Bekerja di Restoran

Hidangan yang disajikan di restoran tempat kerjaku menu breakfast dan lunch. Banyak kue-kue, kopi, jus, sampai makanan berat.

Saya kerja sebagai tukang cuci piring, saya sering cuci piring bantu-bantu jadi udah terbiasa. Sebelumnya juga saya sudah liat video bagaimana cuci piring di negara orang. Saya pikir bisa melakukanya dengan baik dan cepat.

Saya awalnya gak pede langsung kerja di restoran, saya fokus ke farm tapi apapun lowongan yang ada ya saya coba kirim.

Ada orang indonesia membuat saya mudah mendapatkan intruksi, kebetulan dia sepertinya kepala chef (seorang wanita).

Training berlanjut pada kerja, karena bos dan kepala chef suka, maka lanjut kerja sampai sore.

Selama kerja saya dikasih kue, buah, makan bareng. Awal-awal memang saya masih adaptasi, pengenalan tempat_tempat penyimpanan barang, tapi untungnya saya juga masih sempet bantu-bantu kerjaan lain, padahal saat itu ramai sekali.

Hal-hal yang saya dapatkan dalam beberapa hari ini.

1. Selalu nyapa dan Say thanks.
Kerja dan tinggal di negara orang saya bisa merasakan mereka gak pelit untuk menyapa orang lain, bahkan saat berpapasan mereka selalu bilang ‘good morning’ atau semacamnya, begitu juga di tempat kerja.
Siapapun yang membantu atau dibantu selalu bilang thanks, bisa-bisa saya dengar ratusan kali setiap saat.

Jawaban No worry pun banyak saya dengar. Hari pertama memang kikuk tapi hari berikutnya saya bisa beradaptasi.

2. Tekanan kerja
Kerja di Australia harus serba cepat, meski begitu saya kagum dengan restoran ini yang selalu menyediakan makanan fresh dan berkualitas. Semua harus bagus.

Entah kenapa orang-orang tidak ada tuh yang ngamuk-ngamuk atau menggerutu. Ketika owner memberi tahun pun terlihat tegas tapi enak bisa saling komunikasian.

3. Care
Saking carenya selain bilang thanks mereka juga selalu bertanya ‘are you fine?’ Hadug gedeg sih banyak bbasa-basi, tapi bisa mencairkan suasana dan terjalin rasa empati.

Saya banyak sekali mendapatkan pelajaran, ketika bekerja saya jadi semangat karena memikirkan banyak hal. Apalagi memang saya suka dan ingin punya cafe impian. Saya janji kudu banyak bekerja dan belajar.

Hari ke dua saya juga dibantu oleh seorang cewek bagaimana nyuci cepat, dia sangat helpful banget hari itu, murah senyum dan sangat peduli.

Hari ke 3 saya sudah bisa bercanda sengan beberapa orang. Rasanya happy sekali, ya kadang sih bahasa dan pendengaranku masih buruk. Saya sudah bisa bekerja dengan baik dan terasa lebih mudah.

Saya senang bekerja di situ dan kemarin saya dapat jadwal kerja. Seminggu saya bekerja selama 6 hari. Setiap kerja cuma dapat istirahat 15 menit dan itupun sekitar jam 2 siang. Masih susah buat saya mengatur waktu ibadah dan mengenai makanan.

Alhamdulillah saya bisa bekerja di tempat yang saya inginkan, Allah mendengar dan mewujudkan apa yang kita omongkan sekalipun saya berpikir itu ucapan keluar biasa saja. Saya juga merasa bersyukur bisa mudah dalam beberapa hal, uang saya yang terpakai paling cuma $100, malah kurang.

Tiket pesawat saya sampai 4 jutaan memang, tapi saya dapat kemudahan dan merasa bersyukur, memang perlu pengorbanan. Gila kan tiket one way ke Darwin ampe 4 jutaan. Hahhahaha

Saya belum jelaskan secara detil tapi semoga ada manfaat yang bisa disampaikan.

Orang-orang banyak prepare, saya banyak galau saat apply visa, masalah nanti di negara orang saya cuma bisa mengandalkan tenaga.

Bagi orang mungkin itu kerjaan biasa aja. Tapi bagi saya inilah traveling yang saya inginkan. Bekerja di negara orang beberapa waktu, banyak yang bisa saya pelajari, saya mengeksplore kemampuan saya dan menemukan passion yang bisa membuat saya semangat bekerja, menemukan jati diri, dan melihat sisi lain cara hidup orang lain.

Saya bersyukur dan bersyukur bisa mendapatkan WHV ini.

Thanks ya Allah.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

