dan diumurmu yang harusnya telah memiliki cucu, kau masih terus bekerja keras mengurusi 3 anak laki-lakimu.

kau punya segalanya, bahkan materi yang orang inginkan, kau miliki, tapi kau memilih untuk sederhana, tidur dilantai dengan ruangan begitu sempit, sedangkan aku gampang mengeluh, dan memilih yang jauh lebih nyaman darimu, bahkan aku lupa ada kejadian apa dimalam hari, tapi engkau selalu terjaga, mengamankan lingkungan rumah, memberikan kehangatan.

aku hanya bisa menyuruhmu untuk pergi umroh, aku belum bisa memberangkatkanmu, entah kapan aku bisa benar-benar memberikanmu hal yang bernilai, bahkan aku sendiri masih ragu akan hal itu, aku takut mengecewakan kalian, aku takut memberikan angan-angan belaka, aku masih pesimis terhadap diriku sendiri. bahkan kalian sering bertanya ‘sebenarnya masa depanku apa?’

bapa, mungkin aku yang lebih banyak berbuat dosa padamu, aku terlalu egois dan ingin menang sendiri, aku juga kadang ngeyel kalau dibimbing. Pa, sejujurnya engkaulah yang selalu paling aku rindukan ketika jauh. aku begitu mencintaimu, maafkan aku.

meski kadang aku terlalu berlebihan menilaimu seolah kau itu buruk, tapi itu karena aku mencintai ibuku dan bapa. keluhan ibu kadang membuatku merasa benci padamu. terima kasih untuk segalanya.

aku berharap kalian untuk cepat pergi umroh, semoga suatu saat aku bisa membanggakan kalian, maafkan aku belum bisa jujur kepada kalian, aku juga tidak baik menjadi seorang anak untuk kalian. kalianlah yang hebat, telah mampu memberikan kami, anakmu. materi yang berkecukupan. bahkan aku bisa tahu dan bisa melihat negeri-negeri lain. itu semua karena perjuanganmu.

maafkan aku belum bisa memberikan balasan yang setimpal sebagai anak, aku hanya bisa menikmati apa yang kalian perjuangkan selama ini. semoga kedepanya aku bisa lebih berjuang keras seperti orang-orang india ini dalam bertahan hidup.

aku menabungkan sebagian uang jajan dan kadang aku mengambil uang tanpa sepengatahuanmu, pa. aku mohon maafkan aku. maafkan aku pa.

aku tak berniat untuk meninggalkanmu di waktu silaturahmi ini, aku harap kalian telah memaafkanku, meski aku tak bisa menyentuhmu dengan begitu erat. mungkin aku hanya bisa menjelaskan secara lebih banyak dengan tulisan, tapi sedikit penjelasan dengan ucapan.

aku berharap bisa mengembalikan apapun yang telah kalian perjuangakan dan berikan kepadaku. semoga ALLAH menjaga kalian semua, memberikan balasan surga yang indah untuk kalian.

amin ya robbal alamin

 

 

10 Agustus 2013

 

Arip

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s