Sushi Maker

Sudah 5 minggu aku bekerja sebagai pembuat sushi, toko yang keliatanya kecil di dalam supermarket itu ternyata cukup melelahkan. saat menjalani training terasa sekali tekanan yang gitu keras karena senior-senior dari perusahaanya terjun langsung.

seminggu kemudian aku sudah mulai enjoy dan bekerja tanpa diperhatikan menurutku membuahkan hasil yang lebih baik. banyak sekali step yang harus aku lakukan dari pagi-pagi buta. kerasa sekali mental bekerja di Australia ini cukup menantang, untungnya aku sudah terbiasa melatih diri untuk bekerja lebih cepat dan lebih banyak hasil selama membantu orang tua. makanya terkadang aku menelpon bapa hanya untuk bilang terima kasih dan maaf kalau selama ini menentang semua ajaran dia meski kadang ada hal yang tidak aku sukai.

 

minggu pertama aku bertugas memasak nasi sebanyak 7 box dan masing-masing box 4 liter.

  1. datang ke tempat kerja jam 5 dan langsung cuci tangan,
  2. cuci beras sebanyak 8 liter untuk 2 rice cooker.
  3. hidupin penggorengan instan.
  4. mengukur tempratur di 6 penyimpanan dan harus seusai yang diminta, membersihkan display.
  5. mengkalibrasi pengukuran PH untuk menguji seberapa bagus nasi nanti ketika dicampur vinegar.
  6. menggoreng chicken katsu, tempura prawn, membersihkan kepiting dan memberikan tepung ke kepiting lalu menggorengnya.
  7. bahan yang digoreng diukur lagi untuk mengetahui temprature dan selama menunggu itu aku juga membuat summer roll.
  8. membuat summer roll 4 sekaligus untuk tiap jenis; chicken, beef, cooked tuna, salmon, smoke salmon, vege, prawan. ini semua dikerjakan berbarengan dengan kegiatan lainya yang harus dikerjakan. dalam setiap jenisnya aku membuat langsung 4 dan bisa selesai dalam 15 menit sampai plating dan packing.
  9. sejam kemudian nasi matang dan nasi dicampur dengan vinegar, lalu 30 menit
  10. kemudian dicek apakah sudah siap atau tidak nasi itu untuk dibuat sushi. sambil menunggu itu aku membuat summer roll.882747_800281390080686_5678635333049316056_o(1)
  11. 2 jam kelar membuat summer roll dan 4 nasi sudah ada. kemudian aku masuk ke bagian membuat sushi dan 6 roll chicken yang pertama aku buat, cukup 15-20 menit.921062_800281496747342_9013850774669402278_o
  12. kalau masih banyak waktu aku membuat beef dan cooked tuna
  13. jam 10-11 istirahat dan setelah istirahat bantu-bantu bikin sushi lainya dan pulang jam 2 siang.

selama 3 minggu kegiatanku hampir seperti itu. cukup interesting dan aku cepat belajar dari berbagai pekerjaanku. satu tim bersama orang korea, taiwan dan jepang dengan bahasa inggris yang masih-masih terbata-bata tapi kami cukup enjoy dan bisa mengobrol banyak.

 

jam 6 sore kalau ada jadwal masuk kerja biasanya aku pulang ke rumah istirahat dan kerja lagi, seminggu ada 3-5 malam, tapi sekarang sepi pengjunjung jadi dapat sedikit, tapi untungnya aku dapat 3 malam fix gak bisa diganggu gugat dari pekerjaan baru sebagai tukang cuci piring. hah malasnya kalau mau mulai kerjaan itu.

 

minggu ke 4 aku sudah ganti lagi jadwal menjadi jam 7-5 sore. aku sekarang membuat berbagai sushi dan kemampuanku membuat sushi sudah bisa dibilang lumayan. aku belajar banyak jenis dan model. teramat penting adalah mengingat apa saja yang dibutuhkan di tiap model dan itu masih saja sering lupa.

 

seru sih kerja sebagai tukang sushi gini, selain itu aku juga sering berkomunikasi dengan pembeli, ada yang bertanya ini itu dan meminta dibuatkan ini itu. aku bahkan sudah bisa membuat pesanan yang simple dalam waktu kurang lebih 3 menit.

bekerja di Australia dan rezeki dari ALLAH yang datang padaku membuatku merasa terbekati karena aku merasa dimudahkan dan diberikan apa yang aku harapkan.

Thanks buat yang sudah baca.

 

yuk WHV-an dan dapatkan petualangmu.

Written by Arip Hidayat

Saya suka belajar banyak hal, asik buat ngobrol, royal, suka ketawa.

Leave a Reply

