Mau Kuliah, Baca Ini Dulu Aja!!!

nah kali ini mau nulis yang agak sedikit berbeda mengenai kuliah, jelas saja ini tidak bisa dijadikan patokan atau guide bagi kamu yang akan melanjutkan perkuliahan ke suatu universitas, dan karena jurusan yang saya ambil manajemen, jadi jika ada terkesan mengarahkan ke manajemenya tolong diubah sesuai minatnya sendiri.

berhubung saya pengen banget kuliah dan gak mau jauh dari orang tua, harus membantu mereka jadi saya pilih yang deket-deket saja. tapi bagi kalian yang memiliki kesempatan berbeda, menurut saya universitas ternama dan sudah memiliki citra bagus harus diprioritakan terlebih dahulu, karena di sana segala penunjang pembelejaran cukup lengkap dan banyak. semisal perpusatakaanya lebih megah dan buku-bukunya beragam, ini juga bisa nambah banyak referensi buku ketika kamu butuh untuk belajar dan tentu saja universitas ternama pasti tempat terkumpulnya orang-orang dengan standar lebih karena kualifikasi untuk masuk universitas tersebut cukup susah. apalagi universitas negri yang terkenal pasti temen-temen kamu banyak juga yang diluar pulau, daerah, bahkan asing. nah pertukaran budaya, bahasa, kekhasan, keunikan, membuat kita juga kaya akan pengalaman dan pembelajaran langsung dari faktor eksternalnya.

nah karena saya sudah hampir lulus, saya mau share mengenai step-step yang lumayanlah selama ini saya lakukan. jelas saja pertama kali masuk kuliah ada rasa bingung, apalagi sebelumnya pasti banyak bertanya mengenai bagaimana kuliah. yah namanya kita itu nuwbie jadi sah-sah aja, namun jangan terlalu mumet yang nuwbie itu bukan cuma kamu tapi ratusan bahkan ribuan, jadi jalani saja, nanati juga mengerti setelah beberapa bulan.

ok berikut ya tipsnya:

1. ya kamu pilih jurusan mana yang ingin kamu jalani selama kuliah, sharing atau meminta pendapat orang lain pun lebih bagus, tapi lebih bagus yang mengetahui apa keinginanya, bahkan ada yang rekomendasi jangan terlalu ngikutin trend, karena orang ramai pilih jurusan A, kamu ikutan, terus selama kuliah kamu mengeluh “saya gak cocok kayaknya sama ilmu ini.”

2. kalau kuliah sekiranya belum dimulai dan kamu penasaran, kamu bisa cari facebook jurusan universitas kamu, masuki grupnya dan gali info, temenan sama membernya, minta sharingnya, kalau bisa beli buku-buku dasar yang sudah kamu tanyakan padanya atau kalau boleh kamu pinjam. tentu saja ini juga menambah pertemanan kamu lebih mudah nantinya, bisa kenal senior dan berhubungan baik membuat kita juga akan kaya teman.

4. seringlah membaca, setidaknya setiap bulan kamu siapkan uang untuk membeli buku ORIGINAL, bukan buku murah yang kualitasnya amburadul, dengan membeli buku original kamu menghargai diri sendiri dan penulis, ok harganya bisa jauh berbeda, tapi kamu juga menerapkan pola sikap baik pada diri kamu, terlebih kamu muslim yang harus menghargai apa yang orang jual atau buat. dari pada beli murah tapi gak berfaedah buat diri kamu, karena sudah melukai hati pembuat yang ori meski tidak dirasakan secara langsung.

buku yang kamu baca bisa apa saja, sesuai minat kamu, usahakan buku dari yang kamu sukai terlebih dahulu, buku lawak, atau apalah, yang lebih aku rekomendasikan buku biografi yang nyaman kamu baca, ada buku yang mengumpulkan banyak tokoh dan biasanya gak bertele-tele, ini akan selalu membangkitkan semangat kamu.

