Kayaknya asik kalo punya Kedai makanan

dari zaman SD gue udah seneng banget masak, kadang suka ngajakin temen ngumpul untuk masak, ya bukan makanan yang waw sih, paling suka ngaliwet, bikin keripik singkong, maen saung-saungan sambil ngerebus ubi atau talas. ya seru aja bareng temen lainya. itu mengapa yang ada di otak kalo ngomongin bisnis saat ini, pasti selalu jawabanya ingin buka kedai makanan dan tempat nongkrong.

nah kalo biasanya gue yang jadi orang yang ngajak ini itu, kini giliran temen yang mengajak, alasanya dia baru habis kontrak dari perusahaanya. mungkin ingin mengisi waktu luangnya lebih berarti, dan seperti biasa, suka ngajak-ngajak berbisnis, namun tak kunjung kami laksanakan, akan tetapi yang kali ini inginya sih tidak omdo lagi. dan lagi-lagi ideku itu ya adalah kedai,.

akhirnya kami memutuskan untuk fix membuka kedai, beberapa hal kami pikirkan, mengenai konsen kami pada makanan apa? kami pun berkunjung ke LIppo Cikarang tanpa planing terlebih dahulu, karena ada teman yang tiba-tiba ngajak saat gue sedang kuliah Micro finance.

setelah nyampe di Lippo yang awalnya gue niat untuk nonton movie, seumur-umur kalo bukan kaya gini, gue paling males niatin untuk melakukan hal-hal beginian nih. ke bioskop yang di kota sendiri aja baru sekali, itupun karena temen yang ngajakin, ya gue bukan tipe orang yang suka gitu-gituan kalo diniatin, kecuali karokean, karena gue suka aja mengeluarkan suara.

setelah makan, gue, Ananda dan Hendar ke toko buku, sering sih kalo ke toko bukumah gue. seneng aja kalo ada bacaan tuh dan koleksi buku manual kaya gini lebih keren aja kayaknya dari pada punya banyak bacaaan di smartphone. setelah menemukan bagian buku resep makanan, gue di situ aja mentengin beberapa buku yang bagus dan sesuai dengan budget dan kemampuan kami. malah kami cukup ramai membayangkan ini itu dengan aneka gambar makanan yang sedang kami pegang.

akhirnya gue beli 2 buku tentang minuman dan makanan ringan, kami pun berniat untuk membuat trial beberpa menu makanan. dan obsesi itu terus berlanjut sampai pada tahap yang agak (mending belum waw banget) serius. si Ananda mencoba untuk membuat quisioner mengenai keinginan target pasar.  si Hendar biasa saja, hanya basa-basi belaka.

kami mencoba beberapa menu makanan, berbelanja ke pasar dan makanan yang pertama cukup sukses dan membuat puas, kami pun makin optimis dengan minuman dan makanan tersebut, sampai beberapa hari kami terus mengganggu ketentraman rumah si Eka yang ramah dan welcome sekali, bahkan orang tuanya gak masalah tuh mengenai hal itu.

konsep gue menganai kedai itu adalah tempatnya seperti home, jadi kalo bisa gue pengen banget nyewa sebuah rumah yang luas halamanya, dan orang lain bisa enjoy nongkrong disitu, tanpa tertekan perasaanya seperti ketika makan di ruko.

dari kegemaran gue suka masak itu, akhirnya yang sering masak dan jadi juru masaknya tuh kebnyakan gue, sedangkan posisi gue saat ini adalah sedang kerja dan kami itu harus menghadapi tugas akhir, ini malah memutuskan untuk terjun langsung,

eh semalam itu gue juga nyari tempat usaha, di mana lokasi yang bagus untuk usaha, gue sih pengenya deket kampus gue, karena enak aja sekali jalan, gak mesti ke jalan ini, jalan itu untuk pulang atau ke kampus setelah kerja. kami masih bingung dengan masalah efektifitas kami bekerja, dan gue sudah ngasih komitmen ke mereka, bahwa gue gak bisa stand by setiap saat, belum lagi kuliah juga, meski seminggu cuma 3 hari, tapi gue juga harus kerja di rumah.

ya gue juga gak tau nih, apakah ini akan jadi omdo lagi, belum lagi masalah modal nih, kalo 3 juta sih bisa gue usahain, tapi kan nyewa tempat aja mahal banget. harus gue coba sih, jangan menyerah dulu, tapi gue takut semuanya berantakan. ya skripsi, usaha, dan kehidupan lainya.

yo wis gue harusnya minta petunjuk dari ALLAH. yaahhhhhh semoga gue bisa lah.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s