Kalau Gak Aktif di Kampus, COba Ini Aja!

bagi sebagian orang ada benefit tersendiri ketika kita aktif di kampus, namun tidak semua orang juga aktif di kampus. kesempatan baik itu tidak hanya untuk orang yang aktif, kalau kamu merasa minder dan tidak mau mengambil suatu kesempatan karena kurang aktif, mendingan sekarang kita bangun diri bagaimana untuk tampil percaya diri dan bisa bersaing dengan orang yang aktif di kampus.

orang yang aktif di kampus dengan cara mengikuti berbagai kegiatan kampus tentu memiliki keunggulan lebih dari pada orang yang pasif di kampusnya. tapi bisa saja kamu lebih kaya pengalaman dari pada mereka yang aktif di kampus. seseorang mengatakan kepada saya, sudah cari duit yang banyak, pergi ke luar negri, dari sana kamu lebih banyak belajar. pernyataan semacam itu mungkin terasa asing dan aneh. namun saya disini tidak akan membahas mengenai jalan-jalan ke luar negri meskipun itu memiliki manfaat yang besar.

belajar itu milik semua orang, tak terkecuali bagi kamu yang pasif di kampus, kesalahan yang mungkin sering terjadi adalah sudah tidak aktif, tidak percaya diri, dan tidak mau belajar pula. memang setiap orang memiliki rezeki masing-masing, tapi kalau kamu memiliki kelebihan, tentu rezeki kamu lebih terbuka lebar. anehnya sangat antusias ketika yang mau dipelajari adalah bagaimana biar pasangan setia, biar kamu bisa dimengerti si pacar, biar hubungan kalian ayem tentrem, dan sebagainya.

ok selanjutnya saya akan buat beberapa hal dengan poin-poin, apa saja hal-hal yang bisa membuat kita bisa bersaing dengan teman kita yang lebih aktif di kegiatan kampus.

1. mengikuti komunitas lain di luar kampus, sebenarnya saya juga tak begitu banyak mengikutinya, kalau boleh dibilang bahkan tak begitu aktif ikutan komunitas. kamu sendiri bisa memilih komunitas apa yang pas buat kamu, kalau kamu suka music coba ikutan komunitas dimana kamu bisa juga mendapatkan ilmu mengenai music, bukan hanya karena fans sebuah grup band saja. misal kamu suka kostum anime coba kamu juga lebih sering mencoba desain-desainya, tidak hanya sekedar membeli kostum dan menggunakanya, sehingga kamu memiliki ilmu lebih.

coba ikuta komunitas seperti; menulis, pembaca buku, arsitek, bahasa, menggambar, fotografi, music, dan lainya.

keuntungan mengikuti komunitas, kamu akan lebih banyak bertemu banyak orang, asalkan kamu berusaha menjadi orang yang menyenangkan dan tidak pelit, siapapun orang tersebut pasti ingin menjadi sahabat kamu. pernah doang kamu lihat seseorang yang begitu riang dan tidak itung-itungan, kamu pun senang bukan jika berteman dengan dia. dan hagai orang lain ketka memiliki ide, bahkan kamu bisa menjadi orang yang banyak pengetahuan dengan banyak mendengar apa yang orang ingin sharing/curhatkan kepadamu.

coba juga biar hatimu lebih bahagia, ikutan komunitas yang kegiatan sosialnya lebih banyak ketimbang kumpul-kumpulnya doang. sehingga kamu juga ada kesempatan lebih banyak ketemu orang-orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, ketimbang kamu ikutan komunitas yang isinya cuma bisa nunjukin apa yang kita miliki saja. orang yang memiliki jiwa sosial tinggi lebih bahagia dan lebih nyaman.

2. mulai untuk menulis apa saja. menulis memiliki peran penting, sekarang ini banyak novel yang diangkat menjadi sebuah film, apakah kamu juga tak bisa seperti itu. menulis itu bisa dilakukan semua orang. bukan karena dia memiliki bakat atau terlahir untuk jadi penulis. pada kenyataanya banyak penulis yang menceritakan bahwa mereka bisa berhasil karena mereka sering berlatih menulis dan perjuangan mereka lebih keras. menulis tidak cukup memakan waktu, kamu bisa melakukanya di sela-sela lagi online. coba anda membuat blog atau note untuk menampung tulisan kamu.

ketika sekolah atau kuliah, mungkin pernah ada tugas dari dosen atau guru untuk membuat blog, tiba-tiba teman kamu membuatnya, dan kamu akan lebih bangga jika kamu sudah aktif sebelum guru atau dosen kamu menyuruh bukan. jadilah orang yang lebih dulu melakukanya apabila hal itu baik.

entah kamu mau jadi penulis profesional atau tidak, menulis tetaplah memiliki arti penting, apalagi kamu merupakan seorang mahasiswa, jangan sampai ketika diminta membuat sebuah opini saja kelabakan dan kehabisan ide, orang yang terbiasa menulis, pengolahan kata-katapun lebih mudah.