5. berpikir apa yang akan membuat saya hebat di masa depan harus saya bangun dari sekarang, karena setelah lulus kuliah 3 tahun ke depan yang tak terasa itu akan membuat saya bingung kembali untuk siap menghadapi dunia yang sebenarnya. kamu bisa saja mengembangkan potensi melukis, membuat puisi, merajut, memasak, bermain alat musik, membuat desain, apapun itu, diluar jurusan inti kamu dan tentu saja yang kamu sangat minati. biasanya dengan banyak membaca juga kita terinspirasi untuk seperti si A/B, ya gak apa-aapa meniru asalkan kamu juga tidak menutup diri untuk mengembangkan kreatifitas lainya.

6. kamu pasti punya laptop dan modem, atau setidaknya smartphone canggih dengan layar super lebar dan lengkap aplikasinya yang tentu saja aplikasi medsos ada di layar utama kamu, eitss sekarang unduh aplikasi menulis atau media blog, seperti wordpress. kamu bisa buat akun dan usahakan seringlah menulis, apa saja. kelak apa yang tak kamu rasakan manfaatnya hari ini itu akan berguna bagi kamu di suatu saat nanti. saya sering sekali menjadi mudah ketika harus mengeluarkan kata-kata dalam tulisan, semisal ada tugas A, saya bisa dengan mudah membuat untaian kata, sedangkan teman-teman saya masih pada bingung bahkan belum menekankan tinta ke kertas. saya lebih suka menulis pengalaman dan cara pandang hidup, jadi saya harus jalan-jalan dulu biar tulisan di blog banyak.

7. angka 7 angka bagus menurutku, karena aku bersyukur lahir pada tanggal itu. hahahahahahaha nah kalau kalian bersyukur juga bisa kuliah, itu keren sekali, apalagi kalau kalian bisa kuliah sambil bekerja itu super duper keren banget, aku salut sama teman-temanku. sebenarnya kalau kamu berpikir ingin fokus kuliah itu bagus-bagus saja, namun kenyataanya tidak selalu demikian, bagi di universitas yang ketat dengan akademiknya mungkin dituntut untuk ketat juga belajar, tapi bagi yang biasa aja, mending sambil kerja saja, dapat penghasilan dan kuliah jalan terus. tapi saya lebih fleksibel kerjanya, karena bekerja di usaha orang tua, jadi jam kerjanya bisa diatur sebisanya.

8. kamu kuliah untuk apa sih? biar suatu saat dapat gelar dan kerja di tempat yang bagus, atau agar gaji kamu lebih besar dari pada teman kamu yang lulusan SMA sederajat. semua itu balik lagi ke kamu, kalau saya sih lebih ke arah ingin banyak belajar, so pastilah semua orang berpikiran begitu, tapi yang selalu aku doakan dalam diri, ya ALLAH semoga aku termasuk orang yang akan berpengaruh buat lingkungan, dan aku bisa dapat banyak manfaat dari ilmu-ilmu ini sehingga suatu saat aku bisa banyak bersedekah dan menggunakan harta untuk membantu banyak orang, ya intinya sih saya ingin kaya raya kaya pa prabowo lah. biar saya bisa punya ini itu yang bisa saya gunain buat orang lain.(poin ini terserah mau dibilang sok atau gimana).

9. nah dari sekian banyak poin di atas sebenarnya inti yang pengen saya omongin itu, di semester 1-2 coba kamu menabung, sehari goceng lah kali sebulan 150.000 dikali setahun 1,8 juta. ini yang minimal banget ya, yang sambil kerja di minimarket atau di mall yang kamu gak sayang kalau berhenti kerjanya coba tabung lebih. semester 2 itu saya diberi petunjuk untuk melakukan perjalanan ke luar negeri secara mandiri, dimana; membeli tiket sendiri, membuat paspor, memikirkan perjalanan sendiri dengan tanya-tanya dan googling, memanage perjalanan sendiri, mencari info penginapan, tempat wisata, dan lainya sendiri, sampai melakukan perjalannya pun sendiri. dengan uang 5 juta saya bisa mengeliling 5 negara di Asia tenggara sekaligus selama 20 hari.

