Selamat Umroh Ibu dan selamat hari ibu

mah, maafin ujang ya mah. padahal ujang tahu ada cara murah untuk pergi umroh, tapi ujang takut merepotkan orang, karena segalanya pasti ribet ngurusinya, ujang juga pengen mamah ngerasain acara yang sudah teratur dengan baik dan segala keperluan mamah sudah bisa diakomodir oleh travel. ujang hanya bisa berusaha seperti itu sekarang ini. meski nilai mata uang terlalu mahal, mungkin itu harga yang memang mamah harus bayarkan.

aku ingat waktu kita masih di kampung mah, ditinggalkan ayah dan mamah harus tinggal di kampung mertua yang jarang sekali menunjukan sayangnya, dan lebih memilih menantu lain. mamah orang yang sabar dan penuh dengan perjuangan, prinsip hidup mamah selalu membuat aku meleleh, betapa aku mempunyai ibu yang luar biasa sekali. tidak perlu diragukan lagi semua itu, mamah telah banyak membuktikan dan orang berbicara tentang wanita hebat seperti mamah. tidak pelit dengan keluarga, welcome banget, pintar masak, rajin sekali, dan segalanya.

aku sering mamah pukuli pakai bambu, karena aku bandel sekali waktu kecil, mungkin saat itu mamah juga kesepian dan terlalu tertekan atas keadaan, sehingga seringkali mamah begitu marah saat aku benar-benar bandel atau nginap di rumah tetangga tanpa bilang. mamah penah menyuruh menjual telur ke Ua untuk bekal kami berdua, telur itu dihargai Rp 500 dan aku dapat jatah Rp. 300 dan sisanya untuk adiku.

mah, sampai mamah bisa seperti sekarang, mengumpulkan uang untuk pergi umroh dan tak sedikit, mamah masih sangat mandiri dan menyisihkan uang hasil berdagang, serta sisa-sisa dari uang pemberian si Bapa, yang hanya Rp. 50.000 saja, kadang mamah mengeluh karena tak cukup, tapi mamah terus saja mengalah. mungkin karena sudah terbiasa dan maaf sekali, terkadang aku terlalu menghakimi mengenai sikap mamah yang mudah memaafkan, tapi engkau bukan orang yang perhitungan, meski perkataan perhitungan itu selalu muncul ketika engkau jengkel.

pantas sekali mamah begitu mudah marah, tidak ada wanita di rumah yang sekaligus pabrik ini, teman-teman mamah sudah memberikan cucu, sedangkan anak-anakmu masih membangun masa depan. suatu hari kau akan mendapatkan 3 anak wanita sekaligus dari 3 anak lelakimu ini.

mamah selalu bercerita mengenai tetangga mamah yang selalu pergi ke tanah suci, mamah meminta didoakan agar bisa ke tanah suci, akhirnya mamah isnya ALLAH akan terbang ke tanah suci malam ini.

semoga semua lancar dan mamah selalu diberi kesehatan sama ALLAH. aku ingin perjalanan ini menjadi sebuah momen yang bakal membuat mamah banyak belajar dan memberikan makna dari pengalaman, serta memberikan pembelajaran arti kehilangan bagi mamah dan bapa. ya si bapa belum bisa ikut, dalam hatinya mungkin dia ingin, akan tetapi dengan keadaan sekarang ini, nampaknya dia masih belum cukup bisa memberikan kepercayaan memegang pabrik kepada kami anak-anaknya.

masih salahku juga yang belum bisa serius dalam segala hal, otaku masih ngawang-ngawang, impianku terlalu banyak dan belum pasti konsisten dan tak terukur dengan jelas.

semoga ini dijadikan ibadah dan liburan baginya, berapa tahun dia selalu saja di rumah, jarang sekali ke luar rumah, selain ke pasar untuk mempersiapkan bahan di Warteg. mamahku orang yang hebat. semoga ALLAH berikan kebahagiaan.

Gambar

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s