Anak Muda Kekinian

Yap mari kita bahas beberapa aktifitas anak muda yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kamu.

1. Gabung komunitas
Komunitas atau Kelompok-kelompok yang ada di lingkungan kita itu banyak. Tapi kamu gak gabung sama sekali, ya ampun rugi banget.

Kenapa? Dengan mengikuti komunitas kamu bisa mengekspresikan apa yang kamu suka. Banyak sekali komunitas yang mungkin mewakili keinginan dan kemauan kamu. istilahnya satu misi dengan kamu.

Tapi tunggu dulu, lebih baik kamu curahkan untuk bergaul atau bergabung dengan komunitas yang bisa membawa kamu semakin maju. Jangan malah membuat kamu banyak gaya dan ngebebanin orang tua bahkan kamu makin gak karuan.

Apalagi gabung sama komunitas pecinta artis, ya pastinya pembahasan kalian seputar artisnya, paling banter bikin baju dan jumpa fans yang diomongin, kadang malah kamu jadi sering keliaran di luar rumah. Atau gabung sama geng motor, ampe kamu menindik tubuh, suka miras, dan narkoba.

Komunitas yang bisa mengedukasi kamu itu jauh lebih penting buat masa depan dan disanalah kamu juga akan bertemu dengan orang-orang sama berbobotnya, berbobot itu bukan hanya pintar karena nilai-nilai bagus aja ya. tapi bisa juga komunitas yang mampu mengembangkan kemampuan kamu dan yang bisa membuat kamu semakin berprestasi.

Misalnya komunitas pecinta kerajinan tangan, kaligrafi, bahasa, olah raga, seni tari, pecinta budaya, marching band, dan lainya.

Nah gabung ke komunitas jangan cuma cari ketenaran, pelajari banyak hal terlebih dahulu, pelan-pelan dan berkembang.

2. Siap-siap untuk tidak dulu terlibat cinta. Bagi kamu yang mudah jatuh cinta, berhati-hatilan karena kadang membuat suatu hubungan yang akhirnya gagal akan mengorbankan banyak hal dari diri kamu.

Misal karena putus, kamu jadi males sekolah karena ketemu dia, malas ikutan organisasi, komunitas dan males ketemu temen-temen yang lain. Ada loh temen saya yang ampe sekarang lenyap ditelan bumi karena putus untung kuliahnya tidak berantakan.

Kamu single tapi berkualitas lebih tinggi nilainya ketimbang cakep, bego dan modal tampang doang. Orang-orang akan lebih iri sama karirmu yang gemilang ketimbang kamu jadi playboy atau playgirl yang punya daftar nama-nama mantan dan selalu dibanggakan.

Tapi kamu juga kalau butuh pasangan harus buat target di usia berapa kamu akan memulai hubungan dengan orang lain. dengan kualitas dan kapasitas pergaulan kamu, kamu akan menemukan cinta yang bisa menyeimbangi apa keinginan kamu dan semoga cintamu lebih amazing.

Meski kamu single tapi selama perjalan panjangmu terus berkarya dan menghasilkan ketertarikan banyak orang, kelak akan ada manusia yang klop dengan kamu. Jadi gak usah takut kamu gak bakal punya pasangan.

3. Membuka diri untuk belajar.

di saat lapar coba kamu bayangin makanan, seolah banyak makanan enak dikepala ingin kamu lahap semuanya kan?

Nah ilmu pun demikian. Sebenarnya tips dari saya ini lebih mengarah buat anak-anak biasa aja. Bukan anak yang pinter dari nilai-nilai. jadi bagi kamu yang merasa biasa-biasa saja. membaca ini harusnya bisa memberi kamu masukan.

Kamu ingin sukses, ya kamu harus menyeting otak kamu untuk giat belajar apapun. Coba kamu bayangkan orang-orang sukses yang kaya ilmu, berbicara dengan begitu hebat dan nampak keren karena terlihat pinter atau cerdas. Nah mereka bisa seperti itu karena apa?

Tuhan adil dengan menciptakan manusia berbagai karakter, di masyarakat yang membedakan pinter dan tidak cuma karena angka 10/100 saja. Padahal tidak begitu karena ada yang pinter di sekolah ada yang pinter menjalani hidup. tapi semuan orang memiliki otak tinggal siapa yang bisa menunjukan keunggulan berpikir otak itu.

Coba ke perpustakaan atau ke toko buku, kira_kira kamu suka buku yang mana, jangan bilang cuma komik yang kamu sukai. Kamu boleh aja pilih komik tapi kamu juga harus berpikir kenapa ada komik? Bagaimana komik dibuat?dan pertanyaan-pertanyaan kritis itu yang mungkin bisa kamu gali. Itu juga akan meningkatkan keingintahuan dan antusiasme kamu.

Kamu jangan batasi diri kamu dengan perkataan tidak bisa. Adik saya disuruh lipat baju selalu bilang tidak bisa, ampe saya jengkel dan marahin dia, tapi ketika dia coba ternyata bisa. Kamu jangan batasi diri kamu untuk melakukan apapun. Kamu coba terlebih dahulu, bisa jadi kamu akan memiliki banyak kemampuan dan saya yakin itu tidak akan rugi buat dirimu sendiri.

Nah banyak sekali sebenarnya pelajaran yang bisa diambil kalau kita mau terbuka.

4. Kamu jangan pelit tenaga
Kadang karena telihat tidak ada benefitnya buat kamu, maka kamu tidak mau melakukanya. Atau biarkan orang lain yang melakukanya dan kamu menghindar. Saya kasih tau ya banyak orang indonesia yang suka kaya gitu termasuk beberapa teman saya. Hahaha apalagi ketika kita bekerja dalam satu tim jadi ketahuan mana yang bisa diandelin mana yang suka ngandelin dan saya yakin orang yang banyak rezekinya yang bisa diandelin karena orang yang suka ngandelin tidak bisa apa-apa akhirnya yang bisa diandelin punya kerjaan.

Itu sih tergantung persepsi kamu. Tapi setidaknya saya percaya Tuhan Maha Adil dan manusia harus berusaha. Nah dengan mengoptimalkan semua kemampuan kita menurutku itu menunjukan rasa syukur.

Orang pelit makin sulit, orang gak pelit tambah kaya. Saya juga yakin kalau Tuhan memberikan amanah kekayaan pada sebagian orang karena orang itu mampu untuk mengelola hartanya dan tidak pelit untuk membantu serta bisa memberikan pengaruh buat orang lain karena kekayaanya itu.

Tapi kamu boleh pelit pada hal-hal buruk, misalnya pelit nyontek, pelit tenaga untuk menbantu ketidak benaran dan lainya.

5. Ikutan kegiatan volunteer
Kamu ingin berguna bagi sesama, nah dengan ikutan kegiatan seperti ini kamu akan mendapatkan pengalaman luar biasa. Bahkan bisa jadi nilai tambah kamu di biografi kamu kalau melamar kerja atau mencari beasiswa.

Kamu juga akan menemukan orang-orang kaya betulan yang sederhana dan mau bersumbangsih buat masyarakat, kamu juga akan menemukan makna-makna hidup dari melihat berbagai kondisi sosial. Tentu saja berbagi akan membawa kamu pada kebahagiaan.

6. Menggali ide-ide dalam diri.
Kamu harus aktif menemukan ide-ide agar kamu juga semakin berkembang, terkadang hal itu bisa memunculkan inovasi dan tantangan baru. Kamu juga jadi memiliki suatu motivasi untuk mengaktualisasikan ide. Ide berkembang dengan menggali banyak informasi makanya semakin banyak belajar semakin baik.

7. Berkawan dengan internet.
Internet kadang buruk tapi bisa juga baik. Banyak sekali yang bisa kamu dapatkan dan akan memperkaya kamu. Artikel berguna bahkan foto-foto edukasi menarik juga banyak disitu.

8. Selalu antusias dan gak pelit senyum
Paket komplit yang harus kamu miliki adalah antusias yang terpancar lewat bahasa tubuh. Sikap mau mendengarkan, selalu senyum, menanggapi perkataan orang lain, dan baik hati bisa menjadi cerminan orang yang terbuka akan apapun dan menyenangkan bagi siapapun. Hal itu bisa tumbuh secara alamiah tapi bisa juga dipelajari tapi dengan perlahan.

9. Meneladani
Kalau kamu masih masa berkembang, banyak sekali orang hebat yang bisa diteladani. Ambil yang baik-baiknya dan jadikan pertanyaan motivasi.

Kenapa orang itu bisa seperti itu?

Hal ini akan membuat kamu tergugah untuk mencari tahu. Kamu bisa-bisa sangat termotivasi dengan perjalanan hidup orang lain.

10. Berniat baik
Kamu melakukan itu semua hanya untuk mengaktualisasikan diri dan menyebarkan kebaikan. Perkara balasan dan benefit jangan dulu menjadi prioritas kamu. Karena hal itu akan secara alami menghampiri kamu. 

11. Jangan terlalu percaya diri bisa memimpin.
Baru dipercaya sedikit dan ditawari jadi pemimpin kamu langsung ambil atau secara terang-terangan kamu terlihat ambisius ingin jadi pemimpian. Santai saja, orang berkualitas akan bersinar dengan sendirinya dan saat waktu yang tepat akan banyak keajaiban selama kamu memimpin. kalau orang-orang mengetahui kualitas kamu dengan paket komplit, orang tak segan-segan menunjuk kamu karena kamu pantas.

12. Berdoa dan berbakti
harusnya menjadi poin pertama. Namun kadang kalau saya tulis diawal orang-orang mengiranya saya mau ceramah.
Kamu terlahir di dunia dengan paket sempurna. Apakah kamu akan menjalani hidup biasa saja seperti yang lain? atau kamu ingin maksimalkan semua potensi yang Tuhan berikan?

Ayo setting mind kamu untuk lebih berguna. Kamu harus banyak tambah kemampuan kamu agar bisa melakukan banyak hal dan semakin banyak hal bisa dilakukan maka sumbangsih kamu akan lebih banyak. Dan tentu saja kalau kamu masuk dunia kerja atau bahkan jadi pengusaha sekalipun kamu memiliki banyak kemampuan yang bisa diunggulkan.

Kemampuan mengurus orang lain, membuat strategi, mengambil keputusan, dan lainya itu kan dipengaruhi juga dari pengalaman kita sebelumnya, semakin kamu banyak menghadapi situasi apapun maka semakin bagus untuk memperkaya cara berpikir kamu.

Ahkk cape juga sampe saya lupa ya apa saja yang sudah saya bahas. Nampaknya nanti harus saya lanjutkan lagi. Terima kasih sudah membaca dan semoga berguna buat kamu semua.

Salam

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s