terkadang saya tidur di kendaraan, sisanya di penginapan, makan juga masih bisa kebeli makanan murah di restoran, bisa berkunjung ke tempat wisata, membeli pakaian khas, ataupun sovenir. dan dari perjalanan itu banyak merubah diri, seperti; jadi lebih antusias, mau jadi pendengar, idealis, banyak ide, selalu termotivasi, menjadi terbuka bagi siapa saja, welcome sama orang lain, mau lebih giat belajar karena orang-orang di luar sana juga sibuk meningkatkan segala hal masa kita nggak, masih banyak lagi yang lainya, yang jelas dalam waktu beberapa bulan blog saya sudah terisi beberapa post saking sering nulisnya. bahkan bisa memunculkan keinginan lain, kreatifitas lain, semisal kamu ingin jadi penulis buku petualangan, buku petunjuk wisata, atau buku lainya karena secara tidak langsung perjalanan itu menuntut kita untuk berkembang dan sigap dalam menghadapi kondisi yang tidak menentu. dan saya lebih rekomendasikan kalian pergi seorang diri di negara yang bisa dikategorikan aman atau kamu berani jelajahi. ini juga dari kebiasaan banyak membaca sehingga informasi banyak.

10. usahakan selalu menarik dalam setiap presentasi yang ditugaskan kepada kamu, dalam ilmu manajemen, atau ilmu lainya yang selalu sering beropini juga, saya juga semakin asik, karena bisa mengkobinasikan pemikiran hasil jalan-jalan dengan kuliah, sehingga antusias untuk menyampaikan seolah kita itu bercerita semakin tinggi. saya sih suka malu-malu kalau mau jawab atau nanya di kelas, tapi saat sudah melakukan perjalanan, saya jadi lebih aktif bicara bahkan selalu gatal rasanya kalau ada materi yang membuat saya ingin bicara.

11. menabung dan menghemat sumber daya, isu global warming mungkin tidak bisa kita pahami secara rinci, tapi bisa dong kalian coba untuk menghemat apa yang bisa dihemat, toh ada peribahasa hemat pangkal kaya. semisal; loe sering bawa tuperware diisi aer ke kampus, jangan lupa matiin lampu dan cabut colokan yang aktif di kamar, jangan mudah membuang pelastik bekas kita beli makanana kalau masih bagus, jangan pelit kalau ada pengemis yang minta atau orang yang membuat kamu tersentuh karena melihat penderitaanya. dan sebagainya yang pasti jangan buang sampah sembarangan.

12. kalau mau gabung sebuah organisasi atau tidak, itu terserah, tapi jarang sekali semua mahasiswa ikutan organisasi, jadi yang ikutan maupun tidak ya lakukan apa yang bisa membuat kamu bertambah pengetahuan dan kemampuan. kelebihan anak organsasi dengan yang tidak mungkin kalian tahu sendiri, tapi bagi kamu yang tidakbisa gabung oraganisasi ya jangan sampai mau kalah. bahkan kamu bisa lebih menonjol dari mereka.

13. mencoba lebih sering action meskipun untungnya gak seberapa dan kemungkinan gagalnya besar. yang penting kamu pernah mencoba banyak hal, dan justru itulah yang banyak orang hebat juga rasakan, sering action.

14. jangan lupa bantu orang tua di rumah, ya kamu cowok atau cewek, mending cuci pakaian sendiri, tanpa harus memberatkan orang rumah, di negara maju semisal di eropa, ada yang membiasakan diri setiap makan wadah/tempat makanan yang digunakanya langsung dia cuci, jadi misalnya saya anak MR. bob, nah abis makan tuh piring yang saya pake itu saya cuci langsung. dan hal ini juga membuat nilai kamu bagus, apalagi kalau kamu bertamu sama orang lain, kamu mau melakukan hal demikian, di mata orang lain kamu gak akan hina kok.

