Tips Backpacking Pemula

Backpacker lebih banyak dikenal dengan melakukan perjalanan murah sehingga siapa yang tak tergiur. Hampir semua orang suka banget dengan liburan atau jalan-jalan. liat aja ke puncak bogor saja sering macet, di gunung-gunung kalau liburan banyak yang ngedadak hiking. apalagi saat sekarang banyak informasi mengenai perjalanan, tayangan televisi tentang jalan-jalan, liat foto-foto perjalanan yang bagus, orang makin envy aja.

ok saya mau bahas tentang petulangan ke luar negri, karena banyak yang bilang tiket ke singapore lebih murah dari pada ke bali. 4 tahun lalu saya juga merasa harus jalan-jalan untuk menambah kepercayaan diri dengan cara jalan-jalan hemat dan saya memilih luar negri karena melihat tayangan televisi mengenai backpacking.

bagi saya mungkin ekspektasi luar negri seolah wah gitu, dan kayaknya keren aja. terus beberapa buku juga menuliskan bahwa sekian hari ke luar negri cuma butuh dana sekian juta, kalau gak salah keliling asia tenggara cuma 3 juta selama 10 hari.

akhirnya saya gabung dengan grup backpacker dunia dan cari-cari info dari traveller lain melalui pesan atau banyak baca buku sebagai informasi untuk memantapkan diri.

ok mari saya ulas tips itu

1. motivasi, penting sih buat yang mau jalan, mungkin karena melihat di tempat itu ada yang menarik atau kamu penasaran sama negara/tempat itu. motivasi bahwa kamu realistisnya bisa kemana dulu sebelum ke negara-negara yang memang bagus dan orang impikan tapi agak susah seperti eropa. ya bagi kamu yang memiliki dana banyak sih its’ ok tapi kalau sedikit dan terbatas ya yang deket aja dulu tapi luar negri.

2. Tujuan bagus, almost orang-orang memilih singapore dan malaysia untuk pertama kali. saya saranin sih mending yang agak beda tapi juga bagus, semisal Thailand atau Vietnam karena 2 negara ini banyak sekali perbedaanya dari Indonesia jadi kita kaya kaget gitu nemu sesuatu yang baru yang belum pernah kita alami. kalau singapore dan malasysia kan banyak yang masih menggunakan bahasa Indonesia atau melayu ya? jadi agak gimana gitu?

3. Banyak baca kisah-kisah orang lain yang memulai perjalananya seperti apa. itu juga bisa menjadi motivasi kita untuk berpetualang. misalnya tiba-tiba kamu baca kisah traveller yang berkliling sepanjang hidupnya terus membaca manfaat atau keseruan yang dialami dan membuat kamu langsung ingin seperti dia. apa itu mungkin atau tidak dengan melihat kapasitas kamu, kalau kamu tanya ke motivator otak kanan sih pasti akan bilang mungkin sekali, kenapa tidak. tapi apakah kamu seoptimis itu?

4. Pasport dan Visa. pasport itu buku untuk identitas kita yang berlaku di luar negri, kaya KTP lagi tapi ini berbentuk buku dan kamu mesti punya kalau pengen ke negara orang. terus cari tahu juga negara mana yang bebas visa dan mana yang pake visa. kalau bebas visa artinya kita tinggal beli tiket aja dan cus ke negara itu. kalau pake visa kamu harus urus-urus izinya ke kedutaan negara itu. infonya bisa kamu cari di internet dengan menulis negara bebas visa dan pake visa.

5. Membeli tiket, kamu sudah tau kan kalau tiket pesawat itu banyak yang murah apalagi pesawat yang low cost carrier itu murah banget atau terjangkau. kalau maskapai bukan asli Indonesia biasanya harus bayar pake kartu kredit atau kalau kamu tidak punya ya terpaksa beli tiket pesawat yang bisa bayar pake ATM lokal atau fasilitas dari Bank lokal. waktu itu saya menggunakan klik bca dan beli tiket PP singapore. saya tak memiliki kartu kredit tapi saya mengenal teman yang bisa diminta bantuanya untuk membelikan tiket.

