Penutup Kepala ketika Beribadah Itu Penting

penutup kepala buat umat islam ketika akan beribadah yaitu kopeah atau peci yang lebih terkenal. menggunakan benda ini ketika ibadah merupakan suatu sikap baik kita dalam beribadah. terkadang saya sendiri suka lupa atau bahkan malas pake meskipun di rumah belatak.

penutup kepala memiliki fungsi yang lain juga, tentu saja kita gak perlu nyisiran sering-sering karena rambut acak-acakan, pake kopiah/peci/topi membuat kita lebih simpel. apalagi dalam ibadah menutup kepala rasanya sebagai rasa hormat kita kepada sang Ilahi.

di Kota Phnom Phen dan Siem Riep, Kamboja saya pernah solat di sana, di rak masjid menyediakan banyak sekali peci. meski ukuranya kekecila tapi hampir, bahkan semua orang yang beribadah menggunakan peci.

begitu juga ketika beberapa kali saya solat di kota-kota di India, peci disediakan di masjid untuk digunakan, bahkan peci itu ada yang dibuat dari bahan pelastik, dan hampir semuanya gak muat di kepala saya, tapi saya takjub lagi semua roang menggunakan peci ketika beribadah.

saya pun pernah mengunjungi Amritsar, India. kota umat Sikh yang berbatasan dengan Pakistan, ketika turun dari kereta saya naik bajaj dan sampailah saya di area dekat kuil terbesar kali ya, karena itu seperti pusatnya ibadah umat sikh, belum juga turun dari bajaj, para penjual slayer dengan logo agama sikh dipakaikan ke kepala saya dan teman. kami harus membayarnya dan ada perasaan tidak enak karena itu merupakan pemaksaan.

lama kelamaan saya melihat bahwa di tempat itu penutup kepala menjadi wajib bahkan di luar lingkungan tempat ibadah. bahkan ketika saya berfoto di dalam kuil dan ingin melepas slayer itu orang-orang agamis di situ melarangnya. setelah saya renungkan, hal itu tidak cuma terjadi di tempat ibadah umat sikh, di beberapa tempat pun mereka berupaya menutup kepala ketika beribadah dengan apa saja. apalagi muslim yang beribadah di tempat ibadahnya tentu saja menggunakan.

bukan ingin menjelekan negara sendiri, ini bagian dari sharing dan pembelajaran buatku saja, ternyata memang penutup kepala itu begitu penting sekali, bahkan saya yang sudah memikirkan hal ini saja masih teledor untuk tidak menggunakan di lain waktu karena beberapa alasan. kalau dipikir lagi seharusnya di dalam ransel/tas atau apapun itu ketika kita akan bepergian, penutup kepala/peci itu harus selalu dibawa.

bisa dikatakan ini juga menyangkut etika kita dalam beribadah, jika hal demikian benar, maka kamu sendiri bisa lihat berapa orang yang tidak menggunakanya ketika beribadah, di negara lain hal ini malah seperti wajib bahkan untuk hampir beberapa agama tidak hanya islam. bagiku ini juga pengingat bahwa memang benar seringkali tampilan diri ketika menghadap Tuhan tak se-wow ketika menghadapi manusia. bahkan ketika berhadapan dengan manusia yang lebih diutamakan gaya yang trendi agar dinilai lebih.

salam hangat.

thanks

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

