menyesali, sampai mempengaruhi tidur dan pikiranku

saya diminta untuk menyampaikan kesan dan pesan saat acara pengukuhan kampus, menjelang wisuda biasanya diadakan seperti acara pelepasan mahasiswa yang telah sidanu g oleh pihak fakultas. karena salah satu teman melihat saya cukup mumpuni untuk melakukanya, maka saya pun diminta.
saya menyepelekan hal semacam itu, biasanya saya suka malas kalau harus mengawali dengan banyak salam hormat buat beberapa orang penting. saya lebih suka langsung ke poin, bukan berarti saya tak menghormati tapi apakah rasa hormat harus selalu ditunjukan dengan kata pengantar yang terhormat, atau yang saya hormati.
saya dipilih sebagai orang pertama yang akan menyampaikanya dari 2 jurusan dan 3 strata.
malam sebelumny saya tidur lebih awal karena tidak begitu sibuk di rumah, bukan untuk persaiapan, hanya ingin saja tidur lebih lama. kemudian pagi hari saya bekerja terlebih dahulu dan sudah dijatuhi kotoran burung dara, saya pun iseng membuat status di BBM “pagi-pagi sudah dipodolin, semoga hari ini gak sial.”
sebelum acara dimulai jam 8 pagi, saya sudah hilir mudik menanyakan apa yang mesti saya sampaikan, saya pun melihat kata pengantar milik mahasiswa D3 yang juga akan menyampaikan kesan dan pesan.
saya ragu harus bicara apa, saya tak begitu memikirkanya hanya menanti kapan saya harus ke depan. yang penting saya ucapkan kata pengantar, selamat dan sukses buat yang sudah lulus, ucapan sayang karena hanya sedikitan mahasiswa manajemen yang sudah sidang dari jumlah yang banyak,minta doa, dan sekian. ketika saya bertanya sayaa berapa lama saya harus bicara, saya diberitahu ya kurang lebih lima menit.
wow dalam waktu singkat itu harus ngomong panjang dan saya harus mewakili semua mahasiswa bukan pernyataan dari saya saja.
ketika saya dipanggil dan maju ke depan, lalu mengucapkan kata pengantar, tiba-tiba saya bingung alurnya harus seperti apa, seolah saya tak menemukan kata penghubung yang tepat untuk merangkai banyak kata, saya mentok dan bingung, akhirnya beberapa kata dan maksud saya ulang. mana kesan dan pesan saya bingung, bahkan mungkin seingat saya tak ada pesan yang terlontar, hanya permintaan maaf jika selama kuliah ada kesan yang kurang berkenan. bahkan saya mengakhiri kalimat dengan kata yang tidak begitu nice.
ketika saya kembali ke kursi saya bingung dan siap dengan komentar teman-teman. kemudian saya terpikir terus mengenai apa yang telah saya sampaikan tadi ke beberapa teman, mereka mengatakan that I am not like ussual. mungkin karena saya kurang latihan dan sudah lama tidak presentasi. 2 hari berikutnya saya terus memikirakan kejadian itu bahkan sebelum tidur hingga selalu bermimpi aneh dan membuat kepala sakit seperti pagi ini.
saya telah mengabaikan banyak hal, kepercayaan dan kesempatan saya untuk menunjukan saya bisa memberikan motivasi buat teman yang lain. .a
inilah pelajaran bagi saya yang selalu menganggap mudah dan remeh beberapa hal dan merasa sok paling bisa. hingga saya seolah mempermalukan diri sendiri di hadapan temen, orang yang meragukan dan dosen serta tamu undangan. saya juga tidak mempersiapkan dengan baik apa yang mesti diucapkan, seolah saya jago ngomong, tak membawa teks. hanya selembar kertas yang isisnya nama-nama orang yang harus saya hormati.
memang biasanya kalau saya beriacara membawa kertas, pad, atau media lain sebagai bahan bacaan ketika berbicara di depan, saya seolah stuck dan kadang jadi mengacaukan segalanya.
entahlah mungkin saya juga takut pendapat orang lain mengenai penampilan saya waktu itu, saya tak seperti biasanya dan sekarang banyak hal yang ingin saya ucapkan kembali dan sesali.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