3. membaca saat ini sudah mulai banyak dirasakan manfaatnya untuk banyak orang, dunia semakin majunya tekhnologi dan gaya hidup. kalau kamu memiliki banyak pengetahuan, pasti berguna sekali dong buat kamu. dan agama islam juga kan pertama kali menyuruh kita adalah untuk membaca. kalau kamu tidak suka membaca teks buku. coba untuk membaca artikel-artikel menarik di sebuah website atau media sosial.

4. melatih bahasa kamu, kalau kamu tidak bisa berbahasa asing, setidaknya gunakan bahasa indonesia yang baik atau bahasa daerah yang baik. kamu kan sudah berpendidikan dan masih menggunakan bahasa daerah kasar hanya karena kamu merasa gak percaya diri menggunakan bahasa nasional bahkan asing sekalipun. orang yang menuding belagu karena bahasa kita berubah adalah orang yang iri terhadap kemajuan anda. kalau orang lain belagu ke kamu karena kamu menjadi orang yang sombong dan sok-sok-an baru deh kamu minder.

mempelajari bahasa asing telah disadari oleh banyak orang bahwa akan menambah nilai plus buat diri kita. lalu tunggu apalagi, kamu malu dan minder. plis deh, mau rezeki kamu minder sama kamu.

belajar bahasa tidak perlu les, akhir-akhir ini saya juga tertarik dengan beberapa bahasa, semisal jerman, belanda, arab, spanyol. bisa gunakan media online seperti youtube untuk membantu kamu dalam belajar. mahasisiwa biasanya cara menangkap materi lebih mudah mengerti dari pada bukan mahasiswa, jadi pelajaran seperti ini bisa menjadi tambahan kamu dan bisa dilakukan di mana saja, bahkan hanya perlu biaya pulsa internet.

5. gak ada salahnya kamu bekerja pada bidang yang dianggap rendah atau sepele, misalnya kamu bekerja di pabrik tempe, berjualan koran, menjadi penyebar kartu promosi, atau pelayan di rumah makan. kalau kamu seneng dan bisa banyak belajar bukankah itu lebih baik dari pada diem di kosan, maen game, nonton film, ketawa-ketawa sama temen, karokean, dan lainya. dengan bekerja pada pekerjaan biasa saja mungkin akan melatih diri semakin lebih peka.

6. cobalah traveling ke luar negri seorang diri, kamu bisa benar-benar melihat perbedaan, menghargai diri kamu sendiri, menghargai bangsamu, bahkan kamu akan merasa bahwa indonesia negara yang bener-bener keren, bahkan kamu juga akan merindukan tukang gorengan. apalagi kalau kamu pergi ke negara yang kaya dan sudah bagus, semisal thailand, malaysia, singapore, jepang, korea. pasti kamu akan banyak belajar, walau kamu pergi sendiri tanpa guru atau yang memberi tahu, dengan kamu memperhatikan lingkungan mereka, kamu akan belajar. dan informasi bagusnya kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri hanya dengan biaya rendah, yang penting kamu mau googling dan gali info.

7. sering googling, dengan kamu diem di media internet, kamu bisa menemukan apa saja yang kamu mau. video ceramah, video kehidupan, komik naruto, jutaan musik, dan tentu saja kamu harus lebih sering gali informasi. buka-buka website berita international, berbelanja buku online, mencari informasi beasiswa, membaca artikel sejarah, dan lainya.

8. menabung, kamu bisa aja punya impian banyak, tapi menabung itu penting. kamu perlu pulsa modem, perlu beli buku, perlu biaya traveling, perlu biaya pacaran, biaya beli baju, biaya hangout.

nah coba kamu perhatikan anak-anak muda, trendi dan gaul bahkan mereka juga unik-unik. apakah kamu tidak mau menjadi salah satu anak muda yang berbeda dari teman kamu, banyak kan sekarang anak muda yang sudah sukses dalam banyak hal. dan tentu saja tanggung jawab kamu itu banyak, pada orang tua dan Tuhan. hidup itu pilihan kamu ingin uang-uang kamu habis hanya untuk kebutuhan gaya hidup dan eksis saja atau kamu ingin uang kamu habis untuk membangun diri kamu?

kalau diajak maen pees past kemungkinan kamu nolak itu kecil, tapi kalau diajak kumpul di mesjid untuk menambah ilmu pasti susah.

hidup itu pilihan.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s