15. jangan banyak gaya, liat sekarang jokowi banyak dipuji-puji, padahal sebelumnya Nabi SAW serta sahabatnya yang kaya raya mau bersikap biasa saja. dan justru kalau banyak gaya, kamu akan selalu menanggung rasa takut dinilai kurang ok, selama 3 tahun kamu harus selalu begaya eksis dan on. itu malah akan membuat beban buat kamu, baju barulah, makeup baru, gaya rambut, cat kuku, softlens, dll. sayang duit, mending tabung, beli buku atau traveling.

16. gak usah nonton tv yang gak berkualitas deh atau sering menjelakan orang lain, sudah kamu fokus saja untuk membangun diri sendiri.

17. jangan mudah menjustifikasi kamu gak cocok dengan apa yang sudah kamu jalani selama kuliah, yang jelas jika kamu menghadapi masalah belajar di jurusan yang benak kamu pengen ada kemungkinan kamu pun akan ulang perkataan yang sama. coba beri ruang untuk menyukai mata kuliahnya dalam hati kamu. setiap materi atau bahan pembelajaran itu kalau bisa kita hindari pasti akan kita hindari, tapi kalau kita mau coba untuk menekuni ya insya ALLAH.

18. kalau bisa nahan pacaran, mending gak usah dehk, banyak kasus karena sudah mengenal pacaran itu kehidupan seseorang bisa berubah di masa depanya, padahal cintanya itu belum terjamin. mending fokus sama diri sendiri, nyari teman yang positif dan selalu bersemangat, boleh kok pacaran atau PDKTan. cuman lebih asik nanti aja kalau udah sukses, dapat kerja, lulus kuliah atau siap nikah.

19. hormati dosen/guru harusnya di poin-poin utama, ya kalau kamu ikutan membenci dosen yang memuakan atau cara mengajarnya nyebelin, sudah kamu menutup segalanya buat suka pada dosen itu, seolah mata/telingan/hati kamu tertutup tapi gak tertutup secara fisik. coba kamu renungkan, kenapa dia bisa hebat dan bertahan pada posisinya. atau kamu liat dari sisi yang lain. dan kamu nikmatin dulu apa yang dia bicarakan. terkadang dosen seolah gak nyambung karena liat sikon mahasiswanya yang gak meng-on-kan sikap keingin mendengarkanya.

20. berdoa terus dan tumbuhkan impian-impian mulia, baca buku rohani yang dikombinasikan dengan gaya modern agar mudah dilakukan, buku biografi, sedikit novel, sejarah dan ilmu jurusan. minimal setiap bulan beli 1 buku umum, dan buku kuliah setiap awal semester sudah berburu buku-bukunya. dan tetep beli yang ori, jangan ragu juga beli online di website terkenal.

ya semoga kamu bisa menerima apa yang saya jelaskan, pokoknya kesempatan untuk lebih hebat itu banyak, semisal; beasiswa luar negri, pertukaran pelajar, magang di luar negri, beasiswa dalam negri, dan lainya. gak perlu minder kamu gak pinter, rezekimu bukan prasangkamu yang mengatur, semua orang bisa mencoba dan nothing to lose serahkan pada ALLAH. yuk lebih giat lagi agar lebih hebat. sudah jangan hanya mengeleuh indonesia begini, orang luar hebat-hebat, indonesia melempem.. hallllooo kita sadarkan dulu diri sendiri. yuuuukk!!!!

thanks sudah mau membaca…

10276338_10203461987368407_628062756_n

1498879_543710865737741_3025402377454400064_o

diundang ke detik.com di jakarta sebagai pembiaca travel bloogerdiundang ke detik.com di jakarta sebagai pembiaca travel blooger

1498879_543710865737741_3025402377454400064_odi Hawa Mahal, Delhi, India.di Hawa Mahal, Delhi, India.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s