kayaknya mereka serba bisa dehk

kami pergi ke sebuah restaurant, tentu saja untuk makan, masa dugem? hehehehhe yang kami pesan untuk cari aman dan gak mau rugi, yang dipilih adalah chinese food yaitu fried rice vegetable. padahal restaurant itu milik orang india dan tidak ada sama sekali orang keturuanan chinese yang bekerja. sah-sah aja sih gak ada yang mesti dibingungkan. namun rata-rata kayaknya asal gak menyengat beraroma ala india, itu dinamakan makanan diluar negerinya.
kemudian masuk ke Varanasi dan Agra, banyak sekali orang-orang bisa berbahasa jepang dan bahasa lainya, selain mereka itu tentu saja bisa berbahasa negaranya dan bahasa inggris yang lumayan bagus menuurutku, mereka juga mempelajari lagi bahasa yang bisa memberikan manfaat untuk mereka, tentu saja bagi orang-orang yang bekerja di kawasan turistik, bisa berbahasa lain seperti bahasa jepang, akan lebih disukai oleh orang jepang dan mereka mempelajarinya, bahkan orang-orang seumur bapaku yang biasanya males untuk mempelajari hal-hal lain selain diluar rutinitasnya atau merasa tidak penting, tidak bagi mereka, sampai mereka masih hiduppun sepertinya mereka terus belajar apapun.
terus persaingan diantara banyaknya penduduk india, juga menyebabkan persaingan sengit, apalagi di bidang pendidikan, tentu saja banyak seperti coaching, tempat les, dan tempat belajar lainya yang bisa membantu mereka menjadi lebih unggul, ketimbang orang lain. hmmmmm bener-bener hebat sekali negara ini, dan kasihanya lagi, orang-orang seperti student yang ingin bergaul dengna turis selalu diwaspadai, jangan-jangan mereka sok akrab, ada buntut akhirnya yang menjurus kepada minta uang lagi dengan atas nama siswa.
sehingga aku juga kadang kesel kalo ada orang sok akrab, padahal bener-bener akrab. di beberapa kota yang sudah cukup mapan secara ekonomi, hal-hal yang banyak dicerminkan para traveller mengenai india tidak begitu menjadi momok yang menakutkan lagi, seneng-seneng aja sih, malah menurutku lebih seneng jalan ke india, sejauh ini. dan tampang seperti orang lokal ini kadang menjadi salah pengertian, selalu diajak ngomong bahasa hindi kadang.
atau dikira orang nepal, buthan, dll… seru banget india..

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s