Perjalanan Sendiri dan Bareng Temen

Karena jalan-jalan murah/backpacking itu sekarang lagi booming-boomingnya maka setiap musim liburan kita bisa melihat begitu banyak sekali pengunjung sebuah tempat wisata, toko outdour tools ada dimana-mana dan lebih banyak, merk-merk untuk keperluan adventure juga makin banyak, pengunggah foto berwisata juga makin banyak.

Jalan-jalan sendiri biasanya lebih banyak memberikan pengaruh baik misalnya:
1. kita jadi selalu waspada terhadap apapun, ya kita jalan-jalan pasti makin lebih care sama diri sendiri karena selalu waspada.

2. menjaga etika, ketika sendiri kita ingin perjalanan kita itu nyaman dan lancar, sehingga kita jadi bersikap lebih luwes terhadap tata krama, kesopanan dan mau menghormati orang lain.

3. mudah bergaul dengan orang lain, karena kita sendiri jadi otomatis kita harus bicara agar mendapatkan teman. kita bisa menggali topik pembicaraan sesuai lawan bicara kita dan memberi banyak kesempatan untuk bersilaturahmi dengan orang-orang biasa yang kita temui dan kadang kita tak menyangka yang duduk di sebelah kita memiliki cerita-cerita yang mengagumkan.

4. jalan sendiri membuat kita harus berjuang ektra dalam mendapatkan apa yang kita butuhkan, kita jadi mau bertanya dan harus mengandalkan diri sendiri untuk mendapatkan itu semua.

5. kita belajar mengatur diri sendiri, dengan cara itu kita bisa banyak belajar memanfaatkan segala yang kita miliki.

6. lebih religius, kenapa? tempat yang kita tuju begitu asing, kita juga kadang berpikiran mengenai risiko kejahatan yang kita alami, dan biasanya kita percaya berdoa kepada Tuhan menjadi salah satu upaya untuk menghilangkan risiko itu.

7. kita gak mudah mengeluh, mau mengeluh pada siapa selain pada media sosial. apapun yang kita jumpai mengenai keadaan di suatu tempat bisa kita renungkan sendiri, kalau suka yang stay kalau gak suka yang leave dan itu tergantung mau kita.

8.

Nah sekarang saya bahas mengenai jalan-jalan bareng temen yang masih-masih muda kali ya lebih cocoknya dan tergantung temen jalan.

1. kalau dalam satu grup biasanya kita lebih mudah bercanda, ketawa-ketawa gak karuan, ngobrolin mengenai ini-itu.

2. tentu saja kita bisa gantian untuk saling foto bareng temen

3. susah senang bersama sampai perjalanan usai dan kadang ada yang dijadikan leader dan selalu diandalkan dalam segala hal.

4. karena banyak bercanda jadi kadang obrolan atau bercandaan kita berlebihan, atau kita membawa kebiasaan dari suatu tempat ke tempat lain, misal kita bawa kebiasaan kita yang agak bebas berbicara ke kampung yang harus lebih lues dalam berinteraksi.

5. kebanyakan foto bareng jadi kurang menikmati apa yang sebenarnya menjadi wisata.

6. beda kepala dan beda pemikiran kadang juga bisa sampai berantem atau berselisih dan akhirnya musuhan.

7. lebih banyak ngobrol pake bahasa ibu, kalau ke luar negri kan harusnya bisa sambil belajar bahasa orang lain.

8. kurang memperhatikan hal-hal kecil yang berarti besar, misal budaya malu, dll.

masih banyak sih tapi belum kepikiran lagi nih, nanti menyusul ya!!

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s