Upacara di Gath 1, Varanasi

CIMG4796

informasi mengenai upacara yang selalu diadakan pada sore hari saya dapat sekilas-sekilas saja, jadi saya tak begitu tahu mengenai maksud dan tujuan. just want to see, akhirnya sore menjelang malam kami berjalan menuju tempat tersebut. cukup jauh memang dari penginapan kami.

Jalanan semakin ramai sekali, saya bingung jalan mana yang harus diambil, dari tadi kami hanya lurus saja. memang unik sih karena bisa melihat berbagai aktifitas warga lainya yang sedang berjualan. ada buah-buah mangga yang ingin saya beli saat pulang nanti.

sampailah kami di sebuah area tempat upacara itu digelar, sudah ada orang-orang yang berkumpul mengelilingi seorang pemuda yang duduk di atas meja dengan berbagai sesajen/makanan, orang-orang itu juga sebagian memakai pakaian yang cukup anggun dan spesial berdandan, mungkin mereka pengunjung dari jauh. alunan tabuhan alat musik yang sederhana mengiringi proses ritual tersebut. saya sibuk dengan kamera dan merekam sebanyak mungkin kegiatan itu.

CIMG4816

upacara cukup lama dan proses upacara juga sebentar lagi selesai. saat tabuhan sudah berhenti, orang-orang langsung mendatangi si pemuda tadi dan meminta berbagai sesajen, saya juga ikut mendekat tapi tak meminta makanan yang dibagikan itu.
CIMG4825

setelah acara selesai, kami pun didatangi 2 pemuda india yang ingin mengenal kami. mungkin saja sebenarnya dia ingin mengenal lebih si pemuda jepang itu, tapi karena bareng kami sehingga kami pun diajak untuk berkeliling kotanya besok dan dia sebagai guidenya.

CIMG4819

ketika kami pulang, saya juga menyempatkan diri membeli mangga India, dan uang kembalianya tidak diberikan oleh si pedangang, mesti tak seberapa, tapi itu membenarkan isu yang selama ini saya dengar.
di penginapan saya membuka mangga tersebut dan memakanya bersama, ternyata enyak-enyak-enyak banget.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

