Motivasi Working Holiday Visa Australia

buat temen-temen under 30 coba deh ikutan program working holiday visa. semua syarat coba penuhi dengan baik dan jujur, jangan pernah malsuin, kalau masalah tabungan harus ada saldo $5000 = 50 juta bisa diakali, yang penting kalian bisa dapatin itu dan belajar dari negara maju seperti Australia.

kalian mungkin ada keinginan maju seperti orang lain, bisa beruntung seperti orang lain, contohnya mendapatkan beasiswa atau pertukaran pelajar. tapi kalian tidak merasa pintar dan beruntung mendapatkan hal itu. inilah saatnya mencoba WHV, kalian akan semakin bangga kalau kalian berjuang mati-matian secara independent mengurusnya (karena semua diurus sendiri).

beruntungnya sekarang semakin banyak orang-orang yang mendapatkan whv, banyak yang bisa kalian gali dari sekarang dan semoga kisah-kisah mereka memberi inspirasi buat kalian ya.

——————————-

saya benar-benar gak menyesal memperjuangkan ini semua, awalnya saya benar-benar stress saat mengurus WHV ini, tapi itu semua karena saya gak sabaran, sampai-sampai banyak orang yang bilang “kalau visa saya gak granted kayaknya dunia berakhir.” tapi asalkan semua dokumen benar-benar memenuhi syarat dan tidak palsu ternyata mudah dan granted juga.

Saya pilih Darwin yang kata orang gak jauh beda kondisi dan cuacanya sama seperti di Indonesia, banyak orang yang gak mau kesini karena berasa bukan ke luar negri. semakin lama tau, ternyata memang di wilayah Northern Territory lah rate gajinya paling tinggi, makin menggiurkan dong, dan kayaknya persaingan tidak terlalu ketat.

awalanya saya juga gak muluk-muluk amat, asal kerja dan bisa ngidupin saya setahun di Australia, ya sudah. tapi kelamaan saya juga mikir. tidak mungkin saya terus-terusan begini; traveling, sharing foto, lalu duit tabungan abis. saya kudu mulai serius, saya ingin nikah dan punya keluarga, makanya saya kudu benar-benar memiliki masa depan yang baik. traveling bisa kapan aja, asal pondasi saya juga aman.

datang ke Darwin masuk di keluarga pa Rudi yang sangat baik dan tidak disangka ALLAH itu mempermudah banyak jalanku. saya mengobrol dengan keluarga pa rudi, beliau dan istri selalu ngompori dan bercerita bagaimana mendapatkan permanent residence. saya pun makin semangat menggebu sekali dong. selain saya juga ingin sekolah lagi, mendengar hal seperti itu makin tambah ingin kan sekolah.

saya mencari pekerjaan lewat internet setiap hari dan akhirnya saya mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan, yaitu di restoran. saya bersyukur memilih darwin dan mendapatkan pekerjaan ini karena saya cari sendiri juga, artinya saya sudah bisa mandiri dan PD tinggal di negara orang.

hari ini bertepatan dengan 1 bulan saya di Australia, tinggal 11 bulan lagi. saya sudah kerja 3 minggu dan mengumpulkan uang sekitar $2000. banyak sekali bukan.

telepas dari itu, saya bekerja di cafe yang bosnya rajin mensponsori pegawainya. sebulan saya di sana, saya sudah banyak bercanda dengan mereka. mereka juga suka, bahkan saya sering membuat mereka tertawa dengan gayaku. mereka memanggilku “happy boy.” hari-hari kerja saya lalui dengan semangat dan keceriaan, saya selalu berniat baik kalau lagi kerja “semoga apa yang saya lakukan hari ini akan berguna buat masa depan, entah itu rajin, ulet, atau apapun.”

perasaan tidak cukup itu manusiawi kali ya, saya juga ingin seminggu itu dapat jam kerja minimal 50 jam, tapi apa daya, kadang saya cuma mendapatkan kurang lebih 40 jam dalam seminggu. ada niat untuk cari kerjaan lain sih. tapi saya coba membesarkan hati, karena saya yakin ALLAH akan memberikan jalan yang lebih indah dan pas pada waktunya.

karena bosku masih liburan di Amerika dan minggu depan head chefku balik ke makasar, kayaknya saya tahan dulu untuk terus bekerja di restoran, toh saya masih setahun di sini.

sedangkan teman-temanku baru pergi ke outback yang menurutku menggiurkan. outback yang menelponku pas di hari pertama saya kerja di restoran dan saya milih kerja di restoran, yang ternyata orangnya itu adalah bos pa rudi yang rumahnya kita bersihkan di Darwin. liat temen-temen di rumah caravan gitu bikin iri. hehehehehe

—————————————————

kenapa WHV?

kamu masih muda dan ingin membuat dirimu hebat serta bisa berpengaruh di masa depan, inilah saatnya mencoba working holiday visa.

hidup di negara maju dengan gaji cukup menggiurkan kenapa tidak?

tapi terlepas dari itu, coba gali banyak hal yang bisa membuat kita mendapatkan nilai lebih dari pada sekedar mencari uang.

mungkin kamu money oriented atau mata duitan, terus emang kenapa, iya gak?

duit itu dibutuhkan untuk membangun masa depan kalian, dan lewat bekerja serta berpetulang di negara orang seperti Australia ini lah yang mungkin akan menemukan passion kamu.

kamu memiliki impian mulia ingin jadi pengusaha di negara Indonesia, tak punya modal? disinilah kamu akan mendapatkan hal itu, modal uang, modal mental, modal pengalaman, modal standar-standar, modal nilai-nilai.

kamu memiliki impian mulia ingin jadi dosen/guru, disinilah kamu akan mendapatkan banyak pembelajaran langsung, bagaimana nanti kamu mengkombinasikan nilai-nilai, pengalaman, budi pekerti, keberagaman dengan konsep mengajar kamu.

kamu memiliki impian ingin membahagiakan orang tuamu, disinilah kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan beberapa bulan bisa numpuk dan memberikan apa yang orang tua inginkan.

kamu memiliki impian ingin mengejar pendidikan di luar negri dengan standar international, disinilah kamu bisa menabung dan belajar banyak hal dengan berbagai ragam suku bangsa.

kamu memiliki impian ingin menjadi relawan, disinilah kamu bisa mengumpulkan uang dan bantu orang-orang dengan uangmu yang seperti sedikit disini tapi disana besar melalui teman atau rekanmu.

kamu memiliki impian ingin menjelajahi benua yang luasnya naudzubilah, disinilah tempatnya, bekerja bisa menambah pendapatan dan membiayai semua perjalananmu..

atau kamu ingin mencari pasangan hidup,,, eitsss saya juga pengen. heheheheh, “afirmasi yukkk!!!”

ayo anak Indonesia, beri kesempatan pada dirimu untuk semakin maju, nikmati pesona ciptaan ALLAH yang maha Agung, nikmati getaran-getaran syukur tiada tara, nikmati pembelajaran-pembelajran, nikmati tafakur-tafakur dalam perjalanan, nikmati segalanya..

ayoooo hebatkan Indonesia, belajar dari negara maju seperti Australia. jangan ragu lagi. hal ini patut kamu perjuangkan..

kamu akan banyak mendapatkan manfaat seperti.

1. mandiri

2. kerja cepat

3. fokus pada kerjaan

4. standar kerja

5. standar kualitas

6. budaya kerja yang sehat

7. kepemimpinan

8. silaturahmi/pertemanan

9. nilai-nilai

10. toleransi

11. mind set

12. keteraturan

13. respect

14. dan banyak lagi..

please teman-teman yang hebat, rajin, sayang pada orang tua, ingin berguna buat orang lain jangan ragu lagi untuk ikutan whv ini..

teman-teman bantu share ke sodaranya ya biar mereka bisa ikutan juga.

gak usah kebanyakan mikir, ALLAH itu selalu memiliki caranya melancarkan kita. uang 10 juta untuk bulan-bulan awal aja cukup..

bawa aja paspor dan cv kalian untuk kerja..

kalau kalian bisa kerja lebih cepat uang yang kalian bawa untuk bekal itu bisa lebih banyak sisanya…

saya cuma bawa 8 juta waktu itu, hari ke 11 saya sudah dapat kerja, paling saya baru ngabisin uang 2.5 juta deh..

kerja disini emang harus gesit, jadi kalian harus siap,

semakin bagus kalian kerja, bos juga suka, semua orang kerjanya cepat jadi perjuangan di lapangan nanti tergantung kalian. gak ada iri-irian, semua orang kerja dalam porsi yang sama..

goood luck ya buat kita semua, semoga ALLAH selalu memberikan pelajaran dan petunjuak… karena ALLAH lah yang berkehendak.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

