Work and Holiday Visa

kamu masih muda dan energic, ingin mencari passion, ingin mengunjungi negeri kangguru dan mejelejahinya. working and holiday visa inilah yang bisa dicoba oleh temen-temen, dimana kita bisa mendanai perjalanan kita lewat bekerja dan bisa berlibur kemanapun sesuai keinginan kita di Australia selama setahun (info terbaru ada isu bahwa working holiday visa untuk Indonesia bisa dilakukan 2 kali dengan syarat tertentu).

how to apply :

1. Kunjungi situs http://www.imigrasi.go.id/index.php/layanan-publik/rekomendasi-visa-bekerja-dan-berlibur

semua informasi umum mengenai Working and holiday visa, persyaratan, mendaftar, jadwal wawancara dan hasil wawancara berupa surat rekomendasi yang diberikan oleh Dirjen Imigrasi Indonesia.

2. Informasi umum coba penuhi syarat-syaratnya dengan lengkap, jika semua lengkap, yakin deh pasti dapat surat rekomendasinya.

berikut syarat-syaratnya :

Berkas persyaratan yang harus dilampirkan:

  1. Form Identitas (download di website yang diatas);
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Akte Kelahiran;
  4. Paspor yang bersangkutan dengan masa berlaku minimal 12 bulan;
  5. Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiwa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan;
  6. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS dengan minimal score 4.5  atau lulusan perguruan tinggi di luar negeri; (sebaiknya ambil Ielts dari awal, karena ini dokumen yang diminta berdasarkan update terbaru).
  7. Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD $ 5000 (lima ribu Dollar Australia) atau yang setara; bisa tabungan orang tua, tabungan sodara yang temasuk dalam satu kartu keluarga tapi lebih baik dari orang tua aja, tabungan sendiri. ada yang menggunakan rekening koran bank, fotokopi tabungan, atau surat pernyataan saja bahwa kita punya uang senilai AUD $ 5000.
  8. Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

Catatan:

  1. Seluruh berkas asli dan fotokopi dilampirkan saat wawancara;
  2. Berkas fotokopi dimasukkan dalam map warna biru dengan urutan seperti di atas;
  3. Tidak dipungut biaya selama proses pengeluaran surat rekomendasi;
  4. Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction TIDAK DITERIMA.

3. ikuti prosesnya sesuai yang ada di web tersebut dan sabar saja karena ada yang cepet ada juga yang lama untuk mendapatkan surat rekomendasi dari Dirjen Imigrasi Indonesia.

4. Surat yang didapat dari dirjen imigrasi dan form pendaftaran di web https://www.border.gov.au/Trav/Visa-1/462- dilampirkan bersama syarat yang tertera di atas untuk diajukan kembali ke avac (kurir yang menangani pengiriman persayaratan visa Australia) dan membayar biaya visa di sana.

5. medhical check up di rumah sakit yang direkomendasikan oleh kedutaan Australia.

6. tunggu visa datang melalui email.

mudah sekali bukan untuk mendapatkan visa ini.

how to survive for the first time?

1. mau pergi ke kota mana dulu, cari tiket pesawatnya dan biaya hidup untuk awal-awal selama di Ausi.

2. http://www.gumtree.com.au, website ini berisi banyak informasi yang dibutuhkan di Australia. bisa jadi alternatif untuk mencari lowongan kerja, penginapan atau kosan, kendaraan dan lainya.

3. membuat akun tabungan di Australia untuk menampung semua gaji yang kita hasilkan. bisa diliat list nama-nama banknya di https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_banks_in_Australia

yang populer digunakan adalah Commonwealth dan Westpac. kartu ATM yang didapat juga bisa digunakan untuk belanja online dan membeli tiket pesawat. semua transaksi di toko-toko juga bisa menggunakan ATM saja.

4. membuat akun pajak atau tax file number https://www.ato.gov.au/Individuals/Tax-file-number/

5. menyebarkan resume/CV yang dibuat dari Indonesia, cv sederhana saja yang menjelaskan nama, pengalaman kerja, pendidikan, ketertarikan kita pada bidang apa, nama referensi dan nomornya. menayebarkan cv ke toko-toko atau workplace, dimana jenis pekerjaan yang bisa diambil kebanyakan adalah pekerjaan casual seperti: hospitality, housekeeping, cleaning, waiters, kitchen hand atau cuci piring, perkebunan, dan lainya.

6. bergabung dengan grup chat atau media sosial untuk menambah teman di tempat tujuan kita, cukup membantu banyak dalam hal informasi kota setempat, bahkan kita bisa mendapatkan pekerjaan lewat teman-teman yang ada di grup tersebut.

7. berbelanja online, terutama E-bay untuk mendapatkan harga-harga murah.

why you will be interested?

1. salary di Australia lumayan tinggi dan jika di convert ke dalam rupiah mungkin kita akan senyum-senyum sendiri. gaji dibayar berdasarkan berapa jam kita bekerja selama seminggu bahkan 2 minggu.

2. working holiday visa tidak membatasi seseorang untuk bekerja berapa jam dalam seminggu, selama kamu bisa dan mampu. casual job biasanya juga tak terikat waktu, kadang banyak dan kadang sedikit. 1 hari setidaknya kita bisa ambil 1/2 pekerjaan pada siang dan malam hari di 2 tempat kerja, bahkan jika anda bekerja sebagai cleaner mungkin bisa bekerja di beberapa tempat dalam sehari.

3. hidup di negara yang nyaman, bersih, rapi, beragam dan indah.

4. berkeliling di benua sebesar Australia dengan beragam wisata yang menarik siapa sih yang tidak tertarik.

5. bekerja dan berlibur akan mengajarkan kita banyak hal sehingga bisa jadi modal besar dalam membentuk masa depan anak-anak muda Indonesia.

6. menemukan jodoh.

Kumpulan kisah W&HV

1. Arip

Mengurus visa selama 8 bulanan, galau abis selama menunggu visanya dan orang bilang kayaknya dunia bakal berakhir kalau aku gak dapat visanya. akhirnya granted dan langsung cus berangkat meski tiket mahal.

lulus kuliah tapi sudah terbiasa kerja kasar jadi aku Pede untuk bekerja casual di Australia.

2 minggu kemudian dapat kerjaan di sebuah cafe yang luar biasa nyamanya sebagai tukang cuci piring dengan gaji 22.60 perjam sebelum dipotong pajak. aku merasakan bagaimana enaknya bekerja meski dalam kondisi luar biasa sibuknya. orang-orang begitu ramah dan enjoy menjalani pekerjaan masing-masing, aku juga dapat bos dan teman yang luar biasa carenya bahkan aku kadang suka bikin mereka tertawa karena kebodohan dan bahasa englishku yang kacau. bekerja selama 3 bulan, salary yang didapat sangat-sangat banyak sekali, bayangkan bekerja on day time di 1 tempat kerja aja selama 3 bulan bisa sampai 7.000 after tax nah apalagi kalau ambil 2 pekerjaan.

selama ini bekerja benar-benar terasa, 8 jam bekerja itu sungguhan kerja, bayangkan aku cuci piring dan peralatan dapur selama itu, masih harus juga bersiin wortel se box, bawang merah, bombai, ngiris-ngiris lainya, belum lagi disuruh ini itu.

aku mendapatkan pekerjaan day time di website gumtree dan sebulan kemudian mendapatkan pekerjaan malam di web yang sama sebagai tukang cuci piring juga. setelah 3 bulan aku merasa jenuh dan jam kerja makin berkurang karena sudah mulai low season, aku putuskan untuk ke farm dan ternyata aku cuma bertahan satu hari saja karena cuaca yang panas dan terpaksa kabur karena gak enak sama orang yang udah nerima. untungnya lagi aku masih bisa bekerja di tempat lama, jadi sekarang aku gak mau ngeluh lagi sama jam kerja yang semakin berkurang, yang penting kerja.

petualangan selalu membawa dampak bagi jiwaku selama ini. dari beberapa pekerjaan itu aku sering berpikir sambil bekerja mengenai perjuangan hidup, ajaran orang tua yang sering aku bantah tapi sekarang aku dapat berpikir ulang mengenai nasihatnya, mengenai orang tua yang telah bekerja keras dan sekarang aku mengalaminya, mengenai orang-orang yang begitu peduli terhadap hidupku dalam menjalani hidup di negeri orang, bagaimana aku ingin menciptakan suasana kerja yang menyenangkan nanti dalam usahaku sendiri, dan banyak lagi, sampai-sampai mataku sedikit berkaca-kaca.

kesempatan tinggal di Australia selama setahun ini menjadi ambisi besarku untuk mengumpulkan modal bagi masa depan, sehingga aku sungguh-sungguh greedy sampai aku kelabakan sendiri mengontrol diriku yang resah ngejar-ngejar duit. akhirnya setelah berpikir ulang sebaiknya aku tidak terlalu seperti itu, waktu luang yang banyak biarkan saja, lebih baik digunakan untuk berpikir mengenai rencana kedepanya. karena dengan kehiduapan yang diperoleh sekarang apakah bisa dipertahankan nanti di negeri sendiri. setelah hal ini usai mau ngapain kita? di sini pekerjaan mudah di dapat, hidup nikmat juga. balik ke INdonesia semakin besar tantanganya.

mengumpulkan uang sebanyaknya juga bisa berguna apabila ingin tiinggal lebih lama di Australia, misalnya dengan sekolah lagi.

yah begitulah hidup di Australia yang nyaman ini. semangat deh buat temen-temen yang mau berjuang mendapatkanya. visa ini patut diperjuangkan sepenuh hati.

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s