Di bagian ini temen-temen harus hati-hati, jika memang membutuhkan bantuan jasa orang lain, pastikan yang benar-benar bisa dipercaya dan jangan tergiur tawaran yang unik-unik tapi penipuan. kamu juga bisa tanya temen-temen kamu yang memiliki kartu kredit untuk bantuan atau kamu bisa minta bantu travel agent yang ada di sekitar tempat kamu tinggal dengan membayar fee ke mereka. pokoknya kamu hati-hati banget dehk.

6. kamu gak usah bingung gimana kamu akan tidur, memang di negara orang tidak bisa tidur sembarangan karena jarang banget orang tidur depan toko gitu atau ada pos gitu tuh jarang baget bahkan gak ada. lagian malu lah kok tidur di jalanan. setiap negara punya kok pengingapan murah, kalau pengen murah jalan-jalan berarti kita harus cari tahu biaya minimal untuk mendapatkan sesuatu termasuk penginapan. jadi misalkan kamu mau ke thailand selama 10 hari, nah di thailand ini banyak penginapan harganya cuma 50 ribu semalam sehingga kamu bisa nyiapin duit tabungan untuk menginap yaitu 500 ribu untuk sepuluh hari. nah biaya ini tidak boleh kamu macem-macemin dulu.

kamu juga bisa tidur di kendaraan kalau memang mau pindah dari kota A ke kota B dan itu membutuhkan waktu lebih dari 5 jam, jadi kamu bisa hemat biaya penginapan. sehingga biaya penginapan yang gak terpakai bisa kamu gunakan buat shoping atau apalah.

eh iya kamu gak usah bingung mesti booking penginapan dari Indonesia, kamu cari tau aja tempat mana yang banyak penginapan murahnya, pasti dapat kok dengan banyak bertanya. jadi kamu gak usah ribet-ribet lah kalau gak punya kartu kredit. lagian lebih seru kok nyari langsung di tempat. tapi bagi yang bekerja dan memiliki waktu yang sebentar buat berpetualang alangkah bagusnya booking keperluan dasar kita selama di sana, sehingga gak banyak makan waktu nyari-nyari dulu. misalkan kamu harusnya hari ini tuh ke banyak tempat wisata di Bangkok, tapi karena kamu gak punya penginapan jadi kamu harus nyari2 dulu penginapan dan itu makan waktu gak sejam duajam. bisa beberapa jam.

7. Duit, nuker duit kalau gak ada mata uang negara tertentu mending beli yang universal aja kaya DOLLAR gitu, nanti tukerin lah di negara masing-masing pas kamu tiba.

8. Barang Bawaan, siapin aja barang-barang yang bener-bener kita butuhkan. kalau kaos-kaos rencana mau beli beberapa di negara itu berarti dari rumah bawa sedikit aja, biar nanti kamu beli di sana dan ada logo unik dari tempat itu kan kalau berfoto nanti lebih gimana gitu kesanya. hahahahahha

9. Buku panduan ada yang bilang penting atau ada juga yang bilang gak penting, katanya sih ngapain jiplak perjalanan orang, perjalanan kan untuk masing-masing. hehehehe ya kalau bagi kamu perlu sih bawa aja, kalau nggak dan pengen segalanya spontan ya jalan aja.

10. sekarang karena banyak yang bisa jalan-jalan sendiri dan banyak juga traveller dari berbagai negara hampir sama lah konsepnya. nah kalau kamu pengen unik, tinggal berpikir aja bagusnya gimana ya kamu jalan-jalanya atau gimana style agar aku beda dari orang lain.

11. Bahasa, kalau kamu tanya-tanya ke yang suka berpetualang pasti emreka banyak yang menemukan turis lain dari negara yang gak berbahasa inggris tapi pede jalan-jalan, kaya orang jepang, china, taiwan, itu mereka banyak kok yang bener-bener ancur bahasanya. ya kalau bagus bahasanya dan kamu orangnya welcome pasti banyak temen di perjalanan. tapi sejauh ini sesama traveller mereka satu sama lain saling exited gitu lah.

12. cari lah makna travelingmu!!!

hehe semoga membantu..
sebagai penambah semangat saya waktu itu belum pernah naik pesawat, gak punya kartu kredit, bahasa inggris ya gak lancar-lancar amat, sendirian ke luar negri dan langsung milih 5 negara.
ayoo kamu pasti bisa!!!

saya gak punya saudara ataupun teman di luar negri.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s