Kecanduan Internet (MEDSOS)

Internet telah berkembang dengan pesat. kita semua merasakan dampaknya secara nyata. apalagi sekarang banyak gadget yang terus update dengan kemampuan lebihnya yang dijual ke masyarakat dan beberapa merk menawarkan harga yang cukup terjangkau. selain itu software yang terbenam dalam gadget membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh data-data agar beberapa aplikasi dapat beroperasi maksimal. oleh sebab itu internet cukup berpengaruh besar untuk saat ini.

Berikut saya bahas mengenai kecanduan internet.

1. Anti Sosial
Handphone bagus dan aplikasi media sosial yang semakin banyak membuat seseorang terhanyut dalam komunikasi virtual. tak heran kita akan menemukan banyak orang yang terus memegang dan memperhatikan handphonenya. bahkan kita juga sering mendapati temen kita yang sedang hang out bareng tapi dia terus aja asik dengan handphonenya.

saya sendiri pernah merasakan hal seperti itu, wajah saya serius melihat layar handphone tapi saya sedang cekikikan di obrolan chat. aneh kan.

mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. kecanduan internet membuat kita merasa asik sendiri dengan internet apalagi media sosial. kita bisa menunjukan eksistensi kita di media sosial itu tapi di dunia nyata kita tak bergerak kemanapun dan kadang lebih asik sendiri, sehingga di dunia nyata hubungan-hubungan yang ada kadang menjadi tidak terjalin dengan baik.

2. Kehilangan waktu dan hal-hal berharga
internet bagus untuk mencari banyak hal yang kita butuhkan dan malah bisa memberikan wawasan yang jarang kita temui, tapi larut di dalamnya bisa-bisa kehilangan waktu berharga kita. seperti kita lebih suka leha-leha dan malas bekerja hanya demi eksis di media sosial.

3. Apa saja harus di share
kita bisa mengetahui bagaimana perkembangan seseorang hanya dengan melihat media sosialnya, kadang beberapa orang terlihat memposting apapun kegiatan dirinya. dari yang mengeluh sampai yang pamer tingkat dewa.

eksistensi di media sosial saat ini seperti ingin menunjukan pencapaian-pencapaian hidup. sebagian orang memang ingin share tapi tak sedikit juga ingin RIA/sombong.

mulai dari makanan apa yang dimakan, dimana tempatnya, perhiasan, baju, rumah, liburan, kendaraan, tiket pesawat, sampai yang berbau porno seperti lipatan dada atau dada yang montok dan pamer body. pokonya apapun itu harus dishare.

4. Narsis
saya pernah merasa muak dengan muka sahabat saya sendiri karena setiap saat ganti foto profilnya dan selfie dirinya. saking muaknya saya ingin melenyapkan dan memutuskan pertemanan denganya. saya jadi mikir lagi, apa saya dulu juga seperti itu?

hampir semua orang sekarang mengupload banyak foto yang baru saja mereka alami. hampir semua orang yang kecanduan media sosial melakukanya.

5. Latah
saat musim lebaran saat ini, jangan heran kalau isi beranda penuh dengan tema lebaran, dari yang namanya makanan sampai pose-pose seseorang yang lagi bergaya ala model dengan pakaian barunya. kita juga bisa mengikuti perkembangan zaman karena eksistensi orang-orang di media sosial.

6. Bukan menikmati suasana tapi mencari bahan untuk difoto
pernah saya main ke sungai indah, pergi dengan kelompok traveling murah gitulah atau backpacker. gila bukanya asik bermain air tapi sibuk nyari posisi terbaik untuk memotret. lah kan saya gak enak kalau mandi air sendiri. dan gilanya beberapa sungai indah yang kita temui tidak pernah sekalipun saya bermain air. gila kan?

jadi saat ini lebih asik mendapatkan banyak apresiasi pada apa yang kita share bukan karena menikmati tempatnya itu. bahkan saya juga sering mikir, lah ngapain saya tadi ke tempat itu ya, cuma sibuk jeprat-jepret doang. padahal kalau dipikir lagi, sebenarnya banyak orang yang memeliki kamera dan melakukan hal yang sama, jadi kalau berupa foto sih jepret beberapa saja dan nikmatilah apa yang tersaji di hadapan kita.

selain itu ketika hang out bareng temen ke restaurant misalnya. banyak yang kurang menikmati kualitas hubunganya tapi kebanyakan sibuk untuk mengeksiskan diri tentang tempat hangoutnya. gilanya lagi ritual foto-foto udah kaya ibadah.

ada lagi, misal anda pergi ke tempat wisata atau taman. jadi tujuan ke tempat wisata itu bukan untuk rilex namun mencari tempat untuk menambah koleksi foto di berbagai tempat. selain itu seseorang mengajak teman untuk hangout bareng juga agar banyak memfoto dirinya. hihihihihi

sampai-sampai ada yang ketika ibadah atau melakukan ritual ingin difoto dengan posisi khusyu.

7. Haus akan apresiasi
semakin ketagihan untuk banyak disukai dan dikomentari apa yang diposting di media sosial, semakin membuat seseorang mencari bahan apapun yang menarik perhatian orang lain.

namun tak semuanya buruk, banyak juga orang-orang yang ingin memberikan pengaruh masiv melalui media sosial karena dirasa cukup efektif untuk menyebarkan materi berguna bagi banyak orang. bagaimanapun media sosial banyak diminati orang lain sehingga bisa digunakan untuk hal-hal berguna juga.

8. Tempat Curhat dan Berdoa
banyak sekali yang mengeluh, curhat sampe berdoa di media sosial. apapun yang kita rasakan dan lakukan harus diketahui banyak orang. biasanya disampaikan secara terang-terangan atau secara tidak langsung ingin disampaikan ke orang lain.

misalnya ada cowok bikin status di hari jumat “maaf cowok biar dikata ganteng kudu ke mesjid dulu.” jelas-jelas dia ingin menyatakan bahwa dia akan melakukan solat jum’at. entah ini untuk menarik perhatian cewek atau dia baru bertobat. hehehehe masih banyak sih contoh lain.

cuma kita juga jangan berpikiran negatif pada postingan baik-baik yang diupload ke media sosial. karena pengaruh baik bagus juga untuk disebarkan kepada orang lain. tentu saja kamu akan sangat bisa membedakan mana kegiatan baik yang jelas-jelas ingin dipamerkan atau postingan orang yang hanya ingin memberikan pengaruh positif.

rasanya jenuh juga ya lama-lama hidup dalam kondisi kecanduan internet. banyak yang hanya bahagia di media sosial padahal di dunia nyata merasakan kehampaan yang luar biasa hebatnya. masih banyak sih sebenarnya.
saya mohon maaf saja ya, bukan saya menyindir tapi hal itu juga sebagian saya alami sendiri dan saya mulai jenuh dengan ini semua.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s