Siapapun Mampu berhaji

Ibadah haji dalam islam merupakan rukun islam yang ke lima dan wajib bagi orang yang mampu, namun sayangnya pengertian mampu ini lebih banyak diartikan untuk orang yang memiliki harta banyak, biasanya identik dengan rumah bagus, sawah luas, kendaraan banyak, anaknya lulusan kuliahan dan menantunya orang terpandang juga. Sebagian kecil juga sudah berpikir untuk mengutamakan impianya ke tanah suci dengan mengumpulkan uang bertahun-tahun lamanya. Atau ada juga yang tiba-tiba dapat rezeki nomplok sehingga bisa meraih impianya.

Selain itu sebenarnya kita juga mampu kalau bertekad kuat, termasuk saya sendiri yang belum menerapkanya yaitu menabung uang dari sekarang.

Anda perokok aktif, berapa bungkus rokok yang anda habiskan setiap harinya?
Misalkan anda mengkonsumsi rokok sebungkus perharinya seharga 15 ribu.
Ongkos haji misalnya :
Rp. 30.000.000 : Rp. 15.000 = 2000
Jadi jika anda sudah mengkonsumsi 2000 bungkus berarti anda seharusnya sudah bisa pergi haji, kalau pergi haji bisa mendatangkan pahala besar, tapi kalau merokok cuma akan mendapat penyakit dan menyengsarakan keluarga.

Berarti anda kudu nabung 2000 kali untuk mendapatkan ongkos ibadah haji. 2000 kali : 365 hari = 5,47 tahun jadi sekitar 5 tahun 5 bulan untuk memenuhi ongkos haji.

Jadi sebenarnya anda mampu ya untuk beribadah haji karena kemungkinan anda mengkonsumsi minimal 1 bungkus perharinya. Tapi sayangnya kalau merokok anda cuma investasi penyakit.

1 bungkus aja kalau udah 5 tahun 5 bulan udah 30 jutaan, bayangkan berapa lama anda sekarang sudah menjadi perokok aktif? Kalau lebih dari 10 tahun artinya anda sudah nabung 60 juta untuk beli penyakit.

Setelah anda sakit bukanya kudu berobat, bayar lagi, bau mulut mau nyium istri juga bikin eneg, bau napas juga, udah gitu asapnya juga menganggu orang lain.

Apalagi yang merokoknya lebih dari sebungkus ya perharinya.
Nah bagi yang gak merokok mungkin bisa ikutin tips ini, nabung 15 ribu sehari. Hehehhee

Semoga menginspirasi.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s