Jagatsuk St. alhamdulillah bisa solat Idul Fitri di tahun 2013 di Manali

setelah mandi dan subuh kami segera mempersiapkan diri untuk ke mesjid yang katanya 40 km dari tempat kami menginap. kami menuju terminal yang tak jauh dari hotel. pagi itu sudah nampak tukang Ricksau yang siap mengais rezeki dan kami sebagai penglaris mulai menawar harga. kami sepakat membayar sekitar 200 rupees.
Ricksau-pun segera berjalan. dinginya pagi itu, hujan rintik-rintik menyertai perjalanan kami. ternyata jaraknya hanyalah 6km saja dari kota Manali. hmm saya benar-benar tertipu dengan jarak yang kami dapat dari beberapa narasumber.
supir mengatakan bahwa kami berhenti tepat di gerbang Masjidnya, padahal tak nampak ada bangunan yang menyerupai masjid. kami pun percaya karena mereka pasti lebih paham dan gak akan berbohong dengan tujuan itu.
ada sebuah truk dengan tulisan ALLAH dan Muhammad di kaca depanya. kami semakin yakin dan masuk ke area tersebut. kok ada Anjing, tapi kami bertanya dan memang itu adalah masjidnya. seseorang menunjukan dan menjelaskan bahwa benar itu merupakan masjid dan dia salah satu pengurusnya.
kami mendapatkan informasi bahwa solat sunat idul fitri akan dilaksanakan pada jam 10 pagi ini, sedangkan belum juga jam 7 kami sudah sampai di tempat itu. kami pun berniat untuk jalan-jalan sambil menunggu beberapa warung buka untuk mendapatkan makanan.
nampaknya temanku pengen sekali makan mie meigi dengan telor dadar seperti yang aku makan tempo hari. kami berkeliling sebentar melihat-lihat pohon-pohon nampak asri dengan kesegaran air hujan yang membasahi seluruh tubuhnya. pohon apel dengan buahnya yang montok-montok begitu memikat diri untuk melahapnya.
ketika kami berjalan cukup jauh, hujan tiba-tiba mengguyur dan kami segera mencari tempat berteduh ke sebuah bangunan yang ternyata itu merupakan sekolah.
mengobrol cukup lama di sekolah tersebut dan kembali lagi ke tempat tadi, ke warung-warung yang ada. kami pun membeli mie dan telor dadar itu. akh sambil menunggu si paman warung memaskan, kami kembali mengobrol dan melihat-lihat di pinggir jalan itu orang-orang mulai ramai. semakin lama banyak pemuda dengan baju-baju bersih dan baru turun dari mobil atau bahkan truk-truk.
setelah melahap makanan kami segera ke mesjid dan beberapa pengurus sedang mempersiapkan sajadah-sajadah dari bahan seperti samak dan terpal-terpal. alhamdulillah selama solat tidak ada hujan. di area masjid banyak sekali pohon apel yang montok-montok sekal buahnya.
solat Id pun dimulai, aku sudah mempersiapkan diri. jika biasanya dilakukan sebelum dakwah, berbeda dengan di tempat ini, solat dilakukan setelah dakwah usai. aku melihat mereka berkumpul dengan keluarganya, meski tidak ada wanita dan hanya lelaki. aku pun mendekati mereka dan bersalaman dengan mereka lalu minta memeluk seperti mereka lakukan terhadap sesamanya, dan kami berpelukan dengan begitu bahagia. anak-anak juga melakukan, dan menyempatkan diri untuk berfoto dengan mereka.
kami sempat ditawari makan oleh pengurus masjid untuk masuk ke rumah dulu. tapi temanku menolak dan memilih untuk cepat pulang karena jam 4 kami harus pergi ke delhi dengan bus. padahal waktu masih lama dan aku ingin sekali bergabung, tapi sayang.
begitu kami keluar gerbang, para jamaah tadi menaiki bus dan aku pun segera ikut naik bus. begitu penuh dan sesak sekali tapi yang lain terus berusaha untuk naik. dan naik bus ini jauh lebih murah kurang lebih 12 rupees saja. beda jauh sekali dengan ongkos berangkat kami. tapi gak apalah yang penting kami bisa solat Idul fitri pada bulan Ramadhan kali ini.
penumpang semakin banyak dan kondisi semakin sesak. aku menikmati posisi yang tak biasa seperti ini. ahkkk India-India.Gambar

Gambar

GambarGambar

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s