Kesulitan yang luar biasa

masa muda adalah masa dimana banyak memiki waktu luang, dimana saat itu kita mendapatkan banyak pengalaman-pengalaman luar biasa dalam hidup yang akan berpengaruh dalam kehidupan mendatang.

 

 

setiap orang akan terbentuk dan memiliki kehidupan yang beragam dan berbeda dan tentu saja itu semua tergantung apa yang kita lakukan sehingga mempengaruhi semua kehidupan kita.

 

 

pendidikan itu sangat penting dan memberikan pengaruh yang luar biasa, namun tak perlu melulu harus sekolah, karena pendidikan itu bisa didapat di mana saja, dengan membuka hati untuk mau belajar dari siapapun, artinya apa yang sedang dilakukan selalu dibarengi dengan keinginan belajar.

 

 

ketika muda kita tak benar-benar tahu sebenarnya apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu yang besar, tapi dengan banyak merasakan pengalaman hidup tentu sedikit demi sedikit banyak hal bisa kita pelajari dan menemukan apa itu potensi diri kita.

 

 

kehidupan orang tua yang mapan tidak selalu bisa menjadi sandaran bagi kehidupan kita. ketika mereka mampu memberikan fasilitas yang kita dapatkan, harus menjadi alarm setiap saat, bahwa semua itu bisa saja hilang dan kita tidak bisa mendapatkan hal itu dikemudian, bahkan kita tidak bisa mendapatkan kehidupan yang baik.

 

kesadaran-kesadaran untuk mengubah diri dan menemukan potensi baik itu harus selalu diciptakan. sehingga kita tidak ingin menjadi benalu, pengikut atau mengandalkan usaha orang lain. sebisa mungkin kita memanfaatkan semua fasilitas untuk mendukung pembelajaran hidup kita, menantang diri sendiri untuk semakin maju, dan keluar untuk mendapatkan kesulitan-kesulitan yang akan membentuk diri kita.

 

 

segala tantangan itu memiliki kesulitan masing-masing, siapa yang mampu menghadapinya maka dia akan tumbuh dengan banyak potensi.

 

 

misalnya kita ingin menguji ketangguhan kita dengan sekolah jauh dari orang tua dan berusaha untuk mendapatkan tambahan uang jajan agar memiliki tabungan. bisa dengan berbagai cara, salah satunya berdagang atau bekerja pada orang lain. kita disana akan belajar bagaimana kita harus menurunkan harga diri sebagai pelajar yang mau bekerja kasar dan paruh waktu, menemukan pembelajaran dari kehidupan teman-teman kerja, memikirkan bagaimana lingkungan kerja, bahkan kehidupan sosial yang terbentuk di daerah tersebut.

 

kepekaan ini mungkin harus lebih ditonjolkan, agar kamu selalu memiliki jiwa baik sehingga ada hal yang kamu tangkap dari semua aktifitas itu dan akan menjadi motivasi buat kamu untuk meningkatkan atau mendorong ke kehidupan yang lebih baik.

 

 

banyak orang yang lebih senang melakukan sesuatu apabila ada yang menemani, namun disitu kita lupa, bahwa sendiri jauh lebih banyak memberikan dampak pada proses kegiatan itu. ada beberapa kegiatan yang baik dilakukan berdua tapi ada juga yang jauh lebih bernilai apabila dilakukan sendiri.

 

 

Traveling misalnya, karena saat ini kegiatan backpacking atau traveling menggunkan backpack/tas punggung dengan meminimalisir dana yang diperlukan selama traveling.

 

perbedaan solo traveling dengan grup akan memberikan banyak dampak yang jauh lebih berbeda.

 

selama yang saya rasakan bahwa solo traveling jauh lebih berkesan ketimbang pergi bersama rombongan dan teman.

 

ketika pergi bersama teman, tingkat kesadarang untuk melindungi diri sendiri semakin berkurang, lebih banyak mengobrol dan membicarakan yang kadang tak perlu seperti ngomongin latar belakang, gosip, atau apapun dengan menggunakan bahasa ibu, berfoto disana-sini sehingga banyak memakan waktu dan saling suruh menyuruh untuk memfoto, dan banyak lagi.

 

ketika sendiri kita harus berusaha melindungi diri sendiri dengan extra karena siapa yang akan membantu kita, tidak banyak mengobrol di kendaraan atau tempat umum dan lebih banyak melihat lingkungan sekitar sehingga di otak malah ngobrol sendiri dan memikirkan sesuatu yang dilihatnya, terbatas untuk berfoto diri sendiri dan menikmati apa yang ada di hadapanya, dan lainya.

 

 

 

ketika sebuah kegiatan itu menantang dan memiliki banyak dampak pada hidup anak muda, ketika kelak dia harus memutuskan sesuatu dalam mengambil keputusan maka banyak hal-hal yang menjadi pertimbangan dan semoga apa yang dipelajari itu adalah hal-hal baik dan berguna bagi orang lain yang lebih luas.

 

 

apapun kegiatanya, segala macam kesulitan itu justru yang banyak memberi dampak besar pada perkembangan hidup kita. jangan takut pada hal itu. kelak ketika kita mendapatkan apa yang diinginkan, maka tanpa melewati itu semua apakah hal itu bisa terwujud.

 

 

 

 

Advertisements

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s