Silahkan Semua Restoran Buka

Musim toleransi heboh dengan restoran yang boleh tetap buka sepanjang Ramadhan. terus emang masalah? perasaan muslim banyak yang biasa aja deh, gak ada yang mempermasalahkan. saya perhatikan dan denger sendiri kalau banyak muslim biasa aja, mau restoran buka atau nggak. emang selama ini gak gitu ya? gitu juga kali, apalagi di kota besar, di mall. restoran penuh dan isinya juga banyak cewek berhijab, bapak-bapak yang jelas muslim, terus masalah. ya makanya udah dari dulu kali restoran buka.

kali ini saya ingin membahas puasa bagi perempuan. enak ya perempuan kadang ada masa haidnya dan tidak boleh berpuasa selama masa haid itu. saya tergelitik aja karena tadi ada seseorang menuli status yang isinya diajak ke restoran karena lagi haid dan gak mempermasalahkan restoran buka, dia sepertinya ingin menekankan kalau restoran gak masalah buka saat ramadhan.

para gadis dan wanita, kalian memang tidak berpuasa saat masa haid dan terserah kalian mau makan di manapun, itu hidup kalian dan uang kalian. saya cuma bisa bilang. lah kan bukan berarti kamu haid bukan berarti persepsi kamu boleh makan di tempat umum bebas sah-sah aja. kalau berpikir kembali ya harusnya merasa gak enak hati dong sama orang lain dan rasanya malu aja kali ya duduk manis di restoran terus nyedot es dan ngobrol sama temen sambil ketawa-ketawa.

kita diajarkan untuk menghargai orang lain sama orang tua, disuruh tau malu lah. malah kalau orang tua zaman dulu anak kecil yang gak berpuasa saja disuruh makan untuk ngumpet-ngumpet. apa tidak terpikir ke sana, menghargai orang lain ya merasa malu bahwa apa yang kita lakukan tidak manis keliatanya.

persepsi dan pemikiran bahkan cara tafakur setiap orang berbeda, mungkin saja dia benar dan saya salah. saya hanya ingin menekankan rasa malu dan menghargai orang lain bahkan itu bisa jadi merupakan perwujudan menghargai ALLAH terhadap bulan suci.

tahan nafus selama sebulan, jangan ingin menunjukan bahwa kamu lagi ngonkrong di cafe dengan menggunakan hijab dan berharap orang nilai bahwa kamu sedang haid. OMG.

bukan cuma itu yang mau saya tulis.

ramai di media mengenai tempat makan boleh buka di saat ramadhan, sebagian pro sebagian mengutuk padahal dari dulu juga tempat makan buka-buka aja. yang mengutuk kenapa gak sekalian mengutuk muslim yang menjual makanan dan membuka tempat makanya di saat ramadhan. coba kunjungi mall deh, berapa banyak manusia yang pergi menikmati huforia belanja dan tak sah kalau gak makan.

pemikiran saya loh ini, sebaiknya para pedagang makanan itu udah save uang untuk menghadapi bulan puasa, agar mereka bisa rehat sejenak.

misalnya kalau kamu guru, kamu minta anak-anakmu untuk pinter tapi kamu beri contekan apakah itu baik?
terus bagaimana dengan muslim yang menyediakan makanan untuk muslim lain yang tak berpuasa. saya gak tau itu dosa atau tidak tapi itu mengusik pemikiran saya selama ini. karena menurutku itu tidak relevan.

tidak semua orang berpuasa dan taat agama apalagi negara ini mayoritas beragama islam dan yang pasti yang tidak taat sama agama islam pun banyak salah satunya tidak melakukan ibadah wajib seperti berpuasa. dan mereka merupakan manusia yang butuh makan, sehingga bukalah warung makan, yang masak dan ngelayaninya berpuasa tapi melayani yang tak berpuasa. hmmmm lucu ya.. kaya orang pinter yang jelas-jelas ngasih contekan ke temenya di sekolah, bukanya ngajak pinter, niat bikin nilainya bagus tapi malah memperbodoh sebenarnya.

sebenarnya saya tak berhak menilai ibadah seseorang. saya di atas sama sekali tidak membahas ibadah individu ya, saya hanya melihat penomena dan ingin menulis mengenai hal-hal yang menggelitik saya.

sekian terima kasih.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

