Mengapa Ingin ke Bodhgaya

Mengapa Ingin ke Bodhgaya

pertanyaan dari judul itu memang tidak bisa aku jawab, jelasnya ketika akan mengunjungi India, terntu saja aku langsung membuka Map India di google. dan dari beberapa map, menunjukan titik hitam tebal yang artinya itu kota-kota yang cukup terkenal di India, akhirnya aku putuskan mengikuti kota-kota itu untuk mendapatkan rute perjalanan di India, jadilah Bodhgaya tujuan ke dua setelah Kolkata city.
kami telah membeli tiket kereta ke Gaya Junction, kemudian dilanjutkan menggunakan Auto Ricksau ke Bodhgaya sekitar 12 Km.
dari penginapan kami berangkat ke Howrah Station, Kolkata
. kami jalan kaki menyusuri Mahatma Gandhi Road dan menyebrangi jembatan yang luas dan panjang. kami bingung ketika berada di dalam station. begitu banyak orang dan kumpulan orang-orang berbaju orange yang sepertinya suci.
kami melihat papan billboard dengan kode kereta, ternyata lama kelamaan kereta kami diberitahukan delay, di tiket sendiri keberangkatan jam 8, ternyata mundur menjadi jam 12. ya mau tidak mau kami harus menunggu, sudah kesana-kemari. makanan yang kubeli dari KFC cukup mengganjal, meski sisa siang tadi. kue-kue dilahap dan tentu saja membeli air sambil berbego-bego di hilir mudiknya orang-orang.
sampai pada tengah malam, kami masih belum juga berangkat, keadaan sudah tidak seheboh tadi, mungkin yang tersisa hanyalah orang-orang yang memang masih akan berangkat di jam-jam berikutnya. petugas kebersihan telah mulai beraksi menaburkan serbuk-serbuk sepertinya adalah kaporit jika dicium dari baunya. mereka berani mengusir orang yang tidur di lantai kecuali gerombolan orang-orang berbaju orange tadi. bahkan mereka terlihat seperti gembel tapi tak berani diusir.
kami pun segera mencari kereta kami, tetapi gatenya berubah, terdengar samar di pengeras suara, aku bahkan tak mendengarkan dia bicara apa? ya dari tadi mesin pengeras suara itu tak berhenti ngoceh